Monday, 26 February 2018

Pengaruh Lampu Menyala saat Tidur



Pengaruh Lampu Menyala saat Tidur  - Setiap orang pasti memiliki suasana favorit, saat tidur. Misalnya dengan jendela terbuka, atau tertutup. Ada juga yang suka tidur dengan kipas angin dan tidak. Ada yang suka dengan menyalakan lampu karena takut gelap, ada juga yang nggak bisa tidur ketika lampu menyala terang.


lampu menyala tidur  tidur lampu menyala lampu menyala saat tidur malam lampu menyala saat bayi tidur bahaya lampu menyala saat tidur malam pengaruh lampu menyala saat tidur manfaat lampu menyala saat tidur tidur lampu menyala gemuk akibat lampu menyala ketika tidur tidur lampu menyala penyebab kanker tidur lampu menyala kanker efek lampu menyala ketika tidur penyebab lampu menyala saat tidur tidur lampu menyala atau mati tidur dengan lampu menyala bikin anak depresi bayi tidur dengan lampu menyala atau mati tidur yang baik lampu menyala atau mati tidur lampu menyala bikin gemuk tidur dengan lampu menyala bikin gemuk tidur dengan lampu menyala bikin cepat gemuk tidur dengan lampu menyala berbahaya bahaya tidur lampu menyala apakah tidur dengan lampu menyala berbahaya bayi tidur lampu menyala efek tidur dengan lampu menyala bagi kesehatan


Dan tahukah kamu teman, kalau lampu nyala waktu kita tidur kurang baik. Soalnya kerja hormon melatonim dalam otak, jadi tidak maksimal. Hormon melatonin ini memiliki fungsi mengontrol waktu tidur, biar seseorang merasakan kantuk. Kalau lampunya nyala, otak jadi bingung ini masih siang atau sudah malam. Coba, dipraktikkan mematikan lampu ketika tidur.

Kualitas tidur kurang dengan lampu menyala

Pernah nggak ngerasain waktu mata terpejam, eh samar-samar ada cahaya yang masuk pada bola mata? Nah, ini dia yang bikin tidur kita jadi nggak nyenyak. Waktu yang harusnya buat tidur, terjaga karena lampu menyala. Kualitas tidur jadi kurang, dampak yang terjadi siang harinya kita gampang lemes dan ngantuk.

Tidak hanya sel-sel kulit yang meregenerasi ketika malam hari, tubuh pun melakukan metabolisme pada malam hari. Kualitas tidur yang sempurna, membuat internal tubuh kita juga bekerja dengan maksimal. Tidur nyenyak termasuk indikasi, kalau kita ini sehat dan bahagia lho!

Memicu datangnya berbagai penyakit

Ada penelitian yang mengungkapkan, bahwa cahaya lampu ketika tidur bisa menyebabkan datangnya kanker. Dibuktikan dengan penelitian orang kerja yang masuk shift malam, pada pria memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker prostat. Sementara untuk wanita adalah kanker payudara, setelah diteliti lebih jauh itu karena tingkat rendah dimiliki oleh penyandang tunanetra. Melatanin akan membantu tubuh manusia terkena radikal bebas, dalam keadaan gelap.

Akali dengan lampu tidur

Saya juga termasuk orang yang takut gelap ketika tidur, tapi dengan mengakali menggunakan lampu tidur dan dibuat redup Alhamdulillah jadi lebih baik. Fakta yang saya rasakan ketika lampu menyala, ketika tidur perasaan jadi lebih gerah. Eh, ketika lampu saya matikan udara jadinya kok lebih adem ya? Ternyata mematikan lampu termasuk, salah satu cara mencegah pemanasan global yang terjadi pada bumi kita yang menua ini.

Yang paling kerennya, mematikan lampu saat tidur membuat kita lebih hemat listrik hehehe ... pembayaran rekening listrik jadi lebih irit bukan? Soalnya waktu kita bobok cantik, lampu yang menyala nggak menerangi apapun.

Salam

15 comments:

  1. Aku ga bisa tidur dengan lampu menyala, tapi semenjak punya baby harus bisa dan jdi terbiasa. Aku juga pernah tau info kalau tidir dengan lampu menyala bisa mengganggu diet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba, iya bisa menganggu diet seseorang. Aku sebenarnya juga nyaman lampu yang mati

      Delete
  2. Wah sangat bermanfaat tulisan ini. Kadang saking ngantuknya sampe lupa matikan lampu huhu. Anakku, aku biasakan tidur dengan lampu redup. Kalau gelap banget dia gak mau. Akhirnya sampe sekarang lampu 5watt jadi andalan kalo tidur. Kapan2 dicoba lagi deeeh, tidur dalam kondisi gelap. Aku ngerasanya emang beda siih klo tidur dengan kamar gelap, pas bangun jadi lebih seger. Daripada ketika tidur lampu nyala sampe pagi.

    ReplyDelete
  3. Aku kalau tidur sendiri gak pernah matiin lampu mba karena takut. Tapi, kalau tidur ada temennya justru aku selalu minta dimatiin lampunya haha. Aneh ya :p

    ReplyDelete
  4. aku juga tidur dengan lampu dimatikan, anak-anak alhamdulillah cocok

    ReplyDelete
  5. Iya gak cocok nih buat kesehatan, dulu sempat gak bisa tapi lama-lama terbiasa

    ReplyDelete
  6. Kami ada lampu tidur malah ga dipakai. Anak suka karena bentuknya aja lucu katanya hehehe...

    Sebagian lampu kalau malam dan tidur memang kami matikan. Satu saja yang nyala di ruang utama.

    ReplyDelete
  7. Duluu aku tdr gk bs gelap2an, skrg sih oke. Malah merasa gk.bs tdr klo terlalu terang

    ReplyDelete
  8. Saya lebih suka lampu dimatiin sayangnya pak suami lebih suka terang tapi kalau dia udah tidur baru aku matiin lampunya

    ReplyDelete
  9. aku kebetulan tipe yang gabisa tidur banget kalo lampu nyala :(

    ReplyDelete
  10. Aku bisa tidur dua duanya, tapi selama ini seh tidurnya pake lampu tidur.

    Kalau ibu aku yang gak bisa tidur kalau terlalu gelap (lampu tidur masih hitungan gelap bagi dia) jadi gak bisa tidur bareng, hahaha

    ReplyDelete
  11. Aku malah udah ga pernah nyalain lampu saat tidur, udah enak dimatiin, lebih tenang.

    ReplyDelete
  12. Dulu saya selalu tidur dengan lampu menyala, krn sebaliknya, ngrasa sesek nafas kalau gk ada cahaya. Begitu menikah kebiasaan berubah jd ngikut suami, lampu mati hehe. Cuma jendela dibuka biar cahaya lampu teras masuk :D

    ReplyDelete
  13. Aku semenjak punya anak, tidur selalu dalam keadaan lampu padam.
    Ternyata bikin baby lebih anteng istirahat malamnya.

    Alhamdulillah...

    ReplyDelete
  14. Oh jadi benar ya sebaiknya tidur dengan lampu mati atau lampu redup. Ternyata berefek pada kesehatan.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat