Yang Benar Kedalam Atau Ke Dalam

14 comments


Yang Benar Kedalam Atau Ke Dalam - Pas awal mengenal dunia menulis, saya menuliskan kata-kata yang dirangkai ya sepengetahuan saja, alias ngasal. Makin menyukai dunia tulis, makin sering baca dari sinilah mulai belajar pelan-pelan menulis yan baik.


kedalam ke dalam ke dalam-dalam kedalam atau ke dalam kbbi ke dalam dalam bahasa inggris perbedaan kedalam dan ke dalam kedalam atau ke dalam bawalah aku kedalam kedalam hangat dirimu penulisan kedalam atau ke dalam kedalam dan ke dalam ke dalam atau kedalam lemparan ke dalam dalam sepak bola lemparan ke dalam dalam bola basket fungsi ke dalam dari wawasan nusantara tujuan ke dalam dari wawasan nusantara tujuan kedalam dari wawasan nusantara adalah tujuan wawasan nusantara kedalam dan keluar dalam dalam bahasa inggris di dalam dalam bahasa inggris ke dalam bahasa inggrisnya apa di dalam bahasa inggris apa di dalam bahasa inggrisnya apa mengubah kalimat aktif ke dalam kalimat pasif dalam bahasa inggris terjemahkan dalam bahasa inggris ke dalam bahasa indonesia terjemahan dalam bahasa inggris ke dalam bahasa indonesia di dalam bahasa inggris kitab zabur dikenal dengan nama ke dalam bahasa inggris nya


Salah satunya adalah saat udah selesai nulis, pasti kan kita baca ulang. Mengedit typo atau tulisan yang salah. Kadang pun tertukar antara penulisan yang perlu dikasih spasi atau tidak. Apalagi soal pemisahan di dan ke, dengan keterangan tempat. Dari membaca inilah saya mulai tahu perbedaan keduanya.

Penulisan imbuhan atau awalan 'ke' ada dua pembeda:

1. Penulisan 'ke' sebagai kata depan yang menunjuk pada keterangan tempat

Jika 'ke' ditambahkan sebagai kata depan, yang penggunaannya menunjukkan kata keterangan tempat. Harus ditulis terpisah, atau diberikan spasi.

Misalnya:

"Adek, tolong bantu ibu memasukkan sayuran ke dalam kulkas!" Ucap Ibu memerintah adek yang sedang asyik bermain.

Baju-baju yang sudah kering itu, telah ibu masukkan ke dalam lemari baju.

Jadi penulisan 'ke dalam' dipisahkan oleh spasi. Karena menjelaskan tentang keterangan tempat, atau waktu.


2. Penulisan 'ke' sebagai kata depan yang menunjuk pada keterangan kata kerja pasif

Jika 'ke' ditambahkan sebagai kata depan, yang bersanding dengan kata kerja pasif harus ditulis bergandengan atau menyambung.

Misalnya dalam kalimat:

Dia adalah seorang penulis, dari kelima buku itu.

Dewanti adalah anak ke-2 dari tiga bersaudara.

Surat yang ditulis kepada ibunya itu, sudah mendapatkan balasan.

            Semoga kedua pembeda di atas mengenai, penggunaan ‘Yang Benar Kedalam Atau Ke Dalam’,  bisa sedikit membantu dalam keraguan kalian ketika menulis. Sama seperti dulu saya juga bingung, bagaimana penulisan yang benar soal ke yang benar. Dari membaca itulah kesimpulan saya temukan, dari membaca juga perbedaan antara keduanya memang benar sangat jauh. Antara keterangan tempat, dan juga penggunaannya sebagai imbuhan kata kerja pasif. Saya juga kalau masih menemukan beberapa keraguan, kadang browsing untuk mencari kebenaran di antara keduanya. Karena kalau tidak dibiasakan dari sekarang, membedakan keduanya akan berimbas salah tulis melulu. Yuk, sama-sama belajar pelan-pelan penulisan yang baik dan benar. Semoga artikel ini bermanfaat, salam!

Nyi Penengah
Aku suka membaca buku, apalagi membaca hatimu. Mari bekerjasama dengan penuh cinta. Jika berkenan email di sini: nyipenengah@gmail.com

Related Posts

14 comments

  1. Ihh bener banget mba, dulu suka bingung bangett.
    Walauapun uda dapat dan pernah belajar tentang kata imbuhan, tetap aja salah dan terbalik pas nulisnya.

    ReplyDelete
  2. Thankyou kak nyii. Aku biasanya nulisnya disambung. Kedalam wkwkw. Okee siaap noted

    ReplyDelete
  3. Ini adalah pelajaran dasar dalam Bahasa Indonesia, dulu guru saya sangat teliti, jadi kalau ada salah penulisan seperti ini bakal dikurangi nilainya.

    ReplyDelete
  4. iih pinteerr..
    ini soal sepele dan mendasar tapi masih buanyaakk banget yang salah menuliskan.

    ReplyDelete
  5. Aku yang paling sering salah nulis itu disini dan di sini, hahaha

    ReplyDelete
  6. ini Emang sering banget nih Salah nulisnya hehehe aku pun juga gitu kadang lupa kadang juga salah Untung ada tulisan ini jadi bisa belajar lagi...

    ReplyDelete
  7. Terkadang kita memang suka salah ya mba soal kayak gini banyak yg keliru

    ReplyDelete
  8. kadang jari suka latah nih terus aja nulis 'kedalam' digabung pdhal dipisah ya.

    ReplyDelete
  9. saya kalau nulis paling fokus juga nih dengan kata dan imbuhan seperti ini, malah suka googling dulu biar make sure :D

    ReplyDelete
  10. Thanks, Mbak Nyi.. semakin banyak nulis dan baca memang jadi lebih peka terhadap aturan penulisan seperti ini. Sekarang PUEBI dan KBBI daring selalu jadi 'bekal' buat kroscek :)

    ReplyDelete
  11. Nah, hal seperti ini kelihatannya memang sepele banget ya tapi penting banget buat diperhatikan biar kita bisa menulis dengan baik sesuai kaidah EYD

    ReplyDelete
  12. yang saya tahu, kalo menuju tempat ke-nya dispasi. Makasih sudah menuliskan ini, Mba

    ReplyDelete
  13. Ini tuh basic di bahasa Indonesia, tapi kadang ku suka lupa untuk saat-saat tertentu kayak penggunaan di :)

    ReplyDelete
  14. iya nih, basic tapi banyak yang sering lupa penggunaannya ya mbak nyi.. aku nih mash suka buka kbbi juga buat ngecek

    ReplyDelete

Post a Comment