MENU

Thursday, 25 July 2019

Review Buku Lutung dan Puteri Raja | Seri Petualangan Peoni dan Neko



Review Buku Lutung dan Puteri Raja | Seri Petualangan Peoni dan Neko – Peoni dan Neko kembali membaca di ruang perpustakaan. Karena dengan membaca, bisa membawa Peoni dan Neko kemana saja. Kali ini Peoni dan Neko datang ke negeri dengan matahari cerah, saat gambar jemuran disentuh Peoni dan Neko langsung berpindah tempah di negeri yang memiliki pemandangan sangat indah.


buku anak sd rekomendasi buku anak buku anak balita buku anak islami download buku anak buku anak pdf buku anak-anak sd buku anak gramedia


Seorang gadis yang menjemur pakaian tersebut ternyata, putri kerajaan ditemani dengan dayangnya. “Hai Nak. Aku Ibu Dayang Sekar. Siapa kamu dan dari mana asalmu?” tanya dayang tersebut kepada Peoni dan Neko. Kemudian Peoni dan Neko, menjawab bahwa mereka tersesat. Peoni dan Neko diizinkan untuk tinggal.

Dari arah lain Peoni dan Neko mengamati seorang perempuan berpakaian sangat indah. Ternyata beliau adalah ratu. Ratu tidak ingin melihat putri tinggal di istana, karena putri Purbasari memiliki noda boreh hitam di seluruh tubuhnya. Maka Ratu menginginkan Putri Purbasari tinggal di hutan sementara, sampai noda borehnya hilang. Dengan diantar paman Patih, putri Purbasari menuju ke hutan.


Ibu Dayang Sekar kemudian meminta Peoni dan Neko untuk menghibur putri Purbasari. Karena ternyata ada yang dengan sengaja melakukan hal buruk kepada putri Purbasari. Selama di hutan mereka tinggal bersama, jika makanan habis dayang akan mengirimkan perbekalan kembali. Putri Purbasari ingin pulang, tapi tidak diizinkan oleh Ratu Purbararang. Padahal ratu Purbararang, hanya ratu sementara. Putri Purbasarilah yang nantinya akan menjadi Ratu di Pasir Barang ini. Sesuai dengan titah raja sebelumnya.

Peoni, Neko dan Putri Purbasari tinggal sederhana di hutan. Tertawa dan bermain bersama. Suatu hari Neko bertemu dengan lutung. Neko yang mengejar Lutung, dan Lutung yang ketakutan sehingga masuk ke dalam rumah dengan tidak sengaja. Pertemuan putri dengan lutung membuat segalanya berubah. Karena kebaikan putri lutung sering membawakan hadiah buah-buahan kepada putri, Peoni dan Neko.

buku anak sd rekomendasi buku anak buku anak balita buku anak islami download buku anak buku anak pdf buku anak-anak sd buku anak gramedia



Di suatu malam yang cerah, Lutung berdoa meminta bantuan kepada khayangan. Agar dibuatkan istana dan telaga yang indah. Karena lutung akhirnya tahu kenapa putri Purbasari memiliki badan yang penuh boreh. Tidak disangka permintaan lutung dikabulkan, putri Purbasari diminta untuk mandi di telaga itu, ajaib! Putri Purbasari borehnya hilang dan lenyap. Dia menjadis angat cantik dan menghuni istana hutan.

Iri dengki yang membunuh diri sendiri


            Mendengar ada istana di hutan dan putri Purbasarilah yang menghuni, ratu Purbararang menjadi geram dan mengajak Purbasari melaukan perlombaan. Siapa yang memiliki rambut terpanjang dan ladang terluas dialah pemenangnya. Dengan dibantu Lutung, putri Purbasari menjadi juaranya. Tidak terima ratu Purbararang mengajukan perlombaan lagi dengan seluruh rakyat Pasir Purbararang menjadi jurinya.

            Perlombaan yang harus mencari atau membawa pasangan tertampan. Ratu merasa diakan menang, dengan membawa suaminya pangeran Indrajaya. Semantara putri Purbasari hanya membawa lutung untuk mendampinginya. Siapapun pemenangnya akan menjadi ratu di kerajaan Pasri Batang selamanya. Saat akan diputuskan siapa pemenangnya, keajaiban terjadi. Lutung bisa berubah menjadi seorang manusia yang sangat tampan, dan bagaimana endingnya? Kalian bisa baca di buku Lutung dan Puteri Raja | Seri Petualangan Peoni dan Neko.
            Kisah menyenangkan untuk dibaca, bisa memberikan pemahaman kepada anak untuk selalu berbuat kebaikan. Tidak boleh iri kepada orang lain dan melakukan perbuatan buruk. Karena semua perbuatan, pasti akan kembali kepada dirinya. Selamat membaca!


Keterangan Buku Lutung dan Puteri Raja | Seri Petualangan Peoni dan Neko


Judul               : Lutung dan Puteri Raja | Seri Petualangan Peoni dan Neko
Penulis            : Renny Yaniar
Ilustrasi           : Cecillia Hidayat
Editor              : Ramayanti
Penerbit           : Gramedia Pustaka Utama
Terbit              : October 2018
Tebal               : 22 halaman


Sinopsis Lutung dan Puteri Raja

Peoni dan Neko adalah dua sahabat yang tak terpisahkan. Peoni tinggal di rumah kakek dan neneknya. Di rumah Kakek ada perpustakaan yang berisi ribuan buku. Kakek, Nenek, Peoni, dan Neko senang membaca di perpustakaan. Suatu hari Peoni dan Neko menemukan buku dongeng ajaib. Saat mulai membaca dan menyentuh gambar yang bergerak di buku, mereka terlontar dan bertemu dengan lutung dan putri raja. Ayo, baca petualangan Peoni dan Neko yang sangat mengasyikkan.

No comments :

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat