Mengenal Limun Oriental Minuman Legendaris Lima Generasi di Pekalongan

By Nyi Penengah Dewanti - Friday, December 20, 2019


Mengenal Limun Oriental Minuman Legendaris Lima Generasi di Pekalongan - Setelah mengeksplore Museum Batik Pekalongan, pada hari pertama Famtrip Blogger Jawa Tengah 2019 ini kami kemudian menuju ke Limun Oriental. Bangunan bergaya kolonial dengan cat kuning pucat, menyambut kami dengan hangat. Langkah kaki kami tidak sabar ingin segera masuk, dan lagi-lagi perabotan kayu kuno yang ada di sana membuat kami seakan diajak bernostalgia secara langsung. Pernak-pernik jadul tersaji di sana-sini, menambah kesyahduan suasana sore itu.


limun oriental limun oriental pekalongan harga limun oriental pekalongan pabrik limun oriental pekalongan jual limun oriental pekalongan pabrik limun oriental kota pekalongan jawa tengah pabrik limun oriental jual limun oriental harga limun oriental rasa limun oriental sejarah limun oriental limun oriental cap nyonya



Limun Oriental atau orson, adalah sofdrink jadoel yang ada di Pekalongan dan sudah dikelola sampai lima generasi. Dahulunya llimun oriental, disebut banyu londo, atau kalau warga Pekalongan menyebutnya dengan limun beruap. Minuman berkarbonasi, dari racikan asam sitrat, air sari buah, gula murni dan karbondioksida yang membuat limun ini jadi terlihat 'beruap' ketika kita minum.

Jika dahulu limun oriental ini hanya bisa dinikmati oleh kaum Priyayi kaya Jawa di Kota Pekalongan dan kaum penjajah, sekarang siapapun bisa menikmatinya.  Nah, nama produsennya sendiri bernama Oriental Cap Nyonya, dan Njoo Giok Lien adalah pendirinya pada tahun 1920. Oriental termasuk pelopor industri minuman dalam kemasan botol, di Nusantara ini lho teman-teman. Yang mana sudah mencapai masa kejayaan, sampai pada tahun 1980.

Limun Oriental Menemani Keseruan di Hari Raya


limun oriental limun oriental pekalongan harga limun oriental pekalongan pabrik limun oriental pekalongan jual limun oriental pekalongan pabrik limun oriental kota pekalongan jawa tengah pabrik limun oriental jual limun oriental harga limun oriental rasa limun oriental sejarah limun oriental limun oriental cap nyonya



Hampir di seluruh lemari pendingin orang-orang kota Pekalongan, saat lebaran tiba mereka selalu menyediakan minuman jadoel Limun Oriental ini sebagai teman keseruan momen silaturahminya. Yang membuat beda limun Oriental dari yang lain adalah, Nyonya Njoo Giek Lien, penemu resep Limun Oriental Cap Nyonya yang pertama ini, membuat resep dengan kadar gula yang tidak sebanyak minuman bersoda lain. Rasa manisnya terasa lebih pas, dan tidak kelebihan.

Bernadi Sanyoto, sebagai genarasi kelimanya, mengungkapkan jika gula yang digunakan pada limun Oriental ini, "Gula murni". Agar orang-orang yang menikmatinya, merasakan kenyamanan dan kesegaran gulanya. Tidak akan menyebabkan sakit ditenggorokan. Meski saya beberapa kali pernah ke Limun Oriental ini, tapi saya tidak pernah merasakan bosan dengan minuman orson ini. Karena manisnya pas dan kesegarannya terasa sejuk ketika dinikmati pada siang yang panas.

limun oriental limun oriental pekalongan harga limun oriental pekalongan pabrik limun oriental pekalongan jual limun oriental pekalongan pabrik limun oriental kota pekalongan jawa tengah pabrik limun oriental jual limun oriental harga limun oriental rasa limun oriental sejarah limun oriental limun oriental cap nyonya


Sampai saat ini sudah ada 7 rasa yang ditawarkan, dari rasa jeruk, melon, nanas, moka, strawberi, mangga, dan original. Kalau saya sendiri paling suka yang rasa mangga dan jeruk, segernya sampai ke tenggorokan dan rasanya enak. Ramah pula di kantong pelajar, karena pas ke sana kemarin itu Limun Oriental hampir dipenuhi oleh muda-mudi yang sedang beranjak dewasa.

Harga yang ditawarkan oleh Limun Oriental Pekalongan, seharga  7 ribu rupiah. Jika ingin dibawa pulang sebagai oleh-oleh, limun Oriental juga memberikan service botol kacanya bisa dibawa pulang. Lumayan kan punya pajangan botol jadul, untuk hiasan lemari kaca hehehe ... Udah murah, segar pula!


limun oriental limun oriental pekalongan harga limun oriental pekalongan pabrik limun oriental pekalongan jual limun oriental pekalongan pabrik limun oriental kota pekalongan jawa tengah pabrik limun oriental jual limun oriental harga limun oriental rasa limun oriental sejarah limun oriental limun oriental cap nyonya


Menjelajah Pabrik Limun Oriental Pekalongan


Salut! Dengan Pabrik Limun Oriental Pekalongan yang masih berdiri sampai saat ini, dari masa penjajahan hingga pasca kemerdekaan. Karena minuman jaman dulu di jaman sekarang ini, sudah tergerus dengan banyaknya minuman kekinian yang mana trik marketingnya lebih gencar dan menarik.

limun oriental limun oriental pekalongan harga limun oriental pekalongan pabrik limun oriental pekalongan jual limun oriental pekalongan pabrik limun oriental kota pekalongan jawa tengah pabrik limun oriental jual limun oriental harga limun oriental rasa limun oriental sejarah limun oriental limun oriental cap nyonya


Limun Orienyal Cap Nyonya, bisa kalian temukan di Jalan Rajawali Utara Nomor 15, Kecamatan Panjang Wetan Kota Pekalongan. Buat yang suka wisata sejarah dan wisata kuliner, Limun Orietal akan menyajikan rasa yang berbeda. Alhamdulillah, bersama blogger-blogger Nusantara dan Disporapar Jawa Tengah, kami bersama-sama menjelajah Pabrik Limun Oriental Pekalongan. Karena kami berkunjung di hari Jumat, para pekerja yang ada di Pabrik Limun Oriental Pekalongan kebetulan libur. Sembari mendengarkan Mas Bernad bercerita, saya menelusuri segala hal yang ada di pabrik dengan mata telanjang. Dimana semua prosesnya masih menggunakan tenaga manusia, dengan cara konvensional. Padahal perbotol yang dihasilkan dalam satu jam itu ada 500 botol, lho!




Proses Pembuatan Limun Oriental di Pabrik Limun Oriental Pekalongan

limun oriental limun oriental pekalongan harga limun oriental pekalongan pabrik limun oriental pekalongan jual limun oriental pekalongan pabrik limun oriental kota pekalongan jawa tengah pabrik limun oriental jual limun oriental harga limun oriental rasa limun oriental sejarah limun oriental limun oriental cap nyonya



Botol yang selesai digunakan, atau botol yang baru datang akan di rendam dahulu menggunakan air sabun dan dicuci manual satu persatu. Jika tahap pencucian selesai, botol akan dibilas dan dikeringkan. Mas Bernad mengajak kami pindah ruangan lagi, dimana ada tabung besar yang digunakan untuk mencampur bahan bakunya. "Air dan gas CO2nya dicampur di dalam tabung," ungkap Mas Ber, "pada panas tinggi gas CO2nya akan larut dalam air," lanjutnya lagi. Air yang sudah tercampur tadi akan dimasukkan ke dalam botol, dan proses selanjutnya adalah menutup botol. Ada alat-alat penutup botol berwarna biru, berjejer rapi di ruangan selanjutnya yang kami datangi dan terakhir labeling.

limun oriental limun oriental pekalongan harga limun oriental pekalongan pabrik limun oriental pekalongan jual limun oriental pekalongan pabrik limun oriental kota pekalongan jawa tengah pabrik limun oriental jual limun oriental harga limun oriental rasa limun oriental sejarah limun oriental limun oriental cap nyonya


"Botolnya belinya dari mana?" Tanya salah satu peserta Famtrip, Mba Nunik blogger yang berasal dari Pemalang tapi tinggal di Jakarta. Mas bernard pun menjawab, jika botol-botol yang dipesannya didatangkan dari Kota Surabaya. Untuk pemasaran Limun Oriental sendiri sudah menyeluruh ke pulau Jawa Tengah dan Jawa Timur, selain itu dipasarkan juga ke Jakarta.

limun oriental limun oriental pekalongan harga limun oriental pekalongan pabrik limun oriental pekalongan jual limun oriental pekalongan pabrik limun oriental kota pekalongan jawa tengah pabrik limun oriental jual limun oriental harga limun oriental rasa limun oriental sejarah limun oriental limun oriental cap nyonya


Pekerja yang ada di Pabrik Limun Oriental Pekalongan, ada 13 orang dan setiap jamnya mereka mampu menghasilkan 500 botol Limun Oriental. Daebak! (Hebat). Mereka berangkat dari pukul 08.00 - 17.00 WIB dan kalau hari Jumat libur. Karena kebanyakan perusahaan-perusahaan pemasaran di Pekalongan, menjatuhkan libur pada hari Jumat. Mengingat masyarakat di Pekalongan lebih banyak umat Islam, dan hari Jumat adalah hari yang istimewa.  Tempat terakhir yang kami kunjungi adalah Gudangnya. Berjejer botol-botol limun Oriental, dengan penuh warna membuat saya ingin membawa pulang semuanya buat stok hahaha ... ditambah disajikan dengan dingin. Luar biasa kesegaran Limun Oriental sampai ke seluruh badan. Jadi kalian wajib mencoba kuliner minuman, legendaris khas Kota Pekalongan ini ya!


limun oriental limun oriental pekalongan harga limun oriental pekalongan pabrik limun oriental pekalongan jual limun oriental pekalongan pabrik limun oriental kota pekalongan jawa tengah pabrik limun oriental jual limun oriental harga limun oriental rasa limun oriental sejarah limun oriental limun oriental cap nyonya



Pabrik Limun Oriental Pekalongan


Jalan Rajawali Utara No. 15, Panjang Wetan, Pekalongan Utara. Jawa Tengah 51141.
Telepon : 0819-01470887


  • Share:

You Might Also Like

5 comments

  1. Ya ampun...masih ada pabriknya. Kalo di Bekasi mah orson udah menghilang tanpa jejak. Huhuhu padahal minuman tenar

    ReplyDelete
  2. Kok gak ada blogger pekalongan yang ikutan ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tak wakilin aku Ngga hahahha
      Lha kak Noorma ma mba Tanti nggak daftar kayaknya.

      Delete
  3. Bersejarah banget ya Limun Oriental ini. Waktu kecil saya sering mampir ke Pekalongan dan Kudus. Dan baru sekarang tahu ada pabrik minuman bersoda asli kayak gini. Semoga bisa berkunjung ke sana ya mbak :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat