Transisi Energi di Indonesia Harus Dimaksimalkan

23 komentar

Transisi Energi di Indonesia Harus Dimaksimalkan - Dalam perhelatan G20 di Bali beberapa waktu lalu. Ada pembahasan menarik yaitu transisi energi. Topik ini ikut dibahas bersama 20 negara lain demi menjaga agar bumi tidak semakin rusak.


transisi energi di indonesia transisi energi pln contoh transisi energi
Transisi Energi di Indonesia Harus Dimaksimalkan


 

Tak hanya itu, bahkan selama perhelatan akbar tersebut, pak Presiden menyediakan banyak sekali mobil listrik yang digunakan sebagai transportasi kepolisian dan semua yang ikut serta dalam G20.

 

Menarik sekali. Tapi, kenapa harus membahas transisi energi?

 

 

Transisi energi dilakukan demi mengganti sumber energi fosil menjadi sumber energi non fosil. Sebab, penggunaan sumber fosil ini sudah benar-benar merusak lingkungan. Dengan pembukaan lahan besar-besaran hingga merusak hutan. Sampai selimut polusi yang timbul dari penggunaan bahan bakar sumber energi fosil.

 

Semua ini mengakibatkan timbulnya perubahan iklim yang tidak wajar. Sampai tingkat ekstrim sehingga perlu dilakukan tindakan pencegahan yang cepat agar memperlambat laju perubahan iklim.

 

Salah satunya dengan memanfaatkan sumber energi non fosil atau bisa disebut energi terbarukan yang ramah lingkungan. Sumber energi non fosil ini bersumber dari cahaya matahari, angin dan air.

 

Di beberapa negara seperti Belanda, sudah menerapkan sumber energi dari angin sehingga disebut sebagai negeri kincir angin. Dimana setiap kincir angin tersebut diolah menjadi energi listrik.

 

Demikian pula pemanfaatan cahaya matahari yang diolah menjadi energi listrik di gedung stadion di Qatar. Selain itu, energi matahari ini justru juga diubah menjadi pendingin alami untuk stadion yang bisa menampung ribuan penonton sepak bola ini.

 

Karena sumber energi terbarukan ini masih belum maksimal penggunaannya di Indonesia. Sebagai masyarakat kita harus mendorong agar pemerintah mau bergerak cepat menemukan solusi agar energi terbarukan ini cepat bisa menggantikan sumber energi fosil.

 

Agar selimut polusi tidak semakin bertambah dan merusak lingkungan juga udara di sekitar kita.

 

transisi energi di indonesia transisi energi pln contoh transisi energi

 

Pencegahan Selimut Polusi

 

 

Upaya menjaga lingkungan memang harus dilakukan dari hulu ke hilir. Bukan saja sekedar mengolah sumber energi terbarukan tapi juga mengganti secara menyeluruh sumber utamanya.

 

Sebab, saat ini walaupun pemerintah mulai mengganti sumber energi transportasi umum dan transportasi lainnya beralih ke energi listrik. Demi menurunkan tingkat selimut polusi.

 

Namun, tantangan yang ada justru menjadi PR besar. Sebab, sumber energi listrik tersebut masih menggunakan sumber fosil. Dimana sumber ini menjadi perusak lingkungan yang besar sehingga harus segera ditangani secara serius.

 

Pemanfaatan sumber energi terbarukan untuk mengganti sumber yang ada harus disegerakan. Berawal dari penanaman wawasan mengenai pengolahan energi terbarukan di perguruan tinggi. Sebab, ilmu mengenai pengelolaan energi ramah lingkungan ini masih belum ada di perguruan tinggi.

 

Oleh karena itu, kurangnya SDM bisa menjadi alasan utama mengapa sumber energi non fosil masih kurang digarap lebih dalam. Tak hanya itu, masih sedikit yang mulai mengolah sumber energi lain seperti sumber dari sampah menjadi energi listrik.

 

Minimnya SDM hingga material lain yang membuat pengolahan energi terbarukan masih mahal sebab Indonesia masih harus impor material tersebut. Membuat proses transisi energi ini masih membutuhkan waktu yang cukup lama dan lambat.

 

Karena itu, agar upaya penerapan transisi energi tidak lambat. Sebagai masyarakat kita juga harus memiliki andil untuk mendorong pemerintah memanfaatkan dan memaksimalkan transisi energi.


transisi energi di indonesia transisi energi pln contoh transisi energi
mengapa perlu ada transisi energi di indonesia


 

Dengan cara :

 

1. Menghemat penggunaan listrik agar tidak berlebihan.

2. Mengurangi penggunaan transportasi pribadi dan beralih ke transportasi umum.

3. Memilah sampah dan mengumpulkan limbah rumah tangga ke tempat terpercaya yang menjadi lokasi pengolahan sumber energi.

4. Menceritakan pengalaman menggunakan energi terbarukan

 

 

Dalam diskusi hangat beberapa waktu lalu bersama #EcoBloggerSquad saya mendapatkan banyak wawasan baru mengenai energi terbarukan ini. Ternyata transisi energi harus disegerakan untuk menahan laju perubahan iklim.

 

Nyi Penengah
Aku suka membaca buku, apalagi membaca hatimu. Mari bekerjasama dengan penuh cinta. Jika berkenan email di sini: nyipenengah@gmail.com

Related Posts

23 komentar

  1. Untuk mencegah atau meminimalisasi selimut polusi, salah satu cara termudah yang dapat dilakukan adalah menggunakan moda transportasi umum. Kini sudah banyak masyarakat yang sadar akan bahayanya emisi karbon maupun gas rumah kaca yang sulit dibendung. Pemerintah, rakyat dan berbagai pihak lain harus saling mendukung dan memberikan informasi selengkap-lengkapnya agar transisi energi dapat terealisasi dengan baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap penggunaan moda transportasi umum itu cara yg paling simpel. Memang itu artinya maaih menggunakan sumber tenaga fosil tapi setidaknya bs mengurangi penggunaannya. Sebab memang sumber tenaga fosil yg biasa kita pakai, belum ter sosialisasikan pengganti sumber tenaga lainnya ataupun mungkin dirasa rumit. Dulu kan sempat pakai bahan bakar gas tapi kemudian masyarakat takut akan gas bocor yg menimbulkan ledakan

      Hapus
  2. Belum dimaksimalkannya transisi energi membuat banyak orang masih memakai energi yang ada dengan kurang bijak. Maka setuju jika transisi energi harus disegerakan untuk menahan terjaidnya laju perubahan iklim.

    BalasHapus
  3. Nah dilema juga ya mbak, beralih ke mobil listrik, tapi sumber daya untuk listrik di pembangkitnya masih pakai bahan bakar fosil. Jadi kalau memang mau dianjurkan untuk beralih ke mobil listrik, hari disediakan solusi untuk sumber catu dayanya juga

    BalasHapus
  4. Semoga bisa lebih baik lagi ya kita mba memanfaatkan hasil alam. Sedih banyak kerusakan. Bumi memang semakin tua tapi bukan itu sebenarnya sih, banyak yg jadiin itu alasan. Padahal bumi rusak karena ketamakan ya. Semoga segera terwujud amiin

    BalasHapus
  5. Indonesia itu potensial untuk menghasilkan sumber energi terbarukan. PR-nya masih banyak termasuk nyiapin SDM yang mumpuni. Semoga segera terwujud ya karena kita butuh transisi energi

    BalasHapus
  6. Pemanfaatan cahaya matahari yang diolah menjadi energi listrik di gedung stadion di Qatar ini emang menarik banget lho. Qatar mah semuanya udah serba canggih dan maju apalagi energi matahari juga bisa diubah jadi pendingin alami wow.

    BalasHapus
  7. Sebetulnya memang banyak yang bisa kita lakukan ya mba. Dan dari rumah termasuk melakukan penghematan listrik. Terima kaish sudah berbagi

    BalasHapus
  8. Kalau Indonesia bisa juga potensi Mobil tenaga matahari karena daerah tropis. Shifting gini tantangannya butuh edukasi dan biaya juga. Kalau untuk kendaraan tenaga listrik harga belinya dibanding kendaraan biasa gimana?

    BalasHapus
  9. Ada yang bisa kita lakukan ya..
    Meskipun langkahnya gak banyak, tapi dengan kekuatan tulisan dan ajakan untuk bersama menjaga lingkungan dari hal-hal kecil yang biasa kita lakukan, bisa bantu mengurangi selimut polusi.

    BalasHapus
  10. Waktu pulkam ke Temanggung, aku lihat tempat pembelian minyak jelantah. 1 liter dihargai Rp 6rb. Pas buka IG juga nemu akun jjuragan pengepul minjel di Surabaya. Searching di inet, di Makassar (tempat tinggalku sekarang) juga ada anak muda pengusaha biodiesel. Tapiiiii, kok aku ga nemu pengepul minjel dekat tempat tinggalku lhooo... Padahal, aku mau lho ngumpulin minjel. Mau seberapapun dihargai, bahkan gratis pun nggak apa-apa ketimbang mencemari lingkungan. Sejauh ini, aku baru berupaya untuk bikn sabun padat dari minjel punyaku. Ya memang belum transisi energi. Setidaknya mengurangi pencemaran lingkungan.

    BalasHapus
  11. Meminimalisir sampah plastik, mematikan listrik yg tidak terpakai. Hidup hemat teruma emergi,.kitaa bisaa melakukan hal kecil dirumah dan lingkungan (gusti yeni)

    BalasHapus
  12. nah transportasi publik nih yang aku setuju banget. harusnya pemerintah menyediakan transportasi umum yang murah dan mudah diakses

    BalasHapus
  13. Transisi energi harus sering digaungkan, butuh kerjasama berbagai fihak supaya bisa terealisasi.(gusti yeni)

    BalasHapus
  14. Transisi energi sekarang ini memang harus dilakukan, gimana caranya agar masyarakat mudah mengerti dan menjalankannya? Edukasinya harus terus dijalankan, karena ini memang salah satu cara untuk penyelematan bumi jugakan.

    BalasHapus
  15. penggunaan transportasi pribadi di perkotaan seperti Jakarta bisa diminimalisir karena transport umumnya sudah OK. Namun aku mengalami kendala kalau di daerah, kota kecil gitu enggak ada angkot yang mumpuni. Karena susah transport umum jadinya pilihan terbaik pakai kendaraan pribadi. Gimana ya Nyi?

    BalasHapus
  16. Wah ternyata sampah rumah tangga bisa menjadi salah satu alternatif pengganti energi yaa.
    Nah itulah aku tu bingung kan listrik juga butuh bahan bakar fosil jd keknya kebijakan mobil listrik kurang tepat gak sih? Mestinya memperbanyak transportasi umum gtu yang lbh ramah lingkungan gtu? #imho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju dengan opini Mba April sih, mobil listrik bukan solusi kalo toh ternyata listriknya juga penghasil gas rumah kaca. Makanya aku lebih dukung biodiesel untuk energi hijaunya

      Hapus
  17. Banyak sekali hal yang bisa dilakukan untuk mencegah agar bumi tidak semakin rusak. Salah satunya ya langkah-langkah sederhana yang dimulai dari rumah kita masing-masing. Sesederhana membiasakan diri berjalan kaki, tidak melulu menggunakan kendaraan bermotor. Bijak menggunakan produk/mengurangi yang sekali pakai. Bijak mengelola sampah. Termasuk pula menghemat penggunaan listrik.

    BalasHapus
  18. Sekarang transportasi umum juga sudah dibuat sangat nyaman untuk pengguna, semoga ini bisa membantu mengurangi selimut polusi yang melanda.

    BalasHapus
  19. Potensi Indonesia ini besar yaa buat punya sumber energi terbarukan. Tapi memang upaya-nya butuh lebih keras lagi. Semoga bisa terwujud suatu saat nanti. Sekarang yang bisa kita lakukan emang masih upaya kecil-kecil dulu buat memanfaatkan dan memaksimalkan transisi energi ini. Alhamdulillah, udah mulai dilakukan walau pelan, tapi nanti akan jadi kebiasaan.

    BalasHapus
  20. Aaaak aku ingin ikutan nulis tentang transisi energi ini loh pdahal kok lupa yaaaa

    sebaiknya sih transisi energi udah mulai ditindaklanjuti - apalagi masalah bbm dan minyak jelantah itu ya

    berdoa yang kenceeeeng biar BBM bisa touchdown 5000 aja udah seneng

    BalasHapus
  21. Banyak sekali yang bisa dilakukan untuk mencegah agar bumi tidak semakin rusak, salah satu contoh yang mudah menghemat penggunaan listrik

    BalasHapus

Posting Komentar