MENU

Friday, 13 September 2019

Ikan Selais dan Kuah Batu | Fabel 34 Provinsi #Riau


Ikan Selais dan Kuah Batu | Fabel 34 Provinsi #Riau - Alkisah di daerah Riau, tepatnya di sungai Rakan, ada ikan Selais yang suka berenang ke tepian. Dia ikan yang ramah dan suka bercakap-cakap dengan orang-orang sekitar yang mencuci baju di sungai. Salah satu dari sekian banyak orang, dia paling dekat dengan Yati. Mereka sangat cocok, sering bercerita dan berbagi banyak hal.


buku anak sd buku anak balita rekomendasi buku anak download buku anak buku anak islami buku anak anak pdf buku anak-anak sd katalog buku anak
cover depan Ikan Selais dan Kuah Batu | Fabel 34 Provinsi #Riau



Yati hidup bersama dengan ibunya yang buta. Yati sudah tidak mempunyai ayah, hidupnya sangat pas-pasan dan sederhana tetapi dia tidak pernah mengeluh ataupun sedih. Ikan selais sangat senang bersahabat dengan Yati. Namun ada yang berbeda pagi ini. Yati terlihat sangat murung.

"Kamu kenapa? Sakit?" tanya Ikan Selais cemas. Tetapi Yati menggeleng lemah.
"Ibuku yang sakit."

Kemudian cerita mengalir, Yati bercerita jika tabib yang mengobati ibunya bilang jika ibunya harus makan-makanan yang menyehatkan. Sementara Yati tidak memiliki uang dan mereka hanya makan dengan kuah batu.


"Kuah batu? Apa itu?" Ikan Selais sungguh penasaran. Yati menjelaskan, karena tidak punya apa-apa dia merebus batu dengan sedikit garam. Jadilah kuah batu untuk dimakan.

Ikan Selais turut bersedih, dia ingin membantu Yati tapi dia hanyalah seekor ikan biasa. Dia bukan ikan ajaib yang bisa memberikan permata atau emas, untuk sahabatnya. Ikan Selais berpikir semalaman penuh, dia tidak bisa tidur memikirkan sahabatnya. Yati anak yang baik hati, sebagai sahabat Selais ingin memberikan hadiah untuk sahabatnya yang baik hati. Dia ingin berkorban, memberikan dirinya untuk dimasak Yati.

Yati marah dan menolak, mana bisa dia memasak sahabatnya sendiri. Ikan Selais memutar otak, mencari jalan lain untuk membantu sahabatnya. Hari demi hari berjalan, Yati tidak terlihat mencuci baju, ikan Selais jadi khawatir dan cemas sekali. Dia mendapati Nenek Siti dan Fatima. Ia bertanya kenapa Yati tidak datang, dan menceritakan semuanya.

"Pasti ada cara lain," ucap Nenek Siti dan Fatima daripada harus memasak ikan Selais. Setelah kembali berpikir dan mencari solusi untuk masalah Yati, tanpa mengorbankan dirinya Ikan Selais menemukan ide cemerlang. Dia akan meminta orang-orang yang ditemuinya di sungai, agar menyumbang makanan untuk Yati.

buku anak sd buku anak balita rekomendasi buku anak download buku anak buku anak islami buku anak anak pdf buku anak-anak sd katalog buku anak
Cover belakang Ikan Selais dan Kuah Batu | Fabel 34 Provinsi #Riau


Ikan selais berenang dan terus berenang, bertemu banyak orang. Dari bertemu ibu yang sedang mencuci, kakek yang sedang memandikan kerbau, dan pemuda yang memikul karung jagung. Mereka sungguh baik hati, memberikan bahan makanan, untuk diberikan kepada Yati. Nenek Siti dan Fatima yang mengambil sumbangan makanan tersebut, lantas mengajak ikan Selais ke rumah Yati.

Apakah yang terjadi setelahnya? Apakah Yati dan ibunya masih di rumah? Ataukah tidak? Bagaimana Yati mendapati hadiah yang diberikan oleh sahabatnya, ikan Selais? Kisah sederhana persahabatan Ikan Selais dan Yati yang mengharukan.

Di dalam buku cerita Ikan Selais dan Kuah Batu | Fabel 34 Provinsi #Riau ini, juga memaparkan keunikan yang dimiliki ikan Selais yang memiliki nama latin Ompok hypophthalmu.



buku anak sd buku anak balita rekomendasi buku anak download buku anak buku anak islami buku anak anak pdf buku anak-anak sd katalog buku anak
Serial lain Fabel 34 Provinsi #Riau 


Identitas Buku Ikan Selais dan Kuah Batu | Fabel 34 Provinsi #Riau


Judul                           : Ikan Selais dan Kuah Batu
Penulis                        : Dian K
Ilustrasi                       : E. Ramdan
Editor                          : Dinda Mustikasari
Desainer                      : Elizabeth Tirza
Penerbit                       : Bhuana Ilmu Populer
ISBN                           : 978-623-216-504-5
Harga                          : Rp34.000
Rilis                            : 9 September 2019
Jumlah Halaman         : 36 Halaman


Sinopsis Ikan Selais dan Kuah Batu | Fabel 34 Provinsi #Riau


Ikan Selais berteman akrab dengan Yati. Suatu ketika, ibu Yati jatuh sakit. Ibunya hanya bisa sembuh dengan makan makanan bergizi. Tapi, Yati tidak punya uang untuk membeli makanan bergizi. Ikan Selais ingin membantu. Namun, dia hanyalah seekor ikan. Apa yang akan dilakukannya?

Fabel 34 Provinsi terdiri dari 34 judul dengan tokoh binatang endemik dari seluruh provinsi di Indonesia. Terdapat fakta unik di masing-masing akhir cerita.

Baca juga :


MADU TERAKHIR SI BERUANG MADU | FABEL 34 PROVINSI #BENGKULU

1 comment :

  1. Aduh..duh..duh, spoilernya kurang mb🤭😄,,,semakin penasaran akuh sama cerita ini *bung tabung tabung dulu

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat