Review Buku Anak Menu Sehat Upik, Seri Dendang Kencana

18 comments


Review Buku Anak Menu Sehat Upik, Seri Dendang Kencana - Selamat malam! Sudah membaca apa hari ini kawan? Semoga apa yang kita baca memberikan banyak manfaat, dan kebaikan ya untuk diterapkan dan diajarkan kembali.

 


buku anak pdf buku anak 2 tahun rekomendasi buku anak buku anak online buku anak online gratis buku untuk anak sd isi buku anak tk
buku anak pdf




Baru saja saya menamatkan cerita rekomendasi buku anak, yang cocok buat dibaca loh. Untuk yang orang dewasa bisa sambil bermain dan mengedukasi anak, keponakan, saudara, dan lain sebagianya. Premis buku untuk anak SD ini, mengisahkan Upik yang akan mengundang teman-temannya makan di rumah dengan hasil menu olahan laut yang dibawa oleh Ayah Upik.

 

 

Detail Buku Menu Sehat Upik, Seri Dendang Kencana

 

 

Judul                : Menu Sehat Upik

Penulis             : Watiek Ideo dan Nindia Maya

Ilustrasi           : BUMN Pictures

Penerbit          : Bhuana Ilmu Populer

Tanggal Rilis   : 19 May 2021

Media Baca     : Gramedia Digital

Jumlah Halaman : 42 Halaman

Harga              : Rp45.000

 

 

Sinopsis Buku Anak SD Menu Sehat Upik, Seri Dendang Kencana

 

 

 

Ayah Upik membawa pulang berbagai hasil laut. Upik senang sekali! Upik pun mengundang teman-temannya untuk makan siang bersama dengan lauk hasil laut yang lezat!

 

Ketika Upik mencoba mencuci ikan tuna untuk diolah, tangan Upik terluka. Lalu, bagaimana, ya? Apa Upik berhasil memasak hasil lautnya?



buku anak pdf buku anak 2 tahun rekomendasi buku anak buku anak online buku anak online gratis buku untuk anak sd isi buku anak tk
rekomendasi buku anak


 

 

Review Buku Anak Menu Sehat Upik, Seri Dendang Kencana



 

Buku anak online yang saya baca melalui Gramedia Digital, sungguh seru. Buku seri Dendang Kencana yang berjumlah 16 serian ini, cocok menjadi rekomendasi buku anak kecil. Karena mudah dipahami, dan memberikan pesan edukasi sambil bermain. Gambar-gambar yang disajikan juga bagus, dan mengena.

 

Menceritakan tokoh Upik yang senang sekali dengan kedatangan ayah. Mengapa? Karena ayah membawa ikan, cumi, tuna, dan masih banyak lagi.

 

"Ayo undang teman-temanmu siang ini ke rumah. Kita masak menu sehat dari laut untuk mereka, ya," ujar Ayah. (halaman 5)

 

Tantangan yang harus Upik lakukan adalah mengolah ikan, cumi, dan hasil laut menjadi menu yang lezat. Upik juga dibantu Zaky kakaknya, dan didampingi oleh Ibu dan Ayah ketika memasak.

 

Eh ... saat Upik membersihkan ikan ia terkena siripnya. "Awwww! Aduh! Tanganku! seru Upik. (halaman 9).

 

Meski begitu Upik tetap mencoba untuk membantu. Namun kakaknya menggantikan dirinya, membersihkan ikan. Dan Upik membersihkan cumi-cumi yang tidak ada sirip atau durinya. Upik kaget ketika memegang cumi yang begitu licin, dan juga cumi yang mengeluarkan tinta. Upik panik, kak Zaky malah tertawa menggoda.

 

Keseruan keduanya terjadi di dapur, saat membantu memasak ikan. Belum lagi ketika ikan digoreng, dan suaranya mengagetkan. Upik juga harus menyiapkan bumbu agar masakan semakin enak, tapi kok kak Zaky menangis ketika mengupas bawang?

 

Kehebohan apalagi yang akan terjadi? Apakah masakan tersebut akan matang? Bagaimana Upik dan kakaknya Zaky memersiapkan semuanya karena akan datang teman-teman Upik ke rumah.

 

Cerita yang nyata terjadi dalam kehidupan sehari-hari, ditulis dengan apik kolaborasi penulis anak yang sudah malang melintang di dunia kepenulisan. Siapa lagi kalau bukan Kak Watiek Ideo dan Nindia Maya.



buku anak pdf buku anak 2 tahun rekomendasi buku anak buku anak online buku anak online gratis buku untuk anak sd isi buku anak tk
buku anak online



 

Saya suka endingnya Buku Anak Menu Sehat Upik, Seri Dendang Kencana ini. Lucu dan bikin gemas. Review buku seri Dendang Kencana lain, ada di postinganku sebelumnya juga loh teman-teman. Intip yuk! Siapa tahu kamu lagi cari rekomendasi buku anak ya kan? Terima kasih sudah mampir di blog sederhanaku, salam.

 

 

Pelajaran yang Dapat Diambil dari Buku Anak PDF ini

 

 

  • Anak-anak mampu mengenali berbagai macam makanan olahan laut atau hasil laut
  • Anak-anak belajar cara membersihkan ikan, cumi-cumi, dan hasil laut yang lain
  • Anak-anak belajar cara memasak yang baik
  • Anak-anak belajar berbagi dengan teman-temannya
  • Anak-anak belajar sebuah proses. Proses menunggu masakan jadi matang, proses memasak nasi, yang bisa dinikmati bersama
  • Anak-anak belajar mengenal bumbu masakan. Kalau bawang bisa membuat menangis ketika mengupas ataupun mengirisnya dan lain sebagainya

 

 

 

Nyi Penengah
Aku suka membaca buku Apalagi membaca hatimu

Related Posts

18 comments

  1. wah bukunya watiek ideo ya ini mbak
    pasti bagus ya ceritanya
    ini bisa mengajak anak untuk selalu makan makanan yang sehat ya mbak

    ReplyDelete
  2. Buku seri anak begini tentu menjadi sarana untuk membantu anak menyukai literasi sejak dini. Apalagi ide ceritanya juga nggak jauh-jauh dari keseruan anak. Bagaimana mereka excited dengan beragam jenis ikan, keseruan menyiangi ikan meski terkena siripnya. Keren sih.

    ReplyDelete
  3. Buku cerita anak memang selalu ada tantangannya dalam penulisan. Tetapi selalu juga nemu kegemesan di dalamnya. Mantap sih

    ReplyDelete
  4. Kalau saya jujur aja sih, lebih banyak membaca artikel lewat blog, salah satunya blog keren milik Mba Nyi Penengah ini. Membaca blog aja udah senang banget, bisa dapat banyak wawasan dan juga teman baru. Jarang sekali membaca buku.

    Tapi menarik juga sih ini buku, cocok untuk mengedukasi anak-anak.

    ReplyDelete
  5. ilustrasinya menarik yaa mbaa.. kayak 3d gitu. thanks buat reviewnya.. bisa buat referensi belanja besok pas lagi diskon hehehe

    ReplyDelete
  6. banyak hal yang bisa diambil ya dari kisah Menu Sehat Upik ini, yang jelasnya juga anak bakalan senang banget ya jika dilibatkan dalam proses masak, pasti jadi bangga deh :)

    ReplyDelete
  7. Keren banget upik bisa mengolah ikan. Aku aja mbuh2an hihihi. Bagus nih, dibaca anak2.

    ReplyDelete
  8. Dari Upik yang belajar membantu memasak, banyak pesan moral yang disampaikan. Jadi rekomendasi buku anak yang bagus untuk dibaca

    ReplyDelete
  9. Ada banyak manfaat dari buku cerita, anak bisa belajar banyak. Termasuk dari buku Menu Sehat Upik ini, anak bisa belajar dari mengenal bahan, mengolah bahan, bahkan memasak...Jadi sebelum mengajak anak memasak, bisa diajak membaca dulu sebagai bentuk awareness ya

    ReplyDelete
  10. keren nih upik masih kecil sudah diajari membersihkan ikan. hehe. mbak watiek ideo ini banyak banget ya bukunya bagus-bagus juga ceritanya

    ReplyDelete
  11. Wahh nyenengin yah mbaa. Jadi pengin jugaa buat anak saya.
    Suka banget sama cerita2 anak model ginii. Sederhana tapi maknanya hangat

    ReplyDelete
  12. Udah lama aku gak baca buku model kaya gini Nyi, maklum anakku udah besar-besar sekarang. Tapi penting banget sih membiasakan diri membaca sejak dini pada anak. Melalui sebuah cerita anak juga bisa belajar banyak termasuk dari buku Menu Sehat Upik ini.

    ReplyDelete
  13. anak anak tuh emang baiknya diberi buku cerita untuk lebih memahami pesan yang mau kita sampaikan yaaa.. Abis baca ini anak-anak pasti jadi lebih ngerti tentang menumakanan sehat yaaa

    ReplyDelete
  14. Buku cerita anak di Gramedia Digital beragam banget ya, Mbak. Abis baca review ini jadi pengen ikutan baca juga buat membaca nyaring bareng si bungsu.

    ReplyDelete
  15. Wah menarik ya buku Upik ini, jadi pengen beliin hadiah buat keponakan aku.

    ReplyDelete
  16. Bukunya Mbak Watiek Ideo itu bagus-bagus, caranya bercerita, tema-tema yang diangkat, edukasinya, dan paling utama juga ilustrasinya. Beberapa buku beliau aku malah koleksi lho

    ReplyDelete
  17. seru kayaknya bukunya ya dan pastinya halamannya sedikit hanya 42 halaman, ini cocok buat anak-anak, senang membaca dengan teman-temannya biasanya kalau keponakan saya, bareng-bareng jadi ramai

    ReplyDelete
  18. Nah, buku bertema seperti ini penting nih di jaman now, biar anak-anak kita mengetahui berbagai jenis hasil alam, bagaimana mengolahnya dan variasi penganan. Apalagi buat kami yg tinggal di kota begini. Penting banget membawa anak-anak ke lokasi penghasil bahan pangan, biasanya kalau pas mudik sih. Tapi kalau enggak yg lewat buku cerita bergambar begini.

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email