Umma Ramadhan Aplikasi Spesial Dukung Ibadah Ramadhan

By Nyi Penengah Dewanti - Thursday, April 23, 2020



Umma Ramadhan Aplikasi Spesial Dukung Ibadah Ramadhan - Dalam hitungan jam, seluruh umat Islam akan menantikan hasil sidang isbat 1 Ramadhan 2020, yang mana akan menentukan juga kapan hari lebaran Idul Fitri. Rencananya sidang Isbat akan digelar hari ini, bismillah semoga kita semua dimudahkan dalam menjalankan ibadah puasa rahun 2020. Mengingat tahun ini kita dikasih ujian ada pandemi virs corona, yang tidak membolehkan untuk tarawih di Masjid. Karena melakukan physical distancing, demi memutus tali rantai wabah menular.




Sidang Isbat 1 Ramadhan 2020 akan ditayangkan online, oleh Kementrian Agama. "Seiring kebijakan physical distancing dan sesuai protokol kesehatan, kita menghindari ada kerumunan. Sidang isbat akan memanfaatkan teknologi teleconference sehingga peserta dan media tidak perlu hadir di Kementerian Agama," ungkap Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Kamaruddin Amin.

Masyarakat seluruh Indonesia bisa menyaksikan sidang tersebut lewat live streaming di website atau medsos Kemenag, agar tahu kapan hilal awal Ramadhan 1441 H. Nggak nyangka ya, Ramadhan secepat ini, ditambah dengan adanya pandemi.


Metode yang digunakan oleh Kemenag dalam menentukan sidang Isbat ini, ada dua metode yakni hisab dan rukatul hilal. Hisab sendiri adalah perhitungan yang mengandalkan astonomis matahari, bumi dan bulan. Sementara metode ruyatul hilal adalah dengan mengamati langsung bulan sabit pertama. Posisi bulan harus berada dua derajat di atas matahari.

Umma Ramadhan Aplikasi Ibadah Ramadhan




Kabar baiknya dengan kekuatan teknologi, kita bisa menjangkau apa saja. Misalnya karena pandemi, banyak orang-orang yang merantau tidak bisa pulang. Bisa memanfaatkan dengan video call, jadi tidak berasa jauhnya karena bisa saling melepas rindu. Selain itu kita juga bisa menggunakan aplikasi Ramadhan, adalah Umma Ramadhan yang mempunyai banyak fitur pendukung.

Ada juga websitenya yang mempunyai banyak kategori, yang bisa kita baca ataupun tonton untuk menambah wawasan. Umma sendiri adalah aplikasi untuk kebutuhan umat Islam, yang bertujuan untuk mendampingi umat islam dalam menjalankan ibadah sehari-hari. Khusunya pada bulan Ramadhan ini, Umma menambahkan fitur baru dalam mendampingi umat Islam berpuasa sebulan lamanya.

Kadang kan ada nih ya yang galau, nggak sengaja nangis gara-gara sesuatu hal. Ngebatalin puasa apa nggak ya? Minuman dan makanan apa yang perlu dihindari ketka puasa, agar aman buat lambung. Apa saja sih sunnah dan adab dalam berpuasa, hal-hal yang begitu membuat kita menjadi lebih mengerti. Di website umma ini, disediakan semuanya yang bisa kita pelajari. Selain tidur, membaca Al-Quran dan membaca artikel yang bermanfaat bisa juga menambah ibadah kita di bulan ramadhan lho. Hehehe ... saya juga lagi ngumpulin hal-hal yang bisa, dikerjakan waktu puasa. Terlebih di tengah pandemi, seperti ini yang nggak bisa kemana-mana dan tetap harus jaga jarak.





Biasanya kalau puasa kan kita ngadain buka bersama di luar, bareng keluarga dan komunitas sekarang sudah nggak bisa lagi. Biasanya yang tiap sore berburu takjil, sekarang sudah tidak bisa lagi dilakukan. Banyak hal yang dibatasi, kita hanya berdiam diri di rumah untuk menjaga tertular virus corona yang mematikan. Jadi selain menjaga jarak, menjaga nafsu, kita juga harus menjaga mood agar tetap baik dan puasa menjadi lebih sehat ya kan? Apalagi keistimewaan bulan Ramadhan sangat banyak, harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Kalau bosen membaca, kita juga bisa menontn video lho di umma Ramadhan ini, ada banyak video yang bermanfaat yang bisa kita pelajari dan kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya Janji Allah untuk orang yang bertakwa, pesan untuk wanita muslimah dan lain sebagainya.


  • Share:

You Might Also Like

8 comments

  1. Dengan aplikasi ini membuat kita jadi tersadar bahwa belum dekat banget nih sama Allah SWT,

    ReplyDelete
  2. Senang mba ada aplikasi gini apalagi lagi dirumah aja kayak sekarang karena belajar buat kebaikkan bisa lewat jalan apapun ya

    ReplyDelete
  3. MasyaAllah, bagus ini. Memang sih di bulan yang suci ini sudah selayaknya kita mengisinya dengan hal-hal positif termasuk apa yang dibaca dan dilihat oleh mata. Daripada dipakai untuk yang maksiat, jauh lebih baik digunakan untuk memperdalam ilmu agama meskipun dari urusan paling sederhana. Dan Umma Ramadhan menyediakan itu, ya.

    ReplyDelete
  4. Aplikasi yang ngebantu banget dalam menjalankan ibadah di bulan ramadhan karena fiturnya begitu menarik Disamping banyak konten informasi atau video yang isinya bernilai positif dan kebaikan

    ReplyDelete
  5. Aku baru tahu aplikasi Maulana download buat mendukung ibadah puasa supaya maksimal

    ReplyDelete
  6. boleh juga d cba neh applikasi... ada di iphone ga nyi?? aku mau download

    ReplyDelete
  7. Bagus nih aplikasinya, saya baru tau. Jadi pengen download aplikasinya juga, apalagi bisa jg denger videonya

    ReplyDelete
  8. Asik ya, kl udah gak sempat baca bisa nonton videonya langsung. Ini aplikasinya bagus banget buat didownload

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat