Tata Cara dan Doa Ziarah Kubur Orang Tua yang Wajib Kamu Tahu

 

Tata Cara dan Doa Ziarah Kubur Orang Tua yang Wajib Kamu Tahu - Sudah menjadi tradisi jika Ramadan menjelang banyak yang berkunjung ke makam, dan doa zairah kubur selalu dipanjatkan untuk almarhum serta almarhumah.


doa ziarah kubur pendek untuk orang tua tata cara ziarah kubur ke makam orang tua doa ziarah kubur dan yasin
Tata Cara dan Doa Ziarah Kubur Orang Tua yang Wajib Kamu Tahu


 

Hukum dari zairah kubur juga dibolehkan dan banyak memberikan manfaat, salah satunya manusia kembali diingatkan akan dekatnya kematian.

 

Menurut lamat resmu nu.or.id salam ziarah kubur ini salah satu perbuatan yang sudah mengalami perubahan ataau nasikh-mansukh). Karena di zaman awal Islam, Rosullah melarang ziarah kubur lantas dibolehkan.

 

HR. Muslim mengatakan, Rasullullah bersabda "Dahulu saya melarang kalian berziarah kubur, tapi (sekarang) berziarahlah kalian," (HR. Muslim).

 

Dengan ziarah kubur kita bisa mendoakan orang tua atau saudara yang sudah meninggal, agar mendapat pengampunan Allah SWT.

 

 

Doa Ziarah Kubur Pendek untuk Orang Tua

 

Bagi siapa saja yang ingin melakukan doa ziarah kubur dan yasin, bisa membaca doa ziarah kubur orang tua arab, latin dan artinya di bawah ini ya:

 

 

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ

 

Allahummaghfirlahu warhamhu wa ‘afihi wa’fu anhu wakrim nuzulahu, wa wassi’ madkhalahu, waghsilhu bilmai was salji, wal baradi, wa naqqihi minal khathaya, kama yunaqqas saubul abyadu minad danas. Wa abdilhu daran khairan min darihi wa ahlan khairan min ahlihi, wa zaujan khairan min zaujihi, wa adkhilhul jannata wa a’idzhu min adzabil qabri, wa adzabin nari.

 

Artinya:

“Ya Allah! Ampunilah almarhum (jenazah), berilah dia rahmat-mu, kesejahteraan, serta maafkanlah kesalahannya dan tempatkanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air, salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran. Gantikanlah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), keluarga (atau istri di Surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka.”

 

 

Tata Cara Ziarah Kubur Ke Makam Orang Tua

 

doa ziarah kubur pendek untuk orang tua tata cara ziarah kubur ke makam orang tua doa ziarah kubur dan yasin
tata cara ziarah kubur ke makam orang tua



Seperti halnya kita sedang bertamu ke rumah orang, maka berilah salam. Demikian syariat Islam mengajarkan. Ketika melewati kuburan ataupun bertandang ke makam, hendaknya mengucapkan salam juga kepada si mayit dan mendoakannya.

 

Bagaimanaa tata cara ziarah kubur ke makam orang tua? Ini dia:

 

 

1. Akan lebih baik jika berwudhu dulu sebelum ke makam untuk ziarah kubur

2. Jika sudah sampai ke kuburan, ucapkan salam dan doakan orang yang sudah meninggal

3. Menghadap ke arah muka almarhum atau almarhumah saat sudah di makam, ucapkan salam

4. Doa ziarah kubur pendek untuk orang tua, doa yang panjang juga boleh

5. Membaca ayat atau surat dari Al-Quran, bisa juga surat Yasin atau ayat kursi. Tahlil juga boleh

6. Lakukan doa dengan tenang dan khusyu

7. Ingatlah dalam hati bahwa suatu saat kita yang hidup akan mengalami kematian juga, tapi hanya Allah yang MahaTau

8. Hindari duduk di atas batu nisan kuburan, atau melintasi di atasnya

9. Tutup doa dengan Allhamdulillah. Semoga apa yang kita baca sampai ke Allah dan bisa mengampuni doa orang yang sudah meninggal.

 

Semoga dengan melakukan ziarah kubur ini, dapat menjadi pengingat bahwa dunia ini hanyalah bersifat sementara. Hari kematian pasti tiba dan perbanyak bekal menuju ke sana. Yuk, belajar untuk memperbaiki diri, apalagi Ramadan sudah dekat. Lakukan kebaikan semaksimal mungkin. Salam.


 

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat