Pengalaman Imunisasi BCG untuk Anak Pertama

16 komentar

Pengalaman Imunisasi BCG untuk Anak Pertama - Imunisasi BCG untuk apa? Namanya juga anak pertama ya, jadi banyak yang belum diketahui dan harus banyak yang dipelajari.


efek imunisasi bcg efek samping imunisasi bcg imunisasi bcg untuk apa
Pengalaman Imunisasi BCG untuk Anak Pertama


 

Imunisasi BCG adalah imunisasi Cadille Calmett-Guerin, disingkat jadi BCG. Imunisasi BCG untuk apa? untuk pencegahan penyebaran penyakit TB (tuberkulosis), yang bahaya menyerang paru-paru, ginjal, dan sendi. Bila sudah kronis menyebabkan meningitis.

 

Lantas imunisasi BCG umur berapa diberikan kepada anak? Menurut buku KIA yang saya miliki vaksin BCG ini diberikan untuk bayi baru lahir, sampai dengan usianya dua bulan. Nah untuk Gendis anak saya, Imunisasi BCG umur satu bulan waktu itu. Sekarang Gendis sudah menginjak usia 4 bulan. Sementara di usia baru lahir Gendis sudah mendapatkan vaksin hepatitis B (HB-0)

 

Di Indonesia Imunisasi BCG diberikan secara gratis dan sekali seumur hidup. Saya sendiri melakukan Imunisasi BCG di puskesmas Cepiring, Kabupaten Kendal barengan dengan vaksin Polio 1. Bagaimana cerita pengalaman tersebut, baca ceritanya di bawah ini ya.

 

 

Imunisasi BCG di Puskesmas Cepiring, Kabupaten Kendal

 

 

efek imunisasi bcg efek samping imunisasi bcg imunisasi bcg untuk apa
imunisasi bcg untuk apa



Allhamdulillah ketika Gendis menginjak usia satu bulan, saya sudah merencanakan untuk suntik BCG di puskesmas. Tapi sebelumnya nanya temen-temen yang sudah punya anak duluan. Ternyata di puskesmas Cepiring ini, khusus untuk suntik BCG itu pada hari Jum'at.

 

Diantar adik dan suami saya pergi ke Puskesmas, jadi rombongan gitu hahaha ... soalnya jahitan saya kan masih perih nih, belum bisa banyak gerak jadi dibantu sama Ibu. Ibu gendong Gendis boncengan sama suami, sementara saya sama adik dan keponakan saya, Dayu. Tapi adik langsung pulang sih, nggak nungguin karena bakalan lama pastinya.

 

Suntiknya sicepet di poli anak, cuma  mengantri untuk data dirinya yang lama banget. Padahal sudah pagi jam 8 datangnya, tapi sudah sangat penuh sesak orang-orang mau berobat. Disarankan sih kalau bisa ambil antrian aja dulu, buat yang mau melaksanakan Imunisasi BCG di puskesmas. Gendis juga sempat menangis kegerahan.

 

Ketika administrasi sudah beres, saya langsung boleh ke poli anak. Di sana saya hanya menunggu dua orang saja lantas bisa langsung masuk. Tapi nggak boleh ditungguin sama Ibu, harus orangtua si bayi yang masuk. Jadilah saya deg-degan dan mencoba untuk tenang.

Tenaga medis di puskesmas meminta saya untuk duduk yang nyaman, dan memegang dengan mantap. Imunisasi BCG suntik di mana? Di lengan kanan atas ya. Waktu megangin bayi nanti bunda harus mantep, jadi jangan sampai bayinya gerak-gerak gitu ya. Tangan kiri megang tangan, tangan kanan megang paha.

 

Sebenarnya itu bukan kali pertama saya menyaksikan Gendis disuntik, pas usia 6 hari Gendis masuk IGD karena dehidrasi dan harus diinfus. Waktu itu saya masih bisa menghindar, ayahnya yang nungguin pas diinfus, saya, Ibu, dan Kakak nggak berani. Lebih tepatnya nggak tega. Namun kondisi di puskesmas saya sendiri yang harus melakukannya.

 

“Nggak apa-apa belajar jadi Ibu,” ucap Bidan yang akan memberikan suntikan. Akhirnya saya Bismillah dan memberanikan diri, harus kuat. Allhamdulillah Gendis nangis sebentar saja dan anteng lagi tidur.

 

 

 

Efek Imunisasi BCG untuk Anak

 

efek imunisasi bcg efek samping imunisasi bcg imunisasi bcg untuk apa
efek imunisasi bcg



Rasanya luar biasa lega setelah bisa melaksanakan Imunisasi BCG untuk anak, apalagi saya yang melakukannya sendiri tanpa bantuan Ibu. Meski sebenarnya ibu sendiri juga tidak tega hehehe ...

 

Imunisasi BCG apakah demam? Yang terjadi pada Gendis memang demam dan rewel. Tapi saya terus menggendong dan memberikan susu, hal tersebut banyak disarankan. Susui, susui, dan terus susui. Selama rewel digendong juga lebih bagus, agar bayi merasa terlindungi dan nyaman.

 

Lantas setelah tiga bulan, Imunisasi BCG ini mulai terlihat di lengan kanan Gendis. Lukanya timbul bulatan merah.

 

Berbeda dengan vaksin DPT atau PCV, vaksin BCG sama sekali tidak diberikan puyer penurun panas. Jadi saya mengompres Gendis, ketika panas badannya meninggi dan melakukan hal-hal yang banyak disarankan oleh teman-teman yang lebih dulu memiliki momongan.

 

Imunisasi BCG harga berapa? Allhamdulillah di puskesmas Cepiring ini gratis, tapi kalau melakukan secara mandiri di rumah sakit tentunya bisa merogoh kocek. Kalau mau tau informasinya, saya menyarankan langsung telepon CS-nya saja di rumah sakit incaran bunda-bunda. Karena biasanya dijelaskan kisaran nominalnya.

 

 

Semoga artikel 'Pengalaman Imunisasi BCG untuk Anak Pertama', ini dapat bermanfaat ya buat bunda-bunda baru.

Nyi Penengah
Aku suka membaca buku, apalagi membaca hatimu. Mari bekerjasama dengan penuh cinta. Jika berkenan email di sini: nyipenengah@gmail.com

Related Posts

16 komentar

  1. Alhamdulilah sudah imunisasi BCG
    Jadi inget anak2 saya imunisasi BCG sewaktu masih bayimerah
    Kalo gak salah bisa disuntik BCG menjelang pulang dari RS lho
    Jadi gak harus wara wiri untuk vaksinasi

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah, tahapan imunisasi BCG untuk Gendis sudah berhasil dilalui. Pengalaman menemani bayi disuntik pertama kali itu luar biasa ya mba. Emosi yang kita rasakan bakalan ikut dirasakan bayi.
    Sehat-sehat terus untuk Gendis.

    BalasHapus
  3. Aku tiap anak imunisasi yang masuk ke dalem papahnya. Aku ketakutan sendiri di luar ahaha. Panikan aku liat anak nangis disuntik

    BalasHapus
  4. Gak boleh main-main dengan Meningitis. Efek kerusakannya pada tubuh tuh luar biasa. Tapi yang pasti program vaksin saat anak berada di usia keemasan memang wajib dilaksanakan sesuai jadwalnya ya Mbak. Vaksin memberikan kebaikan dan manfaat. Setidaknya tubuh anak memiliki "benteng" pertahanan dalam menghadapi berbagai serangan penyakit

    BalasHapus
  5. Semangat Mba ^^ Semoga ini salah bentuk ikhtiyar memberikan perlindungan untuk anak meskipun saat proses disuntik dan anak nangis seringnya ikut terbawa suasana...

    BalasHapus
  6. Wah, Gendhis udah imunisasi juga ya. Aku jadi keinget cerita temen yang anaknya sakit TB. Mungkin kelewat belum vaksin atau daya tahan tubuhnya kurang. Tapi ini jadi pertimbangan ya buat selalu rajin cek vaksin dan jadwal imunisasi biar ga ada yang kelewat. Mangats, nduk

    BalasHapus
  7. Anakku udah beranjak remaja jadi lupa gimana dulu bawa mereka vaksin
    Sekarang diingetkan lagi, untung gda rasa pingin punya baby lagi hahaa

    BalasHapus
  8. Anakku udah beranjak remaja jadi lupa gimana dulu bawa mereka vaksin
    Sekarang diingetkan lagi, untung gda rasa pingin punya baby lagi hahaa

    BalasHapus
  9. Selamat ya mbak atas suksesnya imunisasi pertama si buah hati. Sangat menginspirasi sekali. Ayo sukseskan program imunisasi BCG.

    BalasHapus
  10. Jadi inget waktu menamani ponakan masih bayik buat imunisasi.
    Dan iya di Puskesmas gratis.
    Seru aja waktu itu, apalagi pas ada momen ponakan daku nangis dan megangin daku dengan kenceng, hehe

    BalasHapus
  11. anakku juga vaksin bcg gratis di posyandu, hehehe. biar gak demam, sepulang vaksin langsung saya kasih mandi

    BalasHapus
  12. MashaAllah~
    Nak gadis sudah BCG, alhamdulillah..
    Seneng banget mantengin jadwal imnunisasi, soalnya dulu alasan keluar rumah cuma pas jadwal imunisasi aja, kalo engga, suka gak boleh sama Ibu.

    Sama Nyi, akupun jahitan sakit dan gak bisa duduk selama 4 bulan.
    Rasanya gitu yaa.. jadi Ibu.

    Barakallahu fiik~
    Sehat terus nak Gendis yang baik hati dan cantik.

    BalasHapus
  13. Saya dulu imunisasi anak-anak di bidan dekat rumah mbak, bayar 20 ribu.
    Murah dan dekat, terus waktunya pagi sebelum jam 7 karena bidannya buka praktek pagi dan malam. Kalau siang beliau jaga di puskesmas.

    BalasHapus
  14. Wah sama kayak aku kak, walaupun bukan anak pertama, tapi jadi kayak pengalaman pertama lagi karena jarak usia dengan kakaknya 12 tahun, imunisasi BCG waktu itu sama dokter anak di RS dan dikasih puyer buat demamnya, selamat yah kak buat anak pertama nya semoga sehat2 selalu aamiin

    BalasHapus
  15. Ilmunya perlu dibagikan lagi di instagram mbak, buat dengan microblogging aja, biar sampe ilmunya

    BalasHapus
  16. Imunisasi emg penting sih bagi anak agar terhindar dari penyakit yg mematikan. Imunisasi bentuk pertahanan diri terhadap antigen berbahaya. Btw, ceritanya bagus dan bisa memotivasi emak2 yg punya anak agar turut imunisasikan anaknya.

    BalasHapus

Posting Komentar