Cara Cek Rekening Koran BCA Melalui Internet Banking

By Nyi Penengah Dewanti - Monday, September 07, 2020


Cara Cek Rekening Koran BCA Melalui Internet Banking - Pengalaman memang guru yang paling berharga, hehehe ... Biar pengalaman yang berharga tersebut nggak hilang makanya penting untuk menulis atau mencatatkannya, soalnya otak manusia terbatas dalam mengingat.

Cara Cek Rekening Koran BCA Melalui Internet Banking

Di postingan sebelumnya, saya menuliskan pengalaman Cara Verifikasi Rekening Bank untuk Pembayaran Google Adsense dan ini yang mendorong saya harus pergi ke bank. Setelah sampai bank, ternyata untuk mencetak buku tabungan yang panjang sampai dengan tahun sebelumnya itu terkena biaya. Padahal saya harus mencetak kurang lebihnya 2 tahunan. Berapa lembar yang harus saya bayar? Hehehe ... Untunglah pegawai bank BCA-nya memberikan solusi bijak. Tapi sebelumnya beliau bertanya, mengapa saya sampai membutuhkan rekening koran?
"Untuk mengecek verifikasi setoran percobaan Google Adsense," ucap saya dan beliau langsung mafhum.

Rekening Koran Adalah?


Bagi sebagian orang ada yang belum mengenal istilah rekenng koran. Rekening koran diambl dari istilah bahasa Belanja, ialah courant. Rekening koran ini merupakan riwayat transaksi keuangan, secara menyeluruh dari suaut rekening. Bisa rekening milik sendiri, atau badan usaha. Dalam rekening koran akan terlampir, alur debit, kredit, dan juga dana transfer keluar ataupun masuk. 
Di jaman yang serba digital ini, sekarang untuk mencetak rekening koran tidak perlu lagi. Karena bisa disiasati, dengan menggunakan fasilitas internet banking. Jadi di cek menggunakan sistem online sudah bisa. Tidak dipungkiri mobilitas orang sekarang kan super sibuk, apalagi di masa pandemi lebih aman kalau tanpa keluar rumah ya kan?

Fungsi dari Rekening Koran


  • Untuk Mengetahui Riwayat Transaksi

Baik buku tabungan maupun rekening koran, sebenarnya memiliki fungsi yang sama yakni menampilkan riwayat transaksi. Tapi untuk rekening koran, biasanya dibutuhkan untuk melihat sampai pada tahun-tahun sebelumnya.

  • Sebagai Bukti Hukum

Nah, rekening koran bisa menjadi bukti bahwa anda menerima atau tidak menerika uang dari pihak luar. Misalnya kita bekerjasama dengan orang lain, atau saya yang sehari-hari jualan craft sering mengakses arus debi dan kredit di rekening saya. Kalau konsumen belum transfer, kok ngaku sudah saya akan bisa memberikan bukti bahwa transferan tersebut sudah masuk. Hal ini sebagai cara untuk melindungi diri, dari penipuan yang banyak terjadi dalam dunia online.

  • Sebagai Syarat Pengajuan Visa
  • Sebagai Syarat Mengakukan Pinjaman
  • Sebagai Syarat Mengikuti Lelang
  • Sebagai Bukti Audit Keuangan Sebuah Perusahaan


Cara Cek Rekening Koran BCA Melalui Internet Banking


Cara Mengajukan Rekening Koran


Untuk mencetak rekening koran, tidak butuh waktu yang lama kok. Hanya hitungan menit saja, tetapi sejauh mana anda butuh pegawai bank akan melihat dulu situasinya seperti apa. Namun biasanya syarat memeroleh rekening koran, adapun harus membawa hal-hal sebagai berikut:

  • Membawa Buku Tabungan Asli
  • Membawa KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Membawa Kartu Debit
  • Membayar Biaya Cetak

Karena kebutuhan saya cetak ada dua tahunan, untuk mencetak rekening koran, disarankan untuk mengeceknya menggunakan internet banking. Alhamdulillahnya saya sudah memakai internet banking, jadi mbak pegawai langsung membimbing saya dengan cepat. Tapi kalau mau mencetak rekening koran BCA, akan dikenakan biaya Rp2500,- perlembarnya.

Cara Cek dan Cetak Rekening Koran BCA via Internet Banking


Cara Cek Rekening Koran BCA Melalui Internet Banking



Sebelum punya internet banking, saya kalau mau mengecek transferan masuk harus ke ATM, tapi setelah punya internet banking saya nggak perlu repot-repot lagi. Teknologi sekarang kan sudah keren, jadi harus dimanfaaatkan dengan baik. Apa yang harus dilakukan, untuk mengecek satu persatu transferan yang masuk dari tahun-tahun sebelumnya? Untuk rekening koran BCA, caranya sebagai berikut:

  • Masuk ke website KlikBCA dot com
  • Memilih menu, 'e-Statement', dan pilih mau dari 'Tahapan Berjangka' atau 'Tabungan dan Giro'.
  • Pilih Nomor Rekening yang kita ingin cek
  • Pilih Periode e-Statementnya. Tinggal setting  bulan dan tahunnya. Ini bisa sampai lima tahun ke belakang.
  • Kalau ingin dicetak, tinggal download, lalu diprint. Untuk menghemat ongkos cetak dari bank.

Taraaa! Ternyata cukup mudah bukan? Nggak perlu bayar ongkos cetak, bisa kita cek langsung karena sudah di download. Tapi kalau nggak mau didownload juga nggak masalah, tergantung kebutuhan kitanya apa. Kalau saya, setelah mendapatkan kode transfer dari Google Adsense langsung saya masukan. Urusan verifikasi data pembayaran untuk Google Adsense kelar. Allhamdulillah. Cetak rekening koran mandiri, ternyata lebih memudahkan ya? Nggak perlu ngantri lama di banknya. Tapi kalau kamu belum punya akses internet banking, harus mendaftarkannya lebih dahulu.

  • Share:

You Might Also Like

11 comments

  1. aku baru tahu kalau rekening biasa bisa minta rekening koran juga, kukira khusus rekening yang gede2 atau rekening giro mba :) TFS

    ReplyDelete
  2. Wah udah lama gak pake internet banking, soalnya udah pakai mobile apps, boleh nih dicoba hehe

    ReplyDelete
  3. mau coba juga ah mba tutorialnya, kaget kalau bisa cek dari waktu 5 tahun terakhir

    ReplyDelete
  4. internet banking aku belum aktifkan nih karena waktu itu katanya aku harus minta hapus data di nomor hp yang lama. Anyway, dulu aku nyangka rekening koran itu adalah rekeningnya orang-orang yang langganan koran lhoo. wkwkwkwk

    ReplyDelete
  5. Internet banking aku belum aktifin nih, cuma ada mobile banking aja soalnya waktu itu CS-nya BCA bilang aku harus hapus nomor HP yang sudah hangus di provider. Huhuhu.

    ReplyDelete
  6. Aku juga pas kmrn butuh bukti cetak rekening koran , cetaknya lewat ibanking ini jg mba. Soalnya klo ke bank masih insecure apalagi antrinya jg bnyk.

    ReplyDelete
  7. Wah, bermanfaat banget infonya.. kebetulan belum pernah cetak rekening koran bca

    ReplyDelete
  8. Jadi ingat Bapak rahimahullah yang selalu minta rekening koran versi cetak. Mungkin karena sudah sepuh yaa..
    Dan ini ditelusur satu demi satu.
    MashaAllah~

    ReplyDelete
  9. Aku masih pakai rekening BCA biasa, dari 2008. dan udh jatuh cinta bgt sama bca ini. kalau mau jadi rekening koran kudu ganti norek ga ya?

    ReplyDelete
  10. Ternyata mudah banget ya, selama ini. Kalo mau cek rekening koran

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat