Dari Mana Aku Harus Mulai Menulis?

By Nyi Penengah Dewanti - Wednesday, February 12, 2020



Dari Mana Aku Harus Mulai Menulis - Semangat menulis sudah membara di depan mata, di dalam kepala sudah siap melempar semua gagasan yang ada dan tangan kita sudah siap mengetik tombol-tombol yang ada di keyboard. Tapi sayangnya, kita tidak tahu mau menulis dari mana. Kata pertama apa yang harus diketikan. Aduh!

tips menulis cara belajar menulis materi menulis tujuan menulis definisi menulis manfaat menulis fungsi menulis pengertian menulis pdf


"Aku harus menulis dari mana?"

Pernah nggak sih pertanyaan demikian terlontar dari benak? Akhirnya kitanya nggak jadi nulis. Padahal jawabannya mudah sekali.

"Menulislah dimulai dari dirimu sendiri".

Mengapa harus memulai dari diri sendiri? Karena jika kita menulis mengenai diri kita sendiri, kita tidak memerlukan sumber informasi dari orang lain. Yang tahu diri kita, ya hanyalah kita sendiri, bener nggak? Kita tidak perlu ke luar rumah untuk meriset hal-hal yang harus kita tulis. Karena jawabannya sudah ada dalam dirimu sendiri. Ceritakan tentang dirimu sendiri, dari dilahirkan sampai detik ini. Hal-hal yang kamu ingat, hal lucu, bahagia, kecewa pasti ada banyak episode cerita yang bisa memberikan orang lain pengalaman.


Karena setiap orang mempunyai cerita masing-masing, meskipun kalian duduk berjejeran dan dibesarkan bersama pasti akan berbeda kisah yang kalian miliki.

tips menulis cara belajar menulis materi menulis tujuan menulis definisi menulis manfaat menulis fungsi menulis pengertian menulis pdf


Lantas, bagaimana caranya untuk menggali informasi tentang diri kita sendiri? Ada dua cara yang bisa kita lakukan.

Pertama, kita bisa menggunakan pertanyaan-pertanyaan sebagai panduannya. Rumus yang digunakan oleh wartawan, adalah 5W+1H (What, When, Why, Who, Where dan How).
Kedua, kita bisa menggunakan kata kunci untuk menarik ide-ide yang tersembunyi atau juga menggunakan prompt (dorongan). Misalnya dengan memberikan satu kata kunci, atau memberikan foto yang bisa memantik ide keluar dari kepala.

            Kalau saya sendiri biasanya, biar nggak mentok ide ketika menulis. Saya menggunakan daftar/draft lebih dulu. Kira-kira apa yang harus masuk dalam tulisan. Saya juga mencari referensi, kemudian memfokuskan tulisan agar nggak melebar ke mana-mana. Jadi tema itu harus sudah terpatok di dahi, hahaha ... kalau hilang fokus lihat kembali tema apa yang kita angkat. Begitu seterusnya, semoga bisa membantu ya. Mulailah menceritakan dirimu sendiri, karena itu akan lebih mudah. Salam!

Daftar pustaka :

Foto by pexels dan canva
edited by blogger


  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat