Strategi Marketing Pemasaran Produk agar Laris Manis

12 comments


Strategi Marketing Pemasaran Produk agar Laris Manis - Contoh strategi pemasaran produk yang efektif, hampir menjadi PR untuk semua orang yang terjun dalam dunia usaha. Mengapa? Ya karena strategi pemasaran produk online yang tepat ini bisa memberikan keuntungan.


contoh strategi pemasaran produk minuman strategi pemasaran produk kerajinan makalah strategi pemasaran produk
Strategi Marketing Pemasaran Produk agar Laris Manis



 

Nah, saya sudah pernah menuliskan artikel tentang, '5 Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan', di tengah pandemi agar tetap memeroleh pendapatan. Kali ini saya ingin sharing, tentang memasarkan produk, bagaimana kalau metode yang kita lakukan ini menggunakan sistem dropship atau reseller. Seperti pada awal saya memulai usaha dan mengenal jualan online.

 

Apa Sih Dropship atau Dropshiping Itu?

 

 

Dropship merupakan metode jual-beli online, di mana penjual atau sebutannya dropshipper ini hanya perlu memasarkan produk saja. Sementara yang melakukan pengiriman, adalah pihak yang memiliki produk.

 

Keuntungan sistem dropship ini, kita tidak perlu untuk melakukan stok produk di rumah dan tidak memerlukan modal yang besar. Asalkan kita terhubung dengan koneksi internet.

 

Tips Pemasaran Produk agar Laris Manis dengan Sistem Dropship

 


Memberikan Pelayanan yang Baik dan Ramah

 

Sebagai posisi pembeli, atau konsumen harapannya selalu diberikan pelayanan dengan ramah. Agar pembeli merasa nyaman. Jika sudah nyaman, dan produk yang ingin dibeli dibutuhkan, closing lah yang akan menjadi keputusan. Itulah mengapa memberikan pelayanan baik dan ramah, merupakah sebuah keharusan


Membuat Penawaran yang Menarik atau Bundling

 

Ketika membuka sebuah usaha, hal yang pertama kali harus dilakukan ketika memasarkannya adalah memberikan penawaran yang menarik dan terbaik. Yang bisa membuat pembeli atau calon konsumen, sayang untuk melewatkannya. Contoh strategi pemasaran produk yang efektif, beli satu gratis satu atau bundling beli sepaket ada pemberian bonus.

 

Selain itu dalam memasarkan, buatlah tutorial atau tips cara menggunakan produknya. Bisa juga dengan quote atau memes yang menghibur.

 

Membuat Harga Produk yang Kompetitif

 

Hindari menjual harga produk terlalu rendah, karena bisa jadi untung yang dihasilkan tidak mampu menutupi modal. Lihat-lihat juga bagaimana harga yang dibandrol oleh kompetitor, dan harga pada umumnya.

 

Menggunakan Website, Media Sosial, dan Marketplace untuk Berjualan

 

Banyak tempat yang bisa dijadikan penjualan dalam ranah digital, seperti marketplace, media sosial, website, dan lain sebagainya. Dengan memaksimalkan website dan ranah penjualan digital yang lain, akan membuat produk semakin meluas dikenal.

 

Memilih Supplier yang Fast Respon

 

Mencari supplier tidak gampang tidak sulit juga, yang penting stok produknya selalu aman dan fast respon dalam melakukan pelayanan.

Selain itu, masih ada lagi adalah profit margin yang besar juga harus menjadi pertimbangan pun produknya memiliki banyak varian. Ada marketing kit, yang membuat kita tidak perlu repot-repot dalam mendesain dan lain sebagainya.

 

Memberikan Sample Gratis sebagai Tester

 

Memberikan contoh gratis juga merupakan pilihan, untuk menjaring konsumen. Biasanya dilakuakn dalam sebuah event atau bazar produk. Tapi di ranah digital tidak ada salahnya juga untuk memebrkan free trial, agar konsumen makin mengetahui produk yang dipasarkan. Hal tersebut merupakan salah satu cara yang efektif juga lho.

 

Pengembangan strategi pemasaran produk memang tidak mudah, tapi itulah tantangannya menjadi seorang pengusaha. Siapa yang tidak mengenal kata menyerah, maka keberhasilan akan mudah ditakhlukan. Karena menjual produk yang disukai oleh masyarakat ada teknik dan cara memasarkannya. Jika tidak pas bisa mengulangi dengan strategi yang berbeda sampai menemukan pola yang tepat. Semoga artikel Strategi Marketing Pemasaran Produk agar Laris Manis, dapat bermanfaat. Salam.

 

Nyi Penengah
Aku suka membaca buku, apalagi membaca hatimu. Mari bekerjasama dengan penuh cinta. Jika berkenan email di sini: nyipenengah@gmail.com

Related Posts

12 comments

  1. Metode dropship ini layak dicoba buat kita yang gak punya banyak modal dan gak tau harus nyimpen stok barang di mana. Aku pernah nyoba dropship case hp dan hasilnya lumayan, tapi berhenti pas ngerjain skripsi dan belum lanjut sampai sekarang karena malas hehehe

    ReplyDelete
  2. Terima kasih tips2nya Nyi.. bisa kuteruskan ke kerabat yg sdg butuh nih..

    ReplyDelete
  3. Memiliki website, dan akun sosial media di jaman sekarang memang sebuah keharusan ya kalau mau laris manis jualannya. Secara digital marketing kalau gak punya penunjang itu, bagaimana mau sampai promosinya. Terimakasih ilmunya Nyi

    ReplyDelete
  4. Makasih beragam tipsnya, kalau sekarang saya lagi fokus belajar soal digital marketing lewat website, media sosial, sama marketplace itu.

    ReplyDelete
  5. Setuju kak, agar produk laris manis mang perlu adanya startegi pemasaran. Dari yang sudah disampaikan, 3 tips sdh saya jalankan dalam usaha online saya :)

    ReplyDelete
  6. Saya dulu pernah jadi dropshipper. Mungkin krn tidak berbakat dan tidak bertemu supplier yg cocok jd berhenti. Biasanya kendala yg dihadapi adalah saat pembeli memesan produk ke kita, pas kita kontak suplier ternyata stok habis.

    ReplyDelete
  7. Aku pernah jualan sendiri, ambil reseller, bahkan dropship, tapi kayak blm bisa langgeng gt usahanya Kak. Entah apa aku yg gak bakat jualan atau gimana ya huhuhu jadi skrg kalau mau jualan apa2 gt tuh takut gak laku.

    ReplyDelete
  8. Nggak semua orang bisa bisnis memang ya, hanya yg konsistensi dan pantang menyerah yg bisa terus berjuang. Tips pemasaran produk ini memang wajib bgt diketahui untuk meningkatkan daya jual dan memikat konsumen. Dan modal ga jd pengahalang jg ya, karena adanya sistem dropship.

    ReplyDelete
  9. Usaha apapun sekarang harus memikirkan strategi marketingnya. Enggak bisa hanya buka toko, terus jualan. Harus pantang menyerah memasarkan produk dari website, medsos dan lainnya.

    ReplyDelete
  10. Strateginya bagus nih. Aku sering banget beli produk A trus pas dateng ada sampel produk yang nggak aku beli, pas dicobain bagus jadi akhirnya beli yang full size.

    ReplyDelete
  11. Lengkap banget mbak caranya. Bundling itu memang menarik orang buat beli sekalian banyak ya. Dan pelayanan adalah yang utama sih menurutku

    ReplyDelete
  12. aku ga pernah berani mencoba sistem dropship ini, karena memang kelemahannya stock yang agak sulit di kontrol, bisa saja kita sudah update setiap hari, tapi ternyata supplier ga update stock, bisa miss.

    tapi memang perlu banget dicoba. Terima kasih artikelnya kak.

    ReplyDelete

Post a Comment