Review Buku Anak Market Day, Seri Dendang Kencana

11 comments


Review Buku Anak Market Day, Seri Dendang Kencana - Selamat pagi! Sudah membaca berapa buku di bulan Mei, teman-teman? Semoga lebih dari satu ya! Dilansir dari kompas, Muhammad Syarif Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) mengungkapkan hasil Kajian Indeks Kegemaran Membaca yang dilakukan Perpusnas tahun 2020 memberikan hasil minat baca Indoesia masuk ke poin 55.74 yang berarti sedang.



buku anak pdf buku anak 2 tahun rekomendasi buku anak buku anak online buku untuk anak sd isi buku anak tk buku anak paud pdf buku anak anak sd




 

Survey Perpusnas sendiri sudah melibatkan 10.200 responden di 34 provinsi. Yang mana tujuan survey tersebut untuk mengukur frekuensi membaca, durasi membaca, dan buku yang dibaca. Allhamdulillah ya, progresnya menjadi cukup baik dengan nilai sedang.

 

Nah, hari ini saya mau mereview buku anak nih, dengan judul Market Day seri dari Dendang Kencana. Ditulis oleh penulis anak kece, Mbak Watiek Ideo dan Nindia Maya. Salut banget dengan mereka berdua yang terus produktif menulis buku anak, untuk mencerdaskan bangsa. Semoga suatu saat saya pun bisa menuai sukses seperti beliau-beliau, aamiin.

 

 

Detail Buku Anak Online Market Day, Seri Dendang Kencana


 

Judul                : Market Day

Penulis             : Watiek Ideo dan Nindia Maya

Ilustrasi           : BUMN Pictures

Penerbit          : Bhuana Ilmu Populer

Tanggal Rilis   : 19 May 2021

Media Baca     : Gramedia Digital

Jumlah Halaman : 42 Halaman

Harga              : Rp45.000

 

 

Sinopsis Buku Anak SD Market Day, Seri Dendang Kencana

 

 

Di sekolah Harum akan diadakan Market Day. Tapi, Harum tidak tahu mau berjualan apa. Sementara teman-temannya sudah menyiapkan apa yang akan mereka jual. Wah, kira-kira Harum akan menjual apa untuk Market Day, ya?

 


buku anak pdf buku anak 2 tahun rekomendasi buku anak buku anak online buku untuk anak sd isi buku anak tk buku anak paud pdf buku anak anak sd



 

Rekomendasi Buku Anak Market Day, Seri Dendang Kencana


 

Cerita berawal dari setting di sekolah, Bu Guru memberi tahu kepada anak-anak bahwa sebentar  lagi akan ada Market Day, jadi anak-anak diminta untuk berjualan. Menjual apa saja dibolehkan, dan tentunya tujuan diadakannya market day ini, sekolah ingin melatih anak-anak menjadi lebih mandiri, kreatif, berani, serta jujur. Keren nih!

 

Di saat semua bersorak sorai, Harum bersedih hati. Ada yang mengganjal dalam pikirannya, sesampainya di rumah pun ia tetap murung. Padahal ibu sudah memasak makanan kesukaannya.

 

"Kamu kenapa? Kok, lesu begitu. Kalau ada apa-apa, cerita sama ibu," ujar Ibu dengan lembut (halaman 9)

 

Harum lantas bercerita tentang perasaannya, ia bingung mau berjualan apa di hari market day sekolah nanti. Ibu menyarankan untuk menjualkan dagangan ibu, ialah pakaian jadi. Tetapi Harum tidak mau karena pakaian tersebut pakaian dewasa. Tercetuslah ide, ia ingin mengunjungi teman-temannya dahulu. Siapa tahu dengan mendatangi mereka akan ada ide tercetus, ia harus membuat apa.

 

Nyatanya setelah berkeliling dari rumah ke rumah temannya, Harum belum juga menemukan ide. Kadek temannya membuat gantungan kunci warna-warni dari tanah liat,  Upik akan membuat kue untuk dijual, Damar membuat pembatas buku.

 

"Nanti kamu mau buat apa?" tanya Damar kepada Harum. (halaman 22)

 

"Uhm, aku masih belum tahu, nih. Sepertinya aku nggak bisa bikin sesuatu yang bagus seperti kamu, Upik, dan Kadek," kata Harum dengan suara pelan. (halaman 22)

 

Jadi, apakah Harum akan berjualan? Atau ia memilih keahlian lainnya? Temukan jawaban ceritanya dalam buku Seri Dendang Kencana, berjudul Market Day.



buku anak pdf buku anak 2 tahun rekomendasi buku anak buku anak online buku untuk anak sd isi buku anak tk buku anak paud pdf buku anak anak sd


 

Jujur saya selalu suka karya Mbak Watiek Ideo dan Nindia Maya, selalu ada kesan yang mendalam buku anak-anak SD yang dibuat. Ceritanya selalu kekinian, dan penuh pesan yang baik.

 

Kebetulan saya baca buku anak online ini, melalui aplikasi Gramedia Digital. Buku anak Seri Dendang Kencana ini berjumlah 16 serian yang bisa dikoleksi. Selamat membaca!

 

 

Pelajaran yang Dapat Diambil dari Buku Anak PDF Ini

 

 

  • Anak-anak bisa belajar mengenali bakatnya
  • Anak-anak bisa belajar berjualan
  • Anak-anak bisa belajar apa yang perlu dipersiapkan untuk membuat usaha
  • Anak-anak bisa mengenali keahlian dirinya, tidak hanya membuat karya tetapi juga keahlian menjual jasa
  • Dengan kata lain, buku ini memberikan pelajaran mempersiapkan generasi mandiri sejak dini

 

Nyi Penengah
Aku suka membaca buku, apalagi membaca hatimu. Mari bekerjasama dengan penuh cinta. Jika berkenan email di sini: nyipenengah@gmail.com

Related Posts

11 comments

  1. wahh buku ini ngajarin anak buat berwirausaha juga yaa baik dalam bentuk produk maupun jasa, bisa menanamkan mindset mandiri sedari dini yaa

    ReplyDelete
  2. Belasan seri bukunya itu bisa dibaca online juga ya? Aduh penasaran saya juga jadi ingin install aplikasinya
    Ceritanya bagus ya buat anak...

    ReplyDelete
  3. Aku dari dulu punya cita2 bisa menulis buku anak tapi sampai sekarang belum ngerasa maksimal belajarnya. Buku2 Watiek Ideo ini bikin aku jadi semangat lagi karena ceritanya bagus2 dan menginspirasi, tapi tetep sederhana dan mudah dipahami

    ReplyDelete
  4. Buku yang sangat menarik karena menginspirasi. Membaca buku memang tidak bisa disamakan dengan menonton video. Buku lebih detail pembahasannya dan telah melalui editorial ketat.

    ReplyDelete
  5. Waduh jadi mupeng nih... buku anak tak hanya menarik buat anakku tapi aku juga hahahaha. Sebab saat membaca buku anak kayak.mempelajari apa yg dipikirkan sama anak anak

    ReplyDelete
  6. Mantab. Bagus sekali. Luar biasa. Semangatttt. Saya mendapatkan banyak inspirasi dari tulisan ini.

    ReplyDelete
  7. Bagus dan menarik juga ya bukunya. Bisa jadi sarana belajar untuk anak-anak berkreasi dan berwirausaha saat sudah besar nanti.

    ReplyDelete
  8. Mbak Watiek Ideo memang seniornya buku anak ya. Beberapa kali beliau mengadakan kelas menulis buku anak, tapi saya belum bisa ikut, padahal saat ini cerita anak makin banyak dibutuhkan.

    ReplyDelete
  9. Keren emang Watiek Ideo ini, kalo pernah kenal orangnya pastiii tambah kagum deh, orangnya pemalu banget, ga enakan gitu ... hahahhaa.. ga imbang sama namanya yang gonjreeeeng terkenal seIndonesia raya

    ReplyDelete
  10. Untuk orang dewasa yg masih bingung smaa keinginan dan bakatnya, bisa kali yaa kita rekomen buku ini juga buat mereka bacašŸ¤­
    Biar gk bingung lagii

    ReplyDelete
  11. Gimana pengalaman membaca buku digital untuk anak mba? Apakah sinar gadget ramah untuk anak?

    Saya pengen banget baca lewat aplikasi ipusnas. Belum kesampaian. Hehe.

    Salam kenal dari anggota bloggerhub ^^

    ReplyDelete

Post a Comment