5 Tips Pembelajaran Jarak Jauh Menjadi Lebih Efektif

8 comments


5 Tips Pembelajaran Jarak Jauh Menjadi Lebih Efektif - Masa pandemi menjadi PR besar untuk orang tua dan tenaga pendidik dalam memberikan pendidikan yang layak. Sementara untuk anak, belajar untuk bertanggung jawab dalam pembelajaran meskipun tidak bertatap muka.




 

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), harus dilakukan dengan efektif dan maksimal, yang paling penting lagi adalah komunikasinya bisa berjalan dengan lancar.

 

Salah satu tenaga pendidik dari SMP Negeri 1 Karanganyar, Kabupaten Pekalongan memberikan 5 tips efektif dalam pembelajaran jarak jauh. Seperti apa lengkapnya?

 

 

5 Tips Pembelajaran Jarak Jauh Menjadi Efektif dan Maksimal


1. Menumbuhkan Motivasi dalam Diri Siswa

 

Motivasi merupakan sebuah penggerak positif seseorang, untuk memberikan kekuatan. Simpelnya begini, seorang guru memberikan motivasi kepada murid untuk giat belajar menghadapi ujian nasional. Dorongan atau semangat yang diberikan kepada muridnya ini bisa disebut dengan motivasi.

 

Contoh lain dari motivasi, orang tua menyemangati anaknya kalau ujian mendapatkan nilai 100, akan diberikan hadiah motor. Anak jadi tersulut nih biar mendapat nilai 100, ini juga bisa dikatakan motivasi.

 

Motivasi yang baik dan ditanamkan dalam diri pembelajar, akan membuat proses belajar jarak jauh ini menjadi efektif dan efisien.

 

2. Mengatur Waktu dengan Sebaik Mungkin

 

Pembelajaran jarak jauh yang dilakukan melalui rumah, membuat anak lebih leluasa soal waktu. Sebagai orang tua atau kakak yang mengawasi di rumah, perhatikan waktu anak dalam belajar dan kapan harus bermain. Hal ini harus ketat, bukan berarti di rumah harus santai-santai.

 

 

3. Mengerjakan Tugas tanpa Menunda

 

Sesuatu yang ditunda hasilnya menjadi tidak baik, jatuhnya jadi malas dan malah lupa. Misalnya nih anak kesulitan, tolong dibantu atau jika anak merasa tidak mau merepotkan orang tua bisa bertanya dengan guru atau teman sekolah.

 

Karena tugas yang langsung dikerjakan, akan membuat beban semakin ringan.

 

4. Mengulangi Materi yang Sudah Diberikan Tenaga Pendidik

 

Masing-masing murid memiliki tingkat pemahaman yang berbeda. Ada yang mendapat sekali pelajaran langsung bisa, ada yang harus perlu diulang-ulang. Tidak ada salahnya melakukan pengulangan pelajaran, setelah jam belajar usai.

 

Jaman sekarang sudah banyak Paket Belajar Online, jika kurang paham dengan apa yang disampaikan oleh guru bisa menyimak ulang video pembelajaran ulang belajar online tadi.

 

5. Mencari Les Privat dengan Guru Terbaik

 

Pembelajaran yang tertinggal, bisa diikuti lagi dengan cara bergabung dengan Mencari Les Privat dengan Guru Terbaik, nah wajib nih join bareng ruangles kalau membutuhkan les privat.

 

Jadi ruangles ini, layanan yang diberikan oleh ruangguru dengan melakuakn privat eksklusif akan mendapatkan guru-guru terbaik.

 

Ruangles menyediakan jasa les privat dengan mata pelajaran lengkap, dari jenjang TK/PAUD hingga Umum dengan kurikulum nasional dan internasional.

 

 

Mengapa Harus Memilih Ruangles

 




 

Memiliki Guru Lulusan Terbaik dan Berpengalaman

 

Tenaga pendidik di ruangles merupakan,  guru lulusan dari universitas ternama dari dalam dan luar negeri, serta berpengalaman khusus dibidangnya.

 

Jadwal Belajar Fleksibel

 

Bisa belajar sendiri atau ajak hingga 5 teman dengan 1 guru, dengan jadwal belajar yang fleksibel.

 

Topik Mata Pelajaran Lengkap

 

Tersedia mata pelajaran dari jenjang TK/PAUD sampai umum, kurikulum nasional dan internasional. Untuk persesinya adalah 90 menit.

 

Biaya les lebih murah

 

Lebih hemat hingga 30% dari biaya les privat sejenis lainnya. Mulai dari Rp70.000/jam. Disesuaikan dengan kebutuhan saja mau berapa jam.

 

Jaminan Puas

 

Hampir 90% murid ruangles bersedia berlangganan kembali. Juga terdapat jaminan ganti guru.

Nah misalnya kalau nggak cocok dengan guru A, bisa kok minta ganti dengan guru B, C, atau D. Keren ya?

 

 

Ruangles Memiliki banyak Promo Card dalam Website Ruangles adalah




 

Gratis 1 jam/koin ruanglesonline: koin ruanglesonline dapat digunakan untuk keperluan konsultasi PR selama 30 menit dengan fitur live chat. Berlaku untuk jenjang SD-SMA dengan kurikulum nasional

 

Paket Early Bird atau tahun ajaran baru: terdapat potongan harga sampai 2jutaan. Berlaku untuk jenjang SD-SMA dengan kurikulum nasional

 

Paket UTBK: dengan membeli paket ini murid akan mendapatkan akses 1 bulan ruangbelajar UTBK, 10 kuota tryout premium, dan paket sudah termasuk mata pelajar TPS dan TPA

 

Bagaimana? Dengan mengikuti Ruangles dan menerapkan apa yang disampaikan oleh salah satu tenaga pendidik tersebut, dan tips Pembelajaran Jarak Jauh Menjadi Lebih Efektif akan memudahkan siapa saja dalam belajar.

 

Kehadiran Ruangles menjadi penyempurna dalam belajar anak-anak yang sedang bertumbuh dan yang akan melanjutkan ke pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi.

 

Proses ruangles ini juga sangat memudahkan, setelah mengisi formulir dan melakukan pemesanan. Tinggal melakukan konfirmasi data pemesanan lantas tim ruangles akan memberikan guru terbaik sesuai dengan keinginan.

 

Profil gurunya akan diberikan dengan lengkap, kalau cocok langsung deh tinggal pembayaran.

 

Langkah terakhir sesi pembelajaran pun bisa dimulai. Tim ruangles yang akan menghubungi guru terpilih.

 

Sangat mudah bukan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh tapi tetap bisa belajar dengan baik? Yang dibutuhkan adalah niat dan tekad yang kuat agar pembelajaran bisa berlangsung dengan lancar dan bisa menghadapi soal-soal yang diberikan oleh guru. Goalnya ya mendapatkan nilai yang baik serta bisa membanggakan orangtua dengan prestasi yang diraih.


Nyi Penengah
Aku suka membaca buku, apalagi membaca hatimu. Mari bekerjasama dengan penuh cinta. Jika berkenan email di sini: nyipenengah@gmail.com

Related Posts

8 comments

  1. Kegiatan PJJ selama pandemi ini jadi PR bagi kami para orangtua, jadi harus intens ngajarin anak-anak bahkan mengerjakan tugas mereka... kudu pinter-pinter caricara biar anaknya mandiri juga

    ReplyDelete
  2. terima kasih tips dan infonya Nyi.. meski saat ini sdh mulai nggak full PJJ.. bisa kubagikan infonya ke ponakan2 nih..

    ReplyDelete
  3. Waah pas nih ada informasi yang oke gini. Anakku lagi butuh pelajaran tambahan, udah kelas 6 sekarang. Mau coba kulik ah enaknya daftar yang paket apa.

    ReplyDelete
  4. Pandemi mengubah cara belajar dan mengajar ya mbak salah satunya dengan sistem pembelajaran jarak jauh seperti ini.

    Meski pandemi, belajarnya tetap bisa berjalan lancar donk ya.

    ReplyDelete
  5. Sekarang banyak pilihan bimbingan belajar online ya jadi membantu anak belajar bidang akademik, kalau nggak begitu ya keteteran terus mana pelajaran makin sulit

    ReplyDelete
  6. Hal yang paling penting memang adalah adanya motivasi. Tanpa itu, maka anak bisa jadi malas dan ogah-ogahan belajar. Selain itu, les tambahan juga nggak kalah penting. Karena ada kemungkinan mereka nggak memahami materi.

    ReplyDelete
  7. Makasi tipsnya mba, nnti aku share k kakak2q yg sering klimpungam dg pkj. Kegiatan PJJ selama pandemi ini mmg PR bgt yah, ortu musti pinter cari cara biar anaknya mandiri belajar sendiri

    ReplyDelete
  8. Makasi tipsnya mbak nyi, nnti aw terusin ke kakak2q, biar dbaca saoa tau berguna buat anak2ny 😁

    ReplyDelete

Post a Comment