Monday, 27 February 2017

Nyeri karena Sakit Gigi

Nyeri karena Sakit Gigi



Nyipenengah.com - Abis sembuh dari sakit yang itu eh, nyeri sakit gigi kemudian timbul dan bikin kepala berdenyut-denyut. Kerja jadi bawaannya lesu melulu, ini penyebabnya bukan karena aku kebanyakan makan coklat ya. Tapi sepertinya aku minum jus yang terlalu manis, soalnya berasa ada gulanya banyak ketika aku sedot gitu.

Ada yang pernah ngalamin nyeri sakit gigi kayak aku? Buat nelen ludah aja berasa berat benget. Ada sedikit bengkak pada pipi kanan bawah, pusing gitu dan berakibat puyeng. Aku belum sempat sih ke dokter gigi, alias agak takut ahahah ... jadi masih tanya sana-sini obat yang pas buat ngilangin nyeri ini. Dan semalam kebetulan waktu sowan di rumah suhu saya, dikasih minuman yang agak kecut gitu tapi setelahnya membaik dan kumat lagi #duh!

Sebenarnya penyebab ini timbul di bagian gigi berlubang yang udah ditambal, nambalnya dulu banget waktu aku kerja di luar negri, masih bagus dan tidak mengalami lubang kembali tapi entah kenapa nyeri menjadi akhir-akhir ini. Bisa jadi karena pulpa gigi sedang mengalami peradangan, gigi saya retak atau tambalan yang rusak ini tetapi sepertinya yang terakhir bukan menjadi masalah.

Beberapa sharing yang dihasilkan oleh sahabat saya Ijukers, kata mba Len, saya disarankan membeli; ibuprofen agar nyerinya berkurang.

Thursday, 23 February 2017

Belajar jadi Ibu Tangguh bersama Nyakrotun

Nyakrotun
Keluarga kecil Nyakrotun


Nyipenengah.com - Belajar jadi ibu tangguh bersama Nyakrotun. Siapa sih Nyakrotun itu?  Beliau seorang Mom Blogger yang kini tinggal di daerah terpencil ; Palopo, Sulawesi.  Perkenalan saya dengannya, ketika kami sama-sama satu group di Blog Perempuan Arisan 4.

Hobi Nyakrotun ini lumayan banyak dan semuanya kreatif. Selain merawat buah hati tercinta Wafa dan Ayyas, Nyakrotun menyukai dunia memasak, menulis dan food fhotography. Blog memasaknya ada sendiri lho, di : Dapur Nyak Rotun. Siap-siap baper dan laper kalau mau ngebuka ntuh blog, hahaha ...

Namun kalau di blog personalnya Nyakrotun, lebih membahas pada seputar pernikahan, tips parenting, pengalaman hidup dan hal absurd lainnya yang bakalan membuat kita kaya akan ilmu dalam membangun biduk rumah tangga.

Pada postingan Nyakrotun, "Sudahkah kita bersikap manis pada Anak-anak", Nyakrotun mengisahkan pengalamannya ketika seorang ibu yang begitu manisnya kepada anak orang lain tetapi tidak kepada anaknya sendiri. Postingan ini membuat saya merenung, "Ah ... iya kenapa begitu ya?" Disadari atau tidak kadang kala memang, mengapa kita begitu menjaga pencitraan sekali di depan orang lain. Namun abai kepada anak yang justru harusnya kita sayangi. Thanks ya Nyak, PR banget nih buat aku kelak, agar selalu bersikap baik kepada anak sendiri maupun anak orang.

Nyakrotun juga mengenalkan mainan lego, yang memiliki banyak manfaat. Bukan hanya merangsang kreatifitas dan imajinasi tetapi mengenalkan anak untuk mengasah motorik halus pada kemampuannya. Bagaimana juga lego bisa berdiri agar kokoh dan tidak gampang roboh. Konsentrasi dan kesabaran dalam permainan lego sangat dibutuhkan, ungkap Nyakrotun dalam blognya.



Betah banget saya berlama-lama di blog Nyakrotun, ilmu dan sharingnya sangat bermanfaat buat saya. Nyak juga menyarankan agar kita bisa ngeblog juga via smartphone kita, meski aktivitas yang seabrek membuat kita kadang malas untuk menulis.

Terima kasih untuk segala hal baiknya Nyak, mungkin nggak bisa saya balas. Saya bahagia bisa mengenalmu, saya merasa dipercaya untuk menjadi bagian dari perjalanan hidupmu. Semoga Allah selalu mempermudah langkah kita, untuk bisa selalu menebar kebaikan ya Nyak. Membagikan segala hal yang baik dan bermanfaat, aamiin.

Mencintaimu bukan lagi hal yang dilakukan dengan sederhana, namun mencintaimu bagiku ialah hal yang istimewa.

Karena kamu memang berhak untuk dicintai, secara berlebihan dengan luberan kasih sayang. Sehat selalu bersama keluarga kecilmu, ya Nyak.



Salam


Wednesday, 22 February 2017

Singgah Sejenak ke Masjid Al-Fairuz Pekalongan

Masjid Al-Fairuz Pekalongan



Nyipenengah.com - Beberapa kali lewat di depan Masjid  Al-Fairuz ini, membuat saya takjub karena begitu megahnya bangunannya. Tetapi pada akhirnya saya berhasil singgah sejenak, melepaskan penat sekalian numpang sholat dhuhur.

Diberitakan oleh TribunJateng, jika Masjid Al-Fairuz sudah menghabiskan dana Rp 7 miliar dalam pembangunannya. Muhammad Machur Abdullah, yang masih memiliki keturunan pendiri Masjid Al-Fairuz menuturkan, kalau arsitek yang mendesain ialah arsitek Masjid Nabawi.

"Arsitek yang mendesain Masjid Nabawi, kami ajak mendesain masjid ini, karena ayah saya (almarhum) begitu menyukai Masjid Nabawi," begitulah dituturkan oleh Muhammad Machur Abdullah pada Rabu 15/6/2016.

Masjid Al-Fairuz Pekalongan
Tempat Sholat Wanita


Untuk tempat wudhu wanita berada di sebelah kanan, sementara tempat wudhu pria di sisi kiri. Agak jauh memang, namun letaknya yang dekat dengan pesawahan membuat saya sangat menikmati angin yang sepoi-sepoi.

Masjid Al-Fairuz Pekalongan

Parkiran sebelah kanan


Masjid Al-Fairuz Pekalongan
Tempat wudhu wanita


Tempat parkirannya sangat luas, baik di depan masjid ataupun di sampingnya. Di samping masjid juga berdiri bangunan yang banyak menjajakan pakaian batik, di mana batik menjadi khasnya kota Pekalongan.

Interior di dalam Masjid Al-Fairuz, begitu indah dan terawat. Berkali-kali saya kagum, karena secara tidak langsung saya turut membayangkan berada di dalam masjid Nabawi di kota Madinah. Banyak kaligrafi arab yang tersebar di berbagai penjuru dan tempat sholat untuk wanita diberi sekat rotan yang apik. Beberapa yang sholat di sini selain dari masyarakat setempat, juga masyarakat yang sedang melakukan perjalanan jauh dilihat dari plat nomor mobil dan motor mereka.

Masjid Al-Fairuz Pekalongan
Desain bagian atas
Masjid Al-Fairuz Pekalongan


Masjid Al-Fairuz ini letaknya di dekat jalan raya, jika sahabat ingin mampir. Kalau dari arah Semarang letaknya di sisi kanan jalan, jadi kita harus menyeberang. Kalau dari arah Jakarta tidak perlu untuk menyeberang, bisa langsung membelokkan kendaraan deh ke sisi kiri. Alamat lengkapnya ada di, Jl Doktor Sutomo, Baros, Pekalongan Timur.


Eits ... mau mengingatkan jika kita masuk ke masjid, jangan lupa mendahulukan kaki kanan dan shalat sunah dua rakaat. Dan yang paling bikin saya betah ialah udaranya yang semilir, membuat saya merasakan kantuk yang luar biasa. Namun saya ingat pesan Nabi, “Jika salah seorang di antara kalian mengantuk, saat berada di masjid, maka hendaknya ia berpindah dari tempat duduknya ke tempat lain” [HR Abu Dawud no 1119 dari Ibnu ‘Umar dan dinilai shahih oleh al-Albani dalam Shahih Abi Dawud no.990]. Apabila kita sedang melakukan perjalanan jauh atau membutuhkan tempat istirahat kalau kemalaman dan nggak punya sanak famili di daerah yang kita kunjungi, kita boleh kok tidur di masjid, Sob.

Masjid Al-Fairuz Pekalongan
Karena aku lupa jepret bagian depan, jadi aku ambilkan foto depan Masjid Al-Fairuz Pekalongan dari Insta Pekalongan 

Jangan lupa mampir ya kalau lewat sini, heheheh ... karena Masjid  Al-Fairuz benar-benar indah.

Masjid Al-Fairuz Pekalongan



Salam