Tuesday, 21 August 2018

Sekoteng Pak Woh Generasi Baru dari Sekoteng Pak Wan Pekalongan



Sekoteng Pak Woh Generasi Baru dari Sekoteng Pak Wan Pekalongan - Di terik siang yang panas, enaknya nyari yang dingin dan segar ya kan? Apalagi kalau masuk tenggorokan pastinya 'mak nyus'. Atas sumber sahabat baik saya yang asli Pekalongan, Gita namanya. Yang demen kulineran sampe pelosok-pelosok Pekalongan, dia jagonya. Dari Gita pula, saya kenal yang namanya sekoteng Pak Wan, yang mana sekarang generasi barunya bernama Pak Woh.


sekoteng pekalongan resep es sekoteng pekalongan es sekoteng pekalongan sekoteng pak wan pekalongan


Dalam benak saya, sekoteng itu sama dengan wedang ronde. Yang biasa disajikan dengan panas maupun dingin, tergantung kita yang mau meminumnya. Pun dalam wikipedia bilang, sekoteng adalah minuman asli Jawa Tengah yang rasanya seperti air jahe, dan dihidangkan dengan kondisi panas. Setelah saya menyambangi sekoteng Pak Woh ini, barulah rasa penasaran saya soal sekoteng Pekalongan sirna.

Sekoteng Pekalongan

Setiap kota pastinya memiliki ciri khas tersendiri, dalam hal kulinernya. Pasti berbeda-beda dari satu tempat ke tempat lainnya. Apalagi Indonesia tercinta ini, keragaman budaya kulinernya banyak. Salah satunya sekoteng ini, di Pekalongan sekoteng tidak disajikan dengan hangat pun beraroma rempah jahe. Sekoteng di Pekalongan, berupa minuman yang segar dengan perpaduan banyak bahan. Penampakkannya berwarna pink muda, karena ada sirup, es dan susu. Sementara isiannya, berupa roti tawar, roti marie dan misua.

sekoteng pekalongan resep es sekoteng pekalongan es sekoteng pekalongan sekoteng pak wan pekalongan


“Itu apa sih yang putih? Keju?” Komentar sahabat saya via whatsApp chat.

Iku opo si?” komentar bu dosen cantik, juga via whatsApp chat.


Beberapa teman saya yang lain mengira misua ini adalah parutan keju, padahal bukan. Misua adalah mi yang berbentuk halus, laiknya mi biting. Tapi misua berwarna putih, dan terbuat dari tepung terigu. Awalnya dia mengeras, tetapi setelah didiamkan beberapa lama dalam lautan esnya akan jadi lembek. Rasanya yang tawar jadi manis, seperti roti tawar yang jadi manis ketika tercampur dengan segarnya sirup dan susu. 

Dari cerita mulut ke mulut, sekoteng Pak Wan sudah ada semenjak tahun 1989, dan sekarang sudah berpindah generasi oleh penerusnya adalah Pak Woh. Dari generasi sebelum-sebelumnya, tidak dipungkiri sekoteng Pak Woh memiliki banyak pelanggan yang wara-wiri. Tidak hanya orang tua saja, tetapi menyeluruh dari orang dewasa juga anak abege yang saya lihat kemarin.

Cita rasa sekoteng Pak Woh Pekalongan

Sekoteng bukan singkatan dari 'nyokot weteng' ya, hehehe ... tapi sebenarnya berasal dari bahasa Hokkian, 'su ko thung'. Tidak beda jauh ternyata dengan bahasa Hongkong (Cantonese), 'Se kwo thong', yang berarti soup empat buah. Dan orang Indonesia sukar untuk melafalkannya, jadilah sekoteng hahaha ...

Cita rasanya sendiri kurang lebih sama dengan kuah dari es campur, yang membedakan isiannya saja. Selain itu uniknya itu menggunakan misua, jadi penampilannya begitu memikat saat disajikan. Apalagi segarnya pas cuaca panas, sekoteng jadi idola banget ini. Kalau di tempat kalian ada sekoteng juga? Bagaimana isiannya dan kuah soupnya sekoteng terdekat di kotamu, apa sama dengan yang ada di Pekalongan?

sekoteng pekalongan resep es sekoteng pekalongan es sekoteng pekalongan sekoteng pak wan pekalongan


Kalau kalian mau mampir ke sekoteng Pak Woh, boleh banget. Sekoteng Pak Wan atau Pak Woh, berada di Jl. Kenanga, Klego, Pekalongan Timur. Kota Pekalongan. Lokasinya sangat sederhana, warung makan tempo dulu modelnya. Tenang aja peta lokasi google mapnya ada kok. Selain ada sekoteng, di Pekalongan juga ada makanan khas lain seperti ayam karang menanci dan cemilan capret cap raden.

Semakin kita mengenali kuliner dari daerah sendiri, maka akan semakin kita menyadari betapa tanah kita Indonesia memiliki banyak hal yang bisa dibanggakan. Selain itu kita juga bisa mengenalkan kepada orang lain dan kepada anak cucu kita nantinya. Salam!

sekoteng pekalongan resep es sekoteng pekalongan es sekoteng pekalongan sekoteng pak wan pekalongan
Maaf agak blur


9 comments:

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat