Semangat Orang Muda Indonesia Terhadap Perubahan Iklim

Semangat Orang Muda Indonesia Terhadap Perubahan Iklim - Masalah perubahan iklim sebenarnya sudah ada solusinya. Dan solusi ini sudah banyak dibagikan di media sosial yang menunggu untuk dibagikan secara masif oleh pengguna kanal sosial.


Semangat Orang Muda Indonesia Terhadap Perubahan Iklim
Semangat Orang Muda Indonesia Terhadap Perubahan Iklim


 

Kanal sosial yang saat ini banyak digunakan oleh generasi muda Indonesia. Sebenarnya tak hanya bermanfaat untuk ajang eksistensi saja. Tapi, juga bisa dijadikan syiar terkait perubahan iklim dan solusinya.

 

Karena itu, menjadi bagian dari generasi muda yang ikut menyebarkan informasi terkait solusi dari perubahan iklim. Merupakan pilihan utamaku. Seperti beberapa hari lalu saat saya mengikuti pertemuan daring dengan generasi muda yang peduli #UntukmuBumiku.

 

 

Fokus Pada Solusi Perubahan Iklim

 

 

Setiap masalah sebenarnya memiliki solusi. Dan generasi muda Indonesia ini sudah memiliki solusi yang bisa didukung oleh masyarakat agar solusi ini bisa diterapkan dalam sistem.

 

Apalagi perubahan iklim yang sudah sangat mengkhawatirkan. Membuat banyak orang skeptis sebab penerapan yang dilakukan pemerintah seringnya tidak sejalan dengan perlindungan lingkungan.

 

Contohnya pembatasan penggunaan kantong sampah plastik, ini menggunakan solusi dengan penggunaan tas totebag ini justru mendatangkan masalah baru. Yaitu penumpukan tas totebag yang entah mau seperti apa dan bagaimana diolahnya. Masalah yang ada justru banyak pembeli yang lupa membawa kantong belanja sendiri dan membuat mereka harus membelinya lagi dan menumpuknya di rumah.

 

Solusi dari pemerintah lainnya yang tidak sejalan dengan lingkungan adalah alih fungsi lahan yang tadinya merupakan hutan menjadi lahan untuk pertanian seperti kelapa sawit. Ini bukan solusi meskipun mendatangkan nilai ekonomis. Sebab, deforestasi inilah yang mengakibatkan iklim berubah terlampau cepat dan mengkhawatirkan.

 

 

Semangat Anak Muda Indonesia

 

 

Semangat Orang Muda Indonesia Terhadap Perubahan Iklim
Semangat Orang Muda Indonesia Terhadap Perubahan Iklim


Bersama #EcoBloggerSquad beberapa waktu lalu saya mendapat informasi baru terkait gerakan-gerakan yang diinisiasi anak muda Indonesia yang berkaitan dengan lingkungan dan perubahan iklim. Apa saja gerakan tersebut?

 

1. Eathink Movement

 

Sebuah gerakan yang digagas oleh Jacqueline bersama teman-temannya untuk mengedukasi mengenai makanan yang sehat tapi juga ramah lingkungan. Ternyata tidak semua makanan yang tampak sehat ini ramah lingkungan. Ada beberapa hal yang dibahas Jacqueline seperti memilih makanan untuk diet yang ramah lingkungan.

 

Dibahas juga untuk pemilihan makanan yang sehat tentu tak hanya mendatangkan generasi yang sehat. Tapi, juga lingkungan yang sehat. Sebab, proses pengolahan makanan tersebut tidak menggunakan energi yang berlebihan juga menggunakan bahan serta produksi yang tetap baik untuk lingkungan.

 

2. Skelas Siak

 

Ini adalah program para pemuda dan pemudi di Siak, Riau. Mereka sepakat untuk mengedukasi UMKM di Siak melalui program dan inkubasi usaha agar produk mereka tak hanya bisa bersaing secara global tapi juga tetap ramah lingkungan.

 

Program yang mereka jalani bertempat di sebuah benteng tua bekas Belanda. Di sanalah mereka memulai gerakan yang saat ini sudah banyak mendampingi UMKM untuk inovasi produk dan usaha mereka. Sehingga produk UMKM Siak bisa bersaing secara sehat dan banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

 

3. Trend Asia


trend asia

Trend Asia



 

Merupakan wadah dan gerakan untuk informasi mengenai penerapan sumber energi terbarukan. Issue yang paling utama melanda di Indonesia adalah masih digunakanannya sumber energi fosil yang justru merusak lingkungan. Apalagi, isu terbaru yaitu pengalihan energi dengan membangun lahan untuk pembuatan sumber energi, yang nantinya akan mengakibatkan deforestasi besar-besaran.

 

Padahal, sumber energi terbarukan di Indonesia ini sangat berlimpah. Tinggal dipakai dan memaksimalkan penggunaannya sehingga tak perlu lagi mengambil alih lahan hutan yang sudah semakin sedikit.

 

Bersama ketiga orang muda Indonesia, mereka memberikan solusi yang bisa didukung oleh kita dengan cara membagikan konten-konten mereka kepada khalayak agar pesan dan solusi ini sampai ke masyarakat luas. Kemudian, kita juga bisa ikut membeli produk UMKM yang ramah lingkungan demi keberlangsungan lingkungan yang sehat.

Postingan Terkait

14 komentar:

  1. Bangga sekali dengan generasi muda Indonesia yang punya kesadaran lingkungan tinggi. Semoga ide-ide kreatif mereka bisa bermanfaat secara luas dan menggerakkan lebih banyak orang untuk makin peduli pada kelestarian lingkungan.

    BalasHapus
  2. Keren ya anak-anak muda yang masih peduli dengan lingkungan, kabar baik untuk Indonesia di masa depan.

    BalasHapus
  3. Setuju Nyi
    Sebagai orang tua, Halah... Maksudnya ya di atas usia 40 (gak termasuk muda kan?) Sangat mendukung aksi orang muda ini
    Meski hanya bisa menyampaikan pesan dan campaign nya, semoga saja semakin banyak hati tergerak untuk mensukseskan program kelestarian alam dan lingkungan ini ya

    BalasHapus
  4. Ya sangat mendukung semangat pemuda untuk bisa berkontribusi untuk kelestarian alam dan lingkungan.

    BalasHapus
  5. Orang muda adalah generasi penerus bangsa
    Akan sangat baik bagi masa depan bumi, jika orang mudanya peduli pada perubahan iklim

    BalasHapus
  6. Semangat orang muda masya allah ya. Aku senang sekali jika isu lingkungan ini menjadi concern orang muda sekarang. Artinya mereka sadar bahwa ini merupakan investasi jangka oanjang merkra

    BalasHapus
  7. Mereka anak-anak muda yang keren. Yang langsung menerapkan apa itu menjaga bumi tak sekedar koar koar di media

    BalasHapus
  8. Semangat orang muda terhadap kepedulian pada lingkungan seharusnya terus ditingkatkan ya. Mengingat perubahan iklim dan pemanasan global masa kini. Semoga kita bisa memulai, bahkan meski dari yang kecil.

    BalasHapus
  9. Ternyata sudah cukup banyak ya movement yang diinisiasi anak muda untuk kelestarian lingkungan kita. Semoga semakin banyak program-program seperti ini di sekeliling kita agar bisa dijangkau oleh masyarakat luas dan dampaknya pun kian terasa.

    BalasHapus
  10. Semakin termotivasi untuk terus bergerak menjaga lingkungan demi kebaikan bersama.
    Btw, aku hari ini menyaksikan pemandangan yang gak ngenakin banget tentang sampah. Dan masalah sampah di Bandung ini memang bener-bener menyedihkan.

    Ayok, bersama kita berubah dengan apa yang bisa kita lakukan.

    BalasHapus
  11. Ternyata banyak komunitas dan gerakan dalam rangka menjaga bumi ya. Aku kurang gaul berarti karena baru tahu sekarang. Semangat untuk Indonesia

    BalasHapus
  12. Daku selalu salut dengan komunitas yang fokus untuk menjaga bumi karena memang tak banyak yang fokus pada hal tersebut. Sehingga generasi muda itu harus pro terhadap lingkungan yaa.

    BalasHapus
  13. Salut dengan gerakan yang dilakukan generasi muda saat ini, saya baru tahu komunitas-komunitas tersebut, aksi nyatanya berdampak besar ya
    kalau bukan kita siapa lagi yang akan menjaga bumi

    BalasHapus
  14. memang seharusnya sih dari dalam diri kita sendiri juga selalu mengupayakan untuk bisa melakukan hal-hal yang bisa menjaga lingkungan ya, mbak kayak memilah sampah, tidak banyak berbelanja pakaian karena bisa jadi sampah fashion dan hal lainnya

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat