Cara Mengatasi Flu Saat Hamil


Cara Mengatasi Flu Saat Hamil - Flu saat hamil trimester 2, flu saat hamil trimestri 1, dan flu saat hamil trimester 3 sama-sama nggak enaknya. Lha wong flu saat nggak hamil aja nggak enak, apalagi sedang berbadan dua ya kan?


Flu saat hamil trimester 2, flu saat hamil trimestri 1, dan flu saat hamil trimester 3
Cara Mengatasi Flu Saat Hamil


 

Dan biasanya flu datangnya nggak sendirian, tapi juga batuk, pilek, radang tenggorokan juga mengikuti serta. Akhirnya bumil nggak nyaman segala-galanya. Mau makan nggak enak, mau tidur nggak nyaman karena bampet hidung, lemas, dan lain sebagainya. Padahal janin dalam rahim sedang butuh nutrisi yang cukup, tapi karena ibu nggak enak badan jadi nggak tercukupi. Jangan sampai mager lho ya, ingat calon bayi kita dlam perut.

 

Berbekal pengalaman hamil anak pertama, saya ingin sharing bagaimana cara mengatasi flu saat hamil. Tapi ini dengan cara alami tanpa obat, cukup menggunakan salep saja. Eh ... tapi salep obat bukan ya? Hehehe ... kalau obat termasuk kategori yang harus diminum, berarti salep bukan dong ya? Nah salep dan cara alami apa yang saya lakukan? Baca sampai selesai ya!

 

 

Cara Mengatasi Flu Saat Hamil dengan Sederhana

 

Mengapa saya tidak merekomendasikan ibu hamil minum obat ketika mendapati sakit flu atau pilek? Karena ibu hamil tidak boleh sembarangan minum obat, yang bisa berakibat kepada kondisi janin.

 

Tapi kalau flunya disertai pusing, boleh lho mengonsumsi paracetamol karena itu obat teringat untuk ibu hamil maupun menyusui. Nah, sekarang saya mau sharing mengatasi flu untuk ibu hamil, tanpa bantuan obat.


Mengonsumsi air hangat

 

Cairan penting sekali dikonsumsi untuk ibu hamil, selain agar ketubannya banyak cairan juga diperlukan agar tubuh ibu hamil tetap fit. Yang sehat aja 8 gelas sehari, apalagi ibu hamil ya kan? Ada janin di dalam perut justru harus minum lebih banyak.

 

Dengan mengonsumsi air hangat ini, hidung yang mampet bisa membuat lendir yang ada di dalam encer lho. Air putih hangat juga bisa membuat keadaan tenggorokan, batuk, kedinginan,  maupun kelelahan juga membaik.


Flu saat hamil trimester 2, flu saat hamil trimestri 1, dan flu saat hamil trimester 3
Flu saat hamil trimester 2


Mengonsumsi buah nanas

 

Percaya nggak percaya dengan mengonsumsi buah nanas dapat meredakan batuk atau pilek yang meyerang kita, termasuk ibu hamil. Kenapa bisa begitu? Ternyata pada buah nanas itu, ada kandungan mukolitik yang bisa mengencerkan saluran pernapasan. Tapi untuk ibu hamil buah nanas ini tidak boleh kebanyakan ya, cukup misalnya satu atau dua iris masih boleh lah ya.

 

Keluarga teman saya, kalau batuk menyerang langsung pada makan nanas. Termasuk anak-anaknya yang masih balita. "It's work!" kata dia.

 

Mengonsumsi kunyit

 

Tahu kan kunyit? Yang berwarna kuning baisanya untuk campuran bikin nasi kuning? Nah, kunyit ini bisa juga mengatasi flu, batuk, radang, dan pilek. Cukup diparut dan ambil sarinya, lantas diminum. Kalau nggak suka, akalin dengan dicampur air putih hangat juga tidak apa-apa. Karena parutan kunyit ini emang sudah turun-temurun berkhasiat mengobati gejala batuk dan pilek.

 

Keluarga istri adik saya mengonsumsi kunyit kalau ada keluarga yang bapil, termasuk balita juga boleh. Tapi takarannya berbeda ya.

 

Menggunakan jaket dan kaos kaki

 

Biasanya yang kena flu, batuk, pusing, pilek, juga merasakan nggak enak badan dan kedinginan. Maka memakai jaket adalah pililhan tepat, dan gunakan kaos kaki sebagai alas. Saat mau tidur saya mengatasi bapil saya menggunakan jaket dan kaos kaki, keadaan jauh lebih baik daripada tidak menggunakan sama sekali.

 

Menggunakan salep vicks

 

Produk Vicks yang dioles ini sangat membantu saya ketika batuk dan pilek. Saya mengoleskan di leher, tangan, pungguh, kepala, di atas hidung, telapat kaki, dan yang dirasa perlu. Allhamdulillah dengan menggunakan produk vikcs tersebut bapil dapat mereda. Tapi ini cocok-cocokkan ya, nggak bisa disamaratakan.

 

Nah, selamat mencoba! Semoga cara mengatasi flu saat hamil 9 bulan, atau flu saat hamil 6 minggu ini cocok buat bumil ya. Sehat selalu sampai lahiran ya bun.

 

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat