Friday, 12 May 2017

Panggung Sastra Antologi Pendhapa 20


Panggung Sastra Antologi Pendhapa 20


Nyipenengah.com - Panggung Sastra Antologi Pendhapa 20 ini, menjadi pamungkas sekaligus launching buku Cahaya dari Kebun Kata. Dalam buku Cahaya dari Kebun Kata, berisikan 60 puisi dari 15 penyair dengan tema yang sangat beragam.

Acara yang digawangi oleh Pelataran Sastra Kaliwungu (PSK), yang diadakan di Pendhapa Kecamatan Kaliwungu berlangsung meriah pada Rabu, 10 Mei 2017. Selain ke-15 penyair, turut serta siswa-siswi dari sekolah Menengah, guru SMA, Dosen, penggerak literasi, beberapa anggota komunitas film, komika, volunteer OS, tekhnopreneur muda dan lain-lain nampak hadir menyemarakkan suasana.

Panggung Sastra Antologi Pendhapa 20


Meski saya bukan penyair tulen, tetapi saya bangga dengan ke-15 penyair jebolan Jawa Tengah. Menariknya seratus orang yang hadir di awal, akan mendapatkan bukunya secara gratis. Siapa sangka ternyata, antologi 'Cahaya dari Kebun Kata' ini adalah hasil dari kerjasama Komunitas Pelataran Sastra Kaliwungu dengan Taman Budaya Jawa Tengah.

Satu persatu penyair membacakan karyanya, ada gemetar dan geletar ketika mendengarkan syair-syair itu dibacakan langsung oleh penyairnya langsung. Acara bertambah seru ketika bedah buku dilaksanakan. Moderator pengisi malam itu adalah mas Farhan Satria dan pembicara Widyanuari Eko Putra. Bahkan bu Ani guru dari SMK Skanifo, mengajukan pertanyaan yang membuat seisi ruangan terbahak-bahak dengan logat bicaranya.

Panggung Sastra Antologi Pendhapa 20

 Taman Budaya Jawa Tengah.

           
"Puisi yang berkualitas itu seperti apa sih? Menurut saya, kalau saya mendengarkannya seneng, berarti itu puisi yang bagus," ungkap bu Ani dengan aksen logat yang lucu.

Pertanyaan demi pertanyaan bergulir, keseruan dan antusiasnya semakin terlihat. Suasana semakin hidup meski larut menjelang, saya merasa bangga dengan ke -15 penyair pantura Jawa Tengah ini dan juga orang-orang yang datang untuk mengapresianya.  Kalau bukan kita siapa lagi bukan?

 Taman Budaya Jawa Tengah.

Jika anda ingin mendapatkan buku Cahaya dari Kebun Kata, silakan langsung menghubungi mas Bahkrul Ulum LK selaku Presiden dari Komunitas Pelataran Sastra Kaliwungu.
No HP : 0856-4140-2250.


Pelataran Sastra Kaliwungu.

8 comments:

  1. POstingannya pun penuh dengan kata kata, Tak pelak sampai bisa meghanyutkan pembaca kedalam suasana yang digambarkan dalam rangkaian kata kata dalam postingan ini

    hehe, ikut ikutan merangkai kata. Aku sendiri belum pernah hadir diacara seperti ini Nyi, Pernah dulu baca Geguritan sastra jawa waktu SD hehehehehe
    Keren banget semangat pemuda pemudi Kaliwungu dalam melestarikan sastra

    ^_^

    ReplyDelete
  2. Aku jg suka merasakan hal yg sama mba. Malah aku bkn penyair, tp klo ada tmn atau org dr daerah yg sama berhadil bikin karya, entah sastra atau bkn, pasti ikut bangga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Noe, saling support dan berkarya selalu. Melalui media apapun itu.

      Delete
  3. Dulu waktu kuliah suka bngt nonton yg spt ini mba... suka sama rangkaian kata2nya... prnh kpingin mau jd pnulis scenarionya... skrg dh gk sm sekali kangen bngt padahal tks mba.. sdkt trobati

    ReplyDelete
  4. Asik ya kalau ada komunitas sastra sehingga banyak anak muda juga yang tertarik ya mba

    ReplyDelete
  5. acaranya keren nih Nyi. Menggandeng siswa siswi supaya makin cinta literasi dan sastra

    ReplyDelete
  6. huhu kalo udah denger kata antologi & sastra aku langsung teringat sesuatu,..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat