Tuesday, 25 July 2017

Bahagia Dulu atau Sukses Dulu?

Bahagia Dulu atau Sukses Dulu


Nyipenengah.com - Bahagia dulu baru sukses atau sukses dulu baru bahagia? Disadari atau tidak, banyak sekali orang mengejar sukses tanpa menyadari jika sukses itu ialah akibat dari sebuah proses. Banyak yang melihat seseorang hanya dari kesuksessan luar, tanpa mengetahui bagaimana proses meraih kesuksesan tersebut.

Ada harga yang harus dibayar dari sebuah kesuksesan yang diraih seseorang, yang jarang sekali diketahui orang.  Ada banyak sekali air mata yang terjatuh, tekanan kanan dan kiri, cacian dan hinaan orang, keringat dan bahkan kebangkrutannya dalam berbisnis. Banyak yang ingin sukses, tapi nggak mau merasakan proses susahnya dulu.

Coba ingat-ingat, ketika kita mendaki sebuah gunung. Melelahkan, capek, haus, kaki pegal-pegal, ngos-ngosan napas bahkan hampir menyerah, "Udah ah ... aku udah nggak kuat!" Tetapi saat kita melanjutkan hingga sampai ke puncak apa yang bisa kita rasakan? Pemandangan yang indah itu membayar lunas semua keringat dan kelelahan kita. Pemandangan itu membuat kita takjub, betapa besarnya kekuasaan Allah. Keringan tidak pernah berkhianat bukan?

Setiap orang memiliki makna sukses yang berbeda, ada yang melihat dari segi dinansial, ada yang melihat dari sisi spiritual juga sosial. Ingat, jangan bandingkan dirimu dengan orang lain. Tetapi, bandingkan dirimu hari ini dengan dirimu yang kemarin. Sukses ialah proses perubahan yang terus menerus untuk menjadi lebih baik lagi dan lagi.

Manusia memang tidak pernah merasakan puas, ingin ini dan itu, ingin terus dan terus, tetapi kita harus memiliki perasaan bersyukur. Karena bersyukur akan membuat kita lebih gampang, untuk bahagia disegala kondisi bagaimanapun. So, pandai-pandailah mengolah hati untuk bisa lebih bersyukur, di tengah perjalanan menuju kesuksesan.

Jika kita menyadari segala kondisi yang terjadi pada diri kita, kebahagiaan tidak akan berpengaruh dari segala tetek bengek yang membuat kita merasa jatuh dan mengeluh. Saya sendiri juga kadang begitu, mengeluh dengan apa yang nggak bisa diraih atau ambisi yang belum terpenuhi. Tapi kapasitas bersyukur dan bahagia kalau sudah kita, pegang kuncinya ya kebahagiaan itu sendiri ada dalam diri kita. Apalagi dengan rasa syukur yang kita punyai ini, hidup menjadi begitu seimbang. Bahagia sudah kita punya, sukses pun iya dan menjadi kaya pula. Dimana lagi selain itu enaknya?

Karena sejatinya sukses belum tentu bisa membuat seseorang bahagia. Sebab banyak sekali yang telah mencapai kesuksesan dan banyak hal, namun masih saja kurang, masih saja mengeluh. Bahgia ternyata syaratnya mudah bukan? Rasakan dari dalam rasa syukur itu, sadariah bahwa masih banyak yang kurang beruntung daripada kita, tetapi mereka jarang sekali mengeluh. Sesederhana itulah kebahagiaan. Nggak perlu sukses dulu baru bahagia, tetapi awali segalanya dengan hati yang bahagia.

Jadi rumusnya; hati yang bahagia didapatkan dari rasa syukur, rasa syukur timbul dari kesadaran diri kita.

Kalau kita mikirnya kebahagiaan yang kita lihat dari orang lain ya susah, "Enak banget sih, jadi dia!" Pemikiran kita akan menyempit, karena hanya melihat dari luasnya hidup orang lain. Jangan sampai hal ini dibiasain, justru bisa saja kebahagiaan sejati untuk kita akan pergi karena kita tidak menyadari. Mari kita awali semuanya dan perbaiki segala hal dari dalam diri dulu, misalnya sholat 5 waktu kita yang masih telat mulai kita tepatkan. Ikhtiar dan amalan yang sering bolong, mulai dirutinkan, dan segala hal kita serahkan sepenuhnya kepada Sang Maha Pemberi Kehidupan.

Ingat, Allah akan selalu memberikan kita berkah dari setiap cobaan yang mampu kita lalui. Allah akan menjatuhkan pelangi, selepas badai hujan, senyum dalam setiap tangisan dan jawaban dari setiap doa-doa yang terpanjat. Mau bahagia dulu atau sukses dulu?

Salam

9 comments:

  1. Amin.. bener, syukur adalah wujud keakuan kita dalam hidup ini.

    ReplyDelete
  2. Sukses dulu bahagia kemudian kak kalau aku pengennya gitu.

    ReplyDelete
  3. Sukses itu relatif. Tiap orang mempunyai pengertian berbeda tentang arti sukses. Kalau aku sih, ciptakan bahagia dalam hidup, disyukuri, maka kesuksesan akan menghampiri

    ReplyDelete
  4. Berarti tetap, bahwa kunci bahagia adalah rasa syukur maka kesuksesan akn menyertai

    ReplyDelete
  5. suka kata-katanya yang ini jangan bandingkan dirimu dengan orang lain. Tetapi, bandingkan dirimu hari ini dengan dirimu yang kemarin! noted banget mba

    ReplyDelete
  6. Disyukuri, dijalani dan dinikmati, maka kebahagiaan dan kesuksesan akan tercipta beriringan 😊

    ReplyDelete
  7. Bahagia itu boleh jadi seperti pakaian dalam. Mau semahal apapun, semurah apapun, senyaman apapun (maaf) celana dalam kita, maka hanya kita yg tahu. Orang lain tidak. Maka mau bahagia atau tidak, senang atau sedih, yakin atau tidak kita ini sedang bahagia atau pura-pura, sejatinya kita jugalah yg tahu.
    Nah, jika kita suka pamer ini-itu, boleh jadi, kita sedang sibuk pamer celana dalam kita.
    --Tere Liye

    Heheh ngutip si novelis favorit kwkwkw

    Mba follow balik yaa, saya udah follow blog mba

    ReplyDelete
  8. Bersyukur dengan kesuksesan yang sudah diraih. Aku rasa itu cara sederhana untuk bahagia ��

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat