Cara Mengatur Waktu dengan Baik Menggunakan Rumus 4D untuk Menulis

By Nyi Penengah Dewanti - Wednesday, February 19, 2020



Cara Mengatur Waktu dengan Baik Menggunakan Rumus 4D untuk Menulis - Setiap dari diri kita memiliki waktu sibuk masing-masing. Yang ibu rumah tangga sibuk mengurus rumah, yang mahasiswa atau pelajar sibuk sekolah dan belajar dan yang pekerja sibuk dengan pekerjaanya yang akan membuat waktu dan energi jadi tersita. Tapi hasrat untuk menulis masih menggebu-gebu hanya saja belum sempat menyalurkannya.


cara mengatur waktu dengan baik bagi pelajar cara mengatur waktu bagi mahasiswa cara mengatur waktu menurut ajaran islam manfaat mengatur waktu pengertian mengatur waktu jelaskan bagaimana cara mengatur waktu belajar apa manfaat mengatur waktu dengan baik membangun kebiasaan mengatur waktu


Saatnya kamu mengatur waktu dengan baik, ada rumus yang jitu agar kamu bisa mengatur waktu dengan baik dan bisa menyediakan waktu untuk menulis. Menggunakan rumus 4D ini, siapa tahu kamu sekarang jadi punya waktu menulis, intip yuk rumus tersebut.

DUMP / Membuang


Hapus hal-hal yang bisa membuat pikiranmu terpecah. Jangan buang waktu dengan percuma, memikirkan hal yang tidak berguna. Misalnya pesan-pesan di henpon yang mengganggu konsentrasi, buang saja. Hapus juga daftar apa saja yang bisa menggangu fokusmu, dari jadwal kegiatan yang berpotensi memecah fokusmu. Mulai hapus daftar yang nggak penting, hal ini bertujuan agar kamu lebih memberikan waktumu untuk hal yang bermanfaat.

Delegate / Melimpahkan





cara mengatur waktu dengan baik bagi pelajar cara mengatur waktu bagi mahasiswa cara mengatur waktu menurut ajaran islam manfaat mengatur waktu pengertian mengatur waktu jelaskan bagaimana cara mengatur waktu belajar apa manfaat mengatur waktu dengan baik membangun kebiasaan mengatur waktu


Misalnya jika kamu berkomunitas, jangan semuanya kamu kerjakan. Entah itu untuk show up, atau menjadi superman yang bisa mengerjakan segala hal seorang diri. Mulailah berlatih mendelegasikan kepada teman-teman yang lainnya. Dengan hal tersebut, kamu justru punya waktu luang lebih banyak kan?

Defer / Menunda

Ada urusan yang memang penting harus dilaksanakan hari ini, ada yang bisa juga ditunda. Pilih yang bisa ditunda untuk tidak dikerjakan, pilih yang lebih mendesak untuk dikerjakan. Nah gunakan waktu untuk menunda tersebut, untuk menulis.


cara mengatur waktu dengan baik bagi pelajar cara mengatur waktu bagi mahasiswa cara mengatur waktu menurut ajaran islam manfaat mengatur waktu pengertian mengatur waktu jelaskan bagaimana cara mengatur waktu belajar apa manfaat mengatur waktu dengan baik membangun kebiasaan mengatur waktu


Do / Melakukan


Rumus yang terakhir adalah 'do' melakukan, jika kamu sudah mempunyai waktu luang segera tuliskan ide yang ada di kepala. Ide yang sudah kamu catat kemarin-kemarin untuk dieksekusi. Jika waktu longgarmu tidak dilakukan untuk menulis, niscaya prose menulismu tidak akan pernah terlaksana. Semuanya hanya angan semata.

Bagaimana? Sekarang sudah tahukan Cara Mengatur Waktu dengan Baik Menggunakan Rumus 4D untuk Menulis, ini? Selamat mencoba dan praktik.


Daftar pustaka : 

Foto by pexels dan canva
edited by blogger

  • Share:

You Might Also Like

10 comments

  1. Keren nih rumus ngatur waktunya, jangan sampe kita terdistraksi dengan hal2 yg bukan tujuan utama kita ya Nyi, makasiy lo udah sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. mari sama-sama saling mengingatkan mba Nia. Aku pun masih belajar ini mengatur dengan baik

      Delete
  2. klo saya sendiri suka yang dump dan menunda maka nya suka lama menulis kadang 1 tulisan bisa 3 hari baru selesai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya nggak apa-apa si ya, eheheh aku juga kadang gitu mba apalagi kalau lagi nggak mood.

      Delete
  3. Nah wajib dipraktekan nih rumusnya. Makasih ya Nyi bermanfaat sangat infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari praktik bersama mba Git, akupun masih kadang rajin kadang nggak hahaah

      Delete
  4. Kereeeen kak sharing nya, sangat bermanfaat sekali,noted banget ini kak👍🏻👍🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari sama-sama Kak. Semoga hari-hari kita bermanfaat aamiin

      Delete
  5. Buatku, salah satu musuh terbesar saat mau menulis adalah media sosial. Facebook dan Instagram ampuh banget menyihir mata buat nggak beralih dari sana. Scroll aja terus, wkwkwk ... Bagian Dump/Membuang yang cukup berat. Kadang sekali lihat, kecanduan sih pengen tahu yang bawah-bawahnya, belum lagi baca komen-komennya, hahaha ...

    Tapi Alhamdulillahnya, aku punya solusi buat itu. Aku nggak suka menulis di ponsel, sukanya di laptop. Aku nggak suka bermedia sosial di laptop, sukanya di ponsel. Jadi ya sudah, menulis di laptop, jauhkan ponsel sementara waktu, tunda dulu bermedsos ria.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku kalau nulis ya nggak buka medsos mba, wkwkwk henpon aku matiin dulu biar konsen. Samaan kita.

      Delete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat