5 Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan

11 comments


5 Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan - Selamat berakhir pekan kawan, akhirnya beberapa destinasi wisata sudah ada yang dibuka ya? PPKM berhasil menurunkan laju penderita Covid-19. Bagaimana dengan pendapatan dari penjualan usaha yang anda bangun? Apakah laju pendapatannya sudah membaik?


contoh strategi penjualan strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan strategi penjualan jurnal contoh strategi pemasaran produk strategi pemasaran produk
5 Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan


 

Strategi penjualan merupakan hal yang paling utama harus dipahami, oleh pebisnis atau entrepreneur. Karena dari sebuah penjualan pengusaha akan mendapatkan profit atau keuntungan. Adakah cara meningkatkan omset perusahaan yang dibangun, selain aktif di media sosial atau marketplace? Ini dia 5 Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan.

 

5 Strategi Pemasaran Produk

 

Menjemput Bola (Call Your Customer)

 

Istilah jemput bola, diibaratkan seorang pengusaha harus aktif untuk mendatangi siapa calon konsumennya. Dalam dunia digital marketing saat ini jemput bola dilakukan tanpa perlu mendatangi satu persatu, cukup memanfaatkan aplikasi chat, seperti WhatsApp, Telegram, Messeger, Line, dan lain sebagainya melalui pesan broadcast.

 

Memperluas Cakupan (Expand Coverage)

 

Langkah ini adalah upaya pengingkatan penjalan dengan cara melakkan penambahan produk jenis baru. Misalnya jika awalnya anda menjual hanya satu produk, memperluas cakupan  agar konsumennya lebih banyak lagi anda melakukan penambahan. Baik penambahan produk maupun memperluas area pemasaran. Dari yang awalnya hanya jualan aksesoris, merambah dengan kebutuhan rumah tangga. Untuk perluasan wilayan, seperti tadinya hanya di Jawa, berekspansi ke luar Jawa, seperti Bali, Makassar, Lombok, dan lain sebagainya.

 

Membangun Kemampuan Tim Penjualan (Building Sales Team Capability)


Makin hari pendapatan penjualan makin banyak, anda kewalahan dalam menghadapi konsumen. Karena tidak hanya kulakan, tapi harus memersiapkan barang, melakukan packaging, melakukan pengiriman, dan lain sebagianya. Tidak mungkin anda melakukan seorang diri saja, maka bangunlah tim, agar anda bisa melakukan tugas yang lainnya. Misalnya sudah ada tim yang dibangun maka usahakan tim memiliki kemampuan penjualan yang baik dalam melayani. Berikan pelatihan, atau ikutkan kelas pelatihan dengan harapan prforma akan lebih meningkat lagi. Dahulu waktu saya kerja di Oscorp Industries sebagai content writernya, saya juga sering diikutkan pelatihan untuk menambah kemampuan. Karena bagaimanapun tim adalah aset yang harus dipertahankan.

 

Melakukan Pembagian Segmentasi Pelanggan (Customer Segmentation)

 

Biasanya pelanggan ada beberapa tipe sesuai dengan daya belinya, soalnya dalam usaha yang saya bangun demikian. Jadi saya kategorikan menjadi 3 segmen harga menurut bahan yang saya gunakan. Saya menggunakan bahan katun, kanvas, dan waterprof. Ketiga bahan tersebut berbeda harga kulakannya, jadi saya bagi menjadi tiga tingkat. Ada yang memilih harga terendah, dan ada yang memilih harga tinggi.

 

Demikian juga usaha yang anda bangun, tugas anda adalah membagi segmentasi pasar sesuai dengan daya belinya. Varian produknya disesuaikan dengan selera pasar.

 

Melakukan Paid Engine

 

Langkah ini adalah mengakusisi atau mencari konsumen baru untuk bisnis, dengan cara berbayar yang memiliki fungsi menjaring pasar lebih luas lagi dengan cara mengiklankan bisnis anda.

 

Contohnya anda bergabung dengan Fitur Tadex di website digiads.co.id, ialah platform programmatic advertising premium terbesar di Indonesia.

 

Tadex menawarkan solusi strategi penjualan dengan melakukan periklanan terdepan dan tercanggih untuk para pelaku di industri periklanan Tanah Air dari Telkom Group, adalah TADEX (Tanah Air Digital Exchange)

 

 

Mengapa Harus Beriklan dengan TADEX?

 

 

  • Jangakauan target konsumen yang tepat dan luas
  • Merupakan satu platform untuk kampanye di berbagai channel publisher
  • Biayanya efektif, dengan biaya CPM sesuai standar
  • Memiliki optimasi iklan dengan berbagai ads format, yang menyampaikan pesan dengan efektif dan menarik

 

Semoga 5 Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan, dalam meningkatkan strategi penjualan dapat bermanfaat ya. Karena penjualan berbasis online agar omset penjualan di tahun 2019 meningkat dengan cepat, jadi tidak ada salahnya sekarang anda bergerak segera.

 

Nyi Penengah
Aku suka membaca buku, apalagi membaca hatimu. Mari bekerjasama dengan penuh cinta. Jika berkenan email di sini: nyipenengah@gmail.com

Related Posts

11 comments

  1. Kalau beriklan sesuai target marketnya enaknya. Jadi jelas sasarannya. Strategi pemasaran emang penting banget sih

    ReplyDelete
  2. Membuat team penjualan dan mengelolanya secara konsisten ini tantangan banget pastinya dan harus punya jiwa leader ya mbak .. terimakasih ilmunya yang sangat bermanfaat ini.

    ReplyDelete
  3. Oh meningkatkan penjualan bisa dengan paid engine yah. Seru juga Tadex bisa menawarkan solusi strategi penjualan dengan melakukan periklanan. Bisa dicoba.

    ReplyDelete
  4. Ngeliat fitur yang ditawarkan, kayaknya TADEX ini platform wajib pebisnis kekinian yah kak Nyi. Luar biasa sih strategi pemasarannya, sesuai dengan kebutuhan sekarang

    ReplyDelete
  5. Skrng kita harus cerdas menangkap peluang dan membuat strategi pemasaran ya mba apalagi di masa pandemi yg g mudah mencari customer

    ReplyDelete
  6. Wah tadex ini keunggulannya oke banget ya. Bisa membantu para seller/pebisnis meningkatkan penjualannya dengan spesifik dan tepat sasaran. Wah musti banyak yang tau ini sih biar pada maju bisnisnya.

    ReplyDelete
  7. Wah keren nih TADEX mudah2an bisa jadi solusi meningkatkan marketing

    ReplyDelete
  8. Apa2 sekarang kalau ngga dibantu digital marketingnya bisa tenggelam sih, karena saingan udah pasti pake kayak TADEX gini kan

    ReplyDelete
  9. tadex ini milik telkom wow owow ... knpa aku baru dengar membaca ulasan mbak kayake ini harusnya wajib tahu nih para pebisnis pemula biar makin oke dagangannya

    ReplyDelete
  10. Sekarang ini makin banyak tool yang mempermudah orang untuk berjualan lebih optimal ya. Jadi kepo sama Tadex nih.

    ReplyDelete
  11. Tadex benar-benar bisa kasih solusi untuk usaha yang ingin terus berkembang maju. Bisa kasih rekomendasi nih untuk kerabat.

    ReplyDelete

Post a Comment