Cara Membuat Nasi Lemak Khas Riau

By Nyi Penengah Dewanti - Thursday, April 16, 2020



Cara Membuat Nasi Lemak Khas Riau - Selamat sore! Setiap dari kita pasti punya makanan kesukaan  atau makanan favorit, yang paling diidamkan. Kalau beberapa hari nggak makan, rasanya rindu ea ... ternyata rindu nggak cuma sama pasangan ya kan? Tapi juga dengan makanan. Saya juga demikian. Kalau saya suka mie ayam, tapi belum tentu mas suami suka juga.


nasi lemak rice cooker cara membuat nasi lemak kukus cara membuat nasi lemak kampung resep nasi lemak malaysia sajian sedap resep nasi lemak kuning lauk nasi lemak nasi lemak singapore resep nasi lemak bungkus telur resep nasi lemak khas riau manfaat nasi lemak gambar nasi lemak membuat sambal nasi lemak ma


Beberapa waktu lalu, saya dapat cerita heboh dari teman saya yang mencicipi nasi lemak. Dalam pikiran saya nasi lemak adalah nasi, yang tidak diperuntukan oleh orang yang diet karena terlalu banyak lemak. Ternyata nasi lemak ini merupakan jenis makanan khas suku melayu. Biasanya terdapat di Malaysia, hidangan ini salah satu hidangan nasional gitulah kurang lebih. Tapi kalau di Indonesia sendiri, adanya di kepulauan Riau, nasi lemak ini.


Nasi lemak ternyata penyajiannya pada pagi hari, mungkin kalo di tempat saya nasi megono atau nasi urap. Yang berbeda dari nasi lemak ini, dimasaknya pake santan kelapa. Jadi rasana gurih-gurih lezat gitu, kata dia. Selain itu masaknya juga diberi daun pandan, daun yang baunya harum dan bikin kita semangat untuk memakannya.


Sejarah Nasi Lemak


Kalau dilihat sepintas, nasi lemak mirip banget dengan nasi uduk. Atau nasi liwet, karena ada rasa gurih dan sama-sama di masak menggunakan santan. Menurut cerita masa lalu, oleh South China Morning Post kalau nasi lemak disajikan khusus pagi hari. Tapi lama-kelamaan orang yang rindu makan nasi lemak, sudah bisa merasakannya di waku siang ataupun malam karena banyak dijajakan.

Seorang sejarawan warisan dan pendiri organisasi nirlaba Akademi Pembangunan Geo-budaya dan Etnolignuistik Nusantara, Nadge Ariffin punya pandanga alternatif mengenai nasi lemak lho! Katanya nasi lemak ini berasal dari Malaysia, dengan cerita yang bermula dari sepasang anak dan ibu. Mereka bernama Mak Kuntun dan anaknya bernama Seri.

Pada suatu hari, ceileh ... bahasanya mirip dongeng jaman dahulu ya? Hehehe ... Mak Kuntum suatu ketika harus pergi meninggalkan Seri, puteri kesayangannya. Nah, karena anaknya sudah besar dia menitipkan Seri perihal urusan dapur. Ketika Seri yang sedang memasak nasi, tidak sengaja menumpahkan santan ke dalam panci yang dimasaknya. Ketika ibunya sudah pulang, saat makan nasi tersebut kaget. Karena rasanya berbeda.


nasi lemak rice cooker cara membuat nasi lemak kukus cara membuat nasi lemak kampung resep nasi lemak malaysia sajian sedap resep nasi lemak kuning lauk nasi lemak nasi lemak singapore resep nasi lemak bungkus telur resep nasi lemak khas riau manfaat nasi lemak gambar nasi lemak membuat sambal nasi lemak ma


"Apa yang kamu masak ini, Seri?" Kata Mak Kuntum penasaran.

"Nasi le, Mak!" Kalau diartikan, adalah Nasi, Ibu. Jadilah sampai sekarang, nasi yang dimasak dengan santan disebut dengan nasi lemak. Asal-usul nasi lemak ini menurut penelitian Ariffin, berasal dari pantai barat Malaysia.



Bagaimana Cara Memasak Nasi Lemak Khas Riau?

Nasi lemak biasanya disandingkan dengan telur, baik yang direbus maupun yang digoreng. Kemudian ada irisan mentimun, ada gorengan teri, sambal. Tapi sekarang nasi lemak memiliki banyak sekali variasi menu, ada yang ditambahkan kacang goreng, sate ayam, cumi, kerang, dan lain sebagainya.  Karena penasaran, saya meminta bumbunya sama dia, eh setelah dikasih jadi pengen mencoba masak nasi lemak juga. 

Ini dia resep memasak nasi lemak, apa saja bahan utamanya :

1 Kg beras putih
1/2 santan kental
Bawang merah dan bawang putih secukupnya
Daun salam
Sebatang serai

nasi lemak rice cooker cara membuat nasi lemak kukus cara membuat nasi lemak kampung resep nasi lemak malaysia sajian sedap resep nasi lemak kuning lauk nasi lemak nasi lemak singapore resep nasi lemak bungkus telur resep nasi lemak khas riau manfaat nasi lemak gambar nasi lemak membuat sambal nasi lemak ma


Cara Membuat


  • Seperti pada umumnya memasak nasi, cuci beras dahulu sampai bersih lantas ditiriskan.
  • Panaskan dandang sampai menididih, baru kukus berasnya sampai matang.
  • Panaskan minyak, untuk menumis serai dan daun salam hingga wangi. Tambahkan bawang merah dan bawang putih yang sudah digoreng sebentar tadi. Lantas masukkan santan, jika sudah tercium aroma yang wangi.
  • Aduk merata, dan taruh sedikit air untuk mengencerkan santan. Masukkan beras yang sudah dikukus tadi ke dalam bumbu. Aduk sampai rata. Kembali kukus nasi yang sudah ada bumbunya, selama 30 menit.

Nasi lemak siap disajikan dengan lauk pelengkap, seperti telur, sambal goreng, teri, sambal, mentimun dan tumisan lainnya. Selamat makan!

  • Share:

You Might Also Like

17 comments

  1. waaa nasi lemak, sampe sekarang udah sering denger nasi lemak tapi ku belum pernah nyobain nih, jadi kepo deh pengen cobain juga hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayak nasi di Bandung di Crown pas acara BloggerDay ini wkwkkw

      Delete
  2. wah seru banget bikin nasi lemak mba, mau nyobain ah tar buat bukaan, bahannya juga mudah dicari ya

    ReplyDelete
  3. Udah pernah makan nasi lemak tapi belum pernah bikin. Kayaknya bakalan nyoba buat nih berasa banget enak ini. Makasih resepnya mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. samasama mba Lida.
      Smeangat siapa tahu bisa jadi menu buka hehehe

      Delete
  4. aku belum pernah bikin nasi lemak mbak, nyicip aja belum pernah malah, kapan2 mau coba praktekan resep dari mbak ah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat mba Winda, semoga sukses masak memasaknya hehehe

      Delete
  5. Jadi laper deh baca ginian malem2 mba hihihi... ternyata bahannya gak susah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget kak Mels, kirain juga susah ya ternyata gampang mudah didapatkan bahannya

      Delete
  6. Kalau di Jkt kyknya nih mirip nasi uduk gtu ya mbak hehe.
    Wah ternyata sejarah nasi lemak tu terjadi krn ketidaksengajaan ya? Oh ya katanya kalau karbo dicampur santen2 gtu lbh bagus buat org yg diet gula, eh bener gak ya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mirip uduk, di jawa mirip nasi kuning wkwkwk
      cerita sejarah unik ya Mba.

      Delete
  7. Jadi pengen coba buat nih kak hehe aku tinggal di Riau sih tp bukan asli sini. Penasaran juga pengen buat sendiri nih

    ReplyDelete
  8. kalau di Jatin namanya sego gure, iyaaa nasi uduknya orang betawi gitu. dikasih kunyit jadi sego kuning. ini enak banget emang...apalagi disantap buka puasa beginu. besok bikin ah

    ReplyDelete
  9. Nasi lemak bikin makin semangat makan, Nyi...
    Aku suka banget.
    Gurih dan gak kenyang-kenyang, hahhaa...kok bisa yaa..??

    ReplyDelete
  10. Oh ternyata begitu toh cikal asal nasi lemak aku ud lama g makan ini mba

    ReplyDelete
  11. Waaah kayaknya enaaak nih Nyaiii.. semoga aku bisa cobain deeh di rumah masaknya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat