MENU

Saturday, 21 December 2019

Belanja Batik di Pasar Grosir Setono Pekalongan


Belanja Batik di Pasar Grosir Setono Pekalongan - Jalan-jalan di Pekalongan nggak afdol dong ya, kalau nggak belanja batiknya. Soalnya Kota Pekalongan adalah kota yang dinobatkan menjadi kota Kreatif dunia, dan batiknya menjadi warisan budaya non benda oleh UNESCO. Kami para peserta Famtrip Blogger Jawa Tengah 2019, tentunya tidak mau melewatkan kesempatan ini dong ya.



Setelah dari Museum Batik dan Limun Oriental Cap Nyonya, bus menuju ke pusat grosir batik pekalongan yang ada di pasar grosir Setono. Heboh dong kita, sebagai wanita yang demen belanja hehehe ... apalagi Mba Nunik, Mba Lidya dan Mba Dessy rombongan Jakarta - Bekasi mereka berburu batik muterin seluruh toko yang ada di Pasar Grosir Setono.


Ada apa saja sih di Pasar Grosir Setono Pekalongan Jawa Tengah?


Buat yang belum pernah berkunjung ke Pasar Grosir Setono, di Pekalongan. Pasar Grosir Setono adalah pasar yang dikhususkan untuk menampung hasil kerja pengrajin batik di Pekalongan dan sekitarnya.

Letaknya sendiri berada di Jalur Pantura, sehingga mudah untuk ditemukan. Para pengrajin batik, baik usahanya tergolong usaha mikro, menengah maupun maktro ada di sini untuk memasarkan produknya. Jangan kaget dengan bangunan, Pasar Grosir Setono karena bangunannya adalah bekas pabrik tekstil yang sudah tidak beroperasi dan dialihfungsikan menjadi Pasar Grosir Setono.



Ada ratusan pedagang yang menjual dagangan batiknya, di Pasar Grosir Setono. Tidak hanya bajubatik saja, tapi juga ada aneka barang kebutuhan yang bercorak batik. Misalnya, sprei batik, ikat kepala atau pecibatik,sarung bantal, dompet batik dan lain sebagainya yang semuanya penuh dengan hasil karya pengrajin batik.

Motif yang ditawarkan Pasar Grosir Setono , sangat bervariasi dimana membuat pengunjungnya kepengen beli semua termasuk saya hehehe ... Tenang buat yang nggak bawa uang cash, di Pasar Grosir Setono juga tersedia ATM untuk menarik uang cash. Banyak juga penjaja makanan dan minuman khas Pekalongan yang beradadi Pasar Grosir Setono.

Menjelang lebaran maupun hari libur, Pasar Grosir Setono dipenuhi oleh pengunjung dari dalam dan luar kota. Mereka yang lewat biasanya menyempatkan diri untuk mampir, dan membawa batik sebagai oleh-oleh yang dibawa pualng ke rumah.

Setelah muter-muter bareng Mbak Ria, Zain dan Asmari saya menemukan kain batik yang sesuai keinginan meski kurang halus tapi karena harganya lumayan bisa ditawar. Kalau belanja ke Pasar Grosir Setono, harus pintar-pintar menawar harga hehehe ... saya aja dari kain batik yang harga Rp 50.000,- jadi Rp 45.000,- itupun nawarnya juga lumayan lama. Sementara Asmari, asik godain mbaknya yang jaga ruko batik, itu anak memang kerjaannya godain cewek memang. Tapi seru berbelanja dengan teman-teman begini, pengennya saya beli sarung juga tapi sayangnya habis di tempat dimana saya beli kain batik. Akhirnya Cuma belanja 1 macam aja.




Waktu yang diberikan selama satu setengah jam, akhirnya selesai juga dan kami harus bergegas kembali ke Bus, untuk menuju destinasi hari kedua menuju ke Tegal. Terima kasih untuk Disporapar Jawa Tengah, untuk keseruan hari pertama di Pekalongan!


Pasar Grosir Setono Pekalongan

Jl. Dr. Sutomo No.1 - 2, Karangmalang, Kec. Pekalongan Tim., Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51122

Jam buka : 08.00 - 18.00 WIB



No comments :

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat