Klaim Asuransi Tidak Se-repot yang Dibayangkan

Klaim Asuransi Tidak Se-repot yang Dibayangkan - Setiap orang pasti berharap hidup berjalan dengan baik-baik saja dan mulus tanpa cobaan. Tapi siapa yang bisa menolak rencana yang Tuhan inginkan? Karena manusia tidak akan lepas dari ujian. Entah itu ujian sakit, ujian materi, ujian patah hati, dan lain sebagainya. 


Klaim Asuransi Tidak Se-repot yang Dibayangkan
Klaim Asuransi Tidak Se-repot yang Dibayangkan



Tidak hanya untuk ujian diri sendiri, ada juga ujian dari lingkungan seperti terjadinya bencana. Kadang kita sudah hati-hati, eh enggak tahunya di     tabrak dari belakang, kadang kita sudah rajin tanam-tanam pohon, eh banjir bandang datang, dan lain sebagainya. Dan saudara-saudara kita yang kena ujian tanah longsor, gempa bumi, tidak ada yang pernah menduga. Karena sesuatu yang buruk di luar dari kehendak kita. Yang perlu dilakukan adalah kita memersiapkan suapaya kemalangan atau kenasiban buruk yang menimpa      tidak menjadi penderitaan berkepanjangan. Baik bagi kita maupun untuk keluarga. Siapa sih yang ingin melihat orang yang kita cintai menderita? Itulah pentingnya asuransi. Ia memainkan peran dalam mengurangi beban dari segala musibah yang kita hadapi. 


Perjalanan saya mengenal asuransi ini dimulai ketika saya menikah, dan harus mengurus almarhum dan almarhumah mertua saya. Ibu mertua mengidap diabetes parah, yang pada puncaknya ada luka di kaki dan membuat sesuatu keluar menetes terus menerus. Diobati tetapi tidak sembuh-sembuh dengan berbagai cara, akhirnya opsi terakhir memeriksakan ke puskesmas lantas harus dirujuk ke rumah sakit. Awalnya beliau sama sekali tidak mau, pokoknya a uke di rumah se-sakit apa pun. Di rumah sakit dokter menyarankan untuk operasi kecil, lagi-lagi beliau tidak mau takut kakinya hilang. Padahal tidak demikian, dan sebagai anak serta menantu kami melakukan usaha sebisanya dalam merayu dan akhirnya mau. 


Proses mau ke rumah sakit tersebut yang mulai memutuskan kami berani atau tidak, ternyata ibu mertua punya asuransi namun tidak pernah dibayar. Karena tidak pernah dibayar, maka      harus dilakukan pembayaran kena denda baru setelah dibayar lunas operasi bisa berjalan dan hasilnya ibu mertua lega karena kakinya masih utuh. Hehehe...Karena sudah sepuh dan punya riwayat diabetes serta beberapa kali terjatuh, kami jadi sering wara-wiri rumah sakit, dengan adanya asuransi membuat saya dan suami mayan lega, tinggal biaya pendukung dalam menjaga di rumah sakit untuk yang menjaga dan wara-wirinya yang perlu kami siapkan. 


Saya sendiri yang tidak memiliki asuransi, jadi mikir betapa pentingnya asuransi untuk berjaga-jaga alias proteksi diri ketika kita tidak tahu kapan akan diuji dengan musibah. Musibah yang bermacam-macam itu ternyata bisa tertolong dengan adanya perlindungan (asuransi). Nah, yang jadi masalah saya sudah resign, dan hanya mengandalkan pemasukan dari orderan menulis. Apakah ada asuransi yang terjangkau? Nyatanya ada, pun dengan klaim asuransi yang tidak merepotkan. 

 

Mengenal Prudential Indonesia



PT Prudential Life Assurance dikenal dengan nama Prudential Indonesia, adalah bagian dari Prudential plc. Grup dari perusahaan jasa keuangan terkemuka di Inggris, yang sudah berpengalaman 175 tahun di industri asuransi jiwa dan didirikan sejak 1995. 


Sampai dengan 31 Desember 2022 ini, Prudential Indonesia punya 6 kantor pemasaran di kota-kota besar dan 356 kantor pemasaran mandiri (KPM) di seluruh Indonesia. Tenaga pemasar berlisensi yang ada di Prudential ada lebih dari 150.000. Prudential Indonesia berizin dan diawasi oleh OJK (otoritas jasa keuangan) jadi dipastikan aman bukan kaleng-kaleng. 



Prudential juga sudah mengantongi berbagai penghargaan bergengsi terkemuka, beberapa diantaranya adalah:

 


  • Indonesia Digital Popular Brand Awards - TRAS N CO, dengan kategori Perusahaan Asuransi

  • Indonesia Digital Popular Brand Awards - TRAS N CO, dengan kategori Asuransi Kesehatan

  • Di bulan Oktober mendapat penghargaan dari Economic Review sebagai The Best Employee Engagement & Sustainability 2023, dalam acara Indonesia Human Capital Award IX 2023.

  • Di bulan November mendapatkan penghargaan Most Powerful Life Insurance Brand in Indonesia dari CNBC Indonesia.

  • Di bulan Desember menerima penghargaan dari SWA, di Ajang SWA-Business Digest Champion Award (SBCA) 2023, dalam kategori Indonesia Digital Marketing Champions 2023, dan Indonesia Customer Service Champions 2023 dan masih banyak yang lainnya, bisa diintip di sini: https://www.prudential.co.id/id/about-prudential-indonesia/.


Bagaimana? Sudah Yakin Melangkah dengan Prudential Indonesia


Klaim Asuransinya Mudah Melalui Website Prudential.co.id


Salah satu alasan yang membuat orang malas membeli asuransi adalah, malas untuk melakukan proses klaim yang berbelit-belit. Faktanya proses pencairan klaim memang memerlukan waktu, dikarenakan asuransi merupakan produk intagible (tak kasat mata) berbeda dengan produk tangible (terlihat barangnya). 


Perlu digarisbawahi juga seorang pemegang polis harus memahami polis yang dimiliki.      Tanpa paham dan tahu jenis polis dan ruang lingkup jaminan yang dimiliki, berpotensi akan selalu ada kesalahpahaman nih. Jadi merasa dalam mengajukan klaim      penuh jalan terjal dan berliku. Jadi begini, kita misalnya memilih polis asuransi kesehatan nih, pelajarilah penyakit apa saja yang dijamin dan tidak dijamin dalam polis tersebut. Ketika sampai kita mengalami musibah sakit dan harus dirawat di rumah sakit, apa saja yang bisa didapatkan      perawatannya dan apa yang tidak ditanggung asuransi.


Dari laman prudential.co.id dituliskan bahwa klaim asuransi jiwa ditolak biasanya karena, polis asuransi tidak aktif (lapse), tidak jujur mengungkapkan riwayat penyakit, dokumen yang tidak lengkap menyebabkan klaim tertunda, klaim termasuk dalam pengecualian, dan masa pengajuan yang melewati kadaluarsa.                


Ini kejadian beneran loh dalam hidup saya, ketika bapak meninggal dan harus mengurus asuransi dan segala macamnya itu diberikan waktu 2 bulan. Jadi lewat masa itu tidak bisa, makanya kita itu penting untuk memahami waktu yang ditentukan dalam klaim. 



Syarat Klaim Asuransi Prudential


Klaim Asuransi Tidak Se-repot yang Dibayangkan
Klaim Asuransi Tidak Se-repot yang Dibayangkan


Hal yang tidak kalah penting adalah ketika mengajukan klaim, pastikan kita paham pengajuan klaim, yang disesuaikan dengan jenis asuransi dan perusahaan asuransi. Nah, prosedur pengajuan klaim biasanya tertulis lengkap dan jelas dalam polis. Kalau tidak yakin lagi bisa kunjungi website perusahaan, seperti yang dimiliki oleh Prudential Indonesia menulis lengkap syaratnya dan beragam klaim yang lainnya.


Saya mengambil contoh klaim asuransi untuk klaim meninggal, baik untuk polis konvensional dan syaraiah yang ada di Prudential, ini dia kelengkapan dokumen yang harus kita penuhi sebelum mengajukan klaim. 


  • Polis (asli) 

  • Formulir Klaim Meninggal Dunia yang telah diisi dengan benar dan lengkap, serta ditandatangani oleh Pemegang Polis atau Penerima Manfaat Polis. 


  • Formulir Klaim Meninggal Polis Konvensional 

  • Formulir Klaim Meninggal Polis Syariah

     


  • Unduh surat Keterangan Dokter untuk klaim meninggal dunia yang telah diisi dengan lengkap dan jelas oleh Dokter.

  • Catatan medis/resume medis Tertanggung apabila diminta oleh PT Prudential Life Assurance 

  • Fotokopi seluruh hasil pemeriksaan penunjang (jika ada) 

  • Fotokopi kartu identitas diri (KTP/SIM/Paspor) yang masih berlaku 

  • Surat Keterangan Kematian dari Pemerintah setempat. 

  • Fotokopi Surat Pengubahan/Penetapan ganti nama Pemegang Polis, Tertanggung dan Penerima Manfaat (jika pengubahan nama pernah dilakukan) 

  • Surat Berita Acara Kepolisian (asli) jika Tertanggung meninggal dunia karena kecelakaan yang melibatkan pihak kepolisian 

  • Dokumen-dokumen lain yang wajar dan relevan dengan proses pertanggungan serta penyelesaian klaim.

  • Identitas yang diperlukan untuk menerima manfaat pertanggungan 

  • Ikrar wakaf untuk polis syariah.


Kalau masih tak paham, tenang perusahaan asuransi seperti Prudential selalu menyediakan customer care center untuk kita meminta bantuan, agar tidak terjadi kesalahan. Malu bertanya sesat di jalan, jadi jangan enggan menanyakan hal yang tidak kita tahu biar tidak ketemu jalan buntu. Karena dengan memahami dengan baik, segalanya akan jauh lebih mudah. Salam.



Sumber pendukung artikel:

  • https://www.prudential.co.id/id/claims-support/claim/ 

  • Buku Selami Asuransi Demi Proteksi Diri- Joice Tauris Santi


Edit by blogger dengan aplikasi Canva


Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat