MENU

Friday, 13 September 2019

Harimau Pemakan Durian | Fabel 34 Provinsi #Jambi



Harimau Pemakan Durian | Fabel 34 Provinsi #Jambi - Di provinsi Jambi, ada desa yang bernama Desa Kemingkin. Seluruh penduduk desa Kemingkin sedang gelisah dan bersedih hati. Karena banyak ternak yang hilang, beberapa minggu ini. Keadaan desanya jadi tidak aman, dan banyak yang curiga ada pencuri yang berbahaya.

buku anak sd buku anak balita rekomendasi buku anak download buku anak buku anak islami buku anak anak pdf buku anak-anak sd katalog buku anak


Kepala desa akhirnya turun tangan, untuk memberikan solusi agar ternak tidak kembali hilang dan dicuri. Penduduk desa bersepakat untuk saling berjaga bergantian di malam hari. Semuanya setuju.

Saat malam tiba, merekapun berjaga dengan wasapada. Tidak mau kehilangan ternak lagi, baik ayam, kambing, sapi dan hewan ternak lainnya. "Kresek ... kresek ..." terdengar bunyi langkah kaki dari rerumputan yang kering diinjak.

Dengan hati yang berdebar, pelan-pelan penduduk ingin memergoki siapa yang sebenarnya telah mencuri ternah penduduk. Saat berembunyi mengintai, penduduk yang berjaga memutuskan untuk menguak pencurinya. Tapi siapa sangka pencuri yang dihadapan mereka bukan, sembarangan pencuri tetapi harimau. Larilah mereka dengan cepat, karena takut diterkam.


Mereka akhirnya berkumpul lagi, mencari solusi agar ternak mereka tidak dimangsa harimau lagi. Mereka juga takut jika harimau yang memiliki gigi tajam itu, memangsa penduduk. Berdiam diri pun tidak mungkin dilakukan. Sebagai kepala desa yang mempunyai tanggungjawab, untuk melindungi rakyatnya kepala Desa puter otak. Sebuah ide pun muncul, ketika ada anak kecil yang sedang kaman durian, menaruh kulitnya berserakan dan sembarangan.

Buah Durian Menjadi Penyelamat


"Kita, kan, punya banyak pohon durian. Mengapa tidak kita usir harimau dengan durian?" kata Kepala Desa memberikan usul. Semuanya saling pandang, mereka berpikir kulit durian tersebut harus dilemparkan kepada harimau. Agar dia tidak lagi mengganggu ternak penduduk. Tetapi Kepala Desa yang bijaksana tidak mengusulkan demikian.

buku anak sd buku anak balita rekomendasi buku anak download buku anak buku anak islami buku anak anak pdf buku anak-anak sd katalog buku anak


Kulit durian digunakan untuk membentengi, kandang ternaknya. Agar beruang yang akan mencuri ternak, tidak bisa karena kulit durian yang memiliki duri-duri runcing.

Malam berikutnya kesepakatan sudah dibuat, mereka berjaga kembali untuk melihat apa harimau akan datang lagi memangksa. "Kresek ... kresek ..." bunyi langkah kaki menginjak daun kering kembali terdengar.

"Huh? Apa ini?" kata Harimau penasaran, mengendus bau menyengat dari benda berduri yang dipasang di depan pagar kandang ternak. Yang terjadi, harimau justru menjilati kulit durian dan bergumam, "Enak dan manis."

Melihat harimau yang lahap, Kepalad Desa muncul dari persembunyian dan mengajak Harimau bersepakat. Harimau yang nampak tertarik bertanya soal kulit durian. "Itu Durian. Buahnya enak dan manis. Kamu mau?" tawar Kepala Desa.

Diantarlah Harimau ke kebun Durian yang luas. Harimau sangat kaget, banyak sekali buah durian yang lezat. Dia langsung menyambar, dan menikmati buah durian. Tetapi Kepala Desa menginginkan, agar Harimau tidak mengambil hewan ternak penduduk lagi.

Apakah kesepakatan tersebut benar-benar terjadi? Maukah Harimau menepati janji agar tidak memangsa ternak penduduk? Mengingat harimau sangat menyukai buah durian. Penduduk setuju untuk memberikan sebagian panen duriannya, untuk harimau.

Dari buku anak Buku Harimau Pemakan Durian | Fabel 34 Provinsi #Jambi, Harimau tidak terlihat menyeramkan tapi justru sangat menggemaskan hehehe ... jadi buat kalian yang penasaran dengan kelanjutan ceritanya, bisa langsung deh beli Buku Harimau Pemakan Durian | Fabel 34 Provinsi #Jambi di Gramedia.com. Ada banyak seri lainnya, yang cocok dibaca untuk mengedukasi anak-anak. Happy reading!

buku anak sd buku anak balita rekomendasi buku anak download buku anak buku anak islami buku anak anak pdf buku anak-anak sd katalog buku anak


Identitas Buku Harimau Pemakan Durian | Fabel 34 Provinsi #Jambi


Judul                           : Harimau Pemakan Durian
Penulis                        : Dian K
Ilustrasi                       : Orange Nira
Editor                          : Agus Wijiyanto
Desainer                      : Astrid Arastazia
Penerbit                       : Bhuana Ilmu Populer
ISBN                           : 978-623-216-503-8
Harga                          : Rp34.000
Rilis                            : 9 September 2019
Jumlah Halaman         : 36 Halaman


Sinopsis Harimau Pemakan Durian | Fabel 34 Provinsi #Jambi



Penduduk Desa Kemingking gelisah. Hewan ternak mereka terus menghilang. Ternyata itu ulah si Harimau. Dia sudah memangsa hewan ternak para penduduk. Lalu, bagaimana cara penduduk mengusir si Harimau? Fabel 34 Provinsi terdiri dari 34 judul dengan tokoh binatang endemik dari seluruh provinsi di Indonesia. Terdapat fakta unik di masing-masing akhir cerita.

Baca juga :


IKAN SELAIS DAN KUAH BATU | FABEL 34 PROVINSI #RIAU

4 comments :

  1. Kalau dibacakan ke anak bisa seru dan memancing banyak pertanyaan ini pastinya, ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya Mba, seru baca bareng sama anak.
      Aku bacanya bareng keponakan hehehee

      Delete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat