Pernah karang Gigi Lepas Sendiri


Pernah karang Gigi Lepas Sendiri - Saya punya kegemaran nonton YouTube channel artis yang ada parentingnya. Tubuh mereka sangat dijaga dengan baik, apalagi bagian gigi mereka sungguh putih tanpa karang gigi hitam? Pasti luar biasa sekali perawatannya?


cara merontokan karang gigi karang-gigi-lepas-sendiri penyebab karang gigi
Pernah karang Gigi Lepas Sendiri


 

Deddy Cobuzier menyebutkan memiliki gigi putih tersebut, menghabiskan uang 50 juta. Huwo! Biaya yang tidak sedikit buat saya, tapi buat artis mah biasa.

 

Berbicara dengan karang gigi, pasti sebagian dari kita berusaha bagaimana cara merontokan karang gigi, ya kan? Selain ke dokter tentunya.

 

Perbedaan Plak dan Karang Gigi

 

 

Dahulu saya tidak bisa membedakan antara plak dan karang gigi, tetapi sejak rutin ke dokter gigi saya jadi tahu perbedaan keduanya.

 

Karang gigi adalah sisa makanan serta bakteri yang menempel pada gigi, dan tidak segera dibersihkan. Warnanya kecokelatan dan kehitaman, teksturnya sangat keras

 

Sementara plak merupakan lapisan tipis dan lengket (biofilm) pada gigi, dari sisa makanan atau kotoran.

 

Persamaan keduanya, sama-sama menimbulkan bau, karena ada senyawa sulfur. Keduanya juga  bisa menyebabkan  gangguan pada gigi, seperti gigi jadi goyang, gigi jadi berlubang, dan lain sebagainya.

 

 

Pengalaman Membersihkan Karang Gigi atau Scaling


cara merontokan karang gigi karang-gigi-lepas-sendiri penyebab karang gigi
karang gigi terbesar


 

Salah satu cara merontokan karang gigi, ya pergi ke dokter gigi, untuk scaling. Mengapa disebut scaling, karena alat khusus yang digunakan bernama scaler ultrasonic.

 

Scaler yang digunakan untuk membersihkan karang gigi terbesar, akan mengakibatkan getaran sehingga plak dan karang gigi yang keras bisa lepas dan hilang dengan sempurna. Meski alatnya runcing, tetapi tidak akan melukai jaringan di sekitar gusi dan gigi. Soalnya saya sudah beberapa kali scaling hehehe ...

 

Awalnya sih takut, tapi kalau takut karang gigi nggak hilang-hilang nih dan bikin nggak nyaman. Akhirnya memberanikan diri dan ketagihan juga scaling, ngeliat gigi sendiri bersih bikin bahagia.

 

Selama dibersihkan kita akan sering membuka mulut dengan lebar, tapi tenang, dokter gigi akan menyesuaikan porsi menitnya dengan ketahanan diri kita. Jadi mulut nggak pegel, pas dibersihkan aduduw ... bau banget karang giginya. Salut dengan dokter gigi yang kuat menahan, e... tapi pas kumur kita juga dikasih mint gitu jadi pas habis kumur mulut kita nggak bau lagi.

 

Beberapa tahun setelah menikah saya justru jarang membersihkan karang gigi, karena tidak adanya waktu. Ada sih, tapi belum ada rekomendasi dokter gigi yang enak gitu, yang nggak bikin tegang deh pokoknya hahaha ... Pengan deh scaling lagi rindu. Tapi setelah scaling, gigi saya jadi keliatan tipis gegara di makan karang giginya.

 

Getaran dari alat scalernya berisik, tapi santai runcingnya scaler tetap aman. Ohya, ada tips dari dokter gigiku dulu. Sebelum kita scaling sebaiknya rutin minum air putih dan makan buah apel hijau biar gusinya kuat dan nggak mengeluarkan darah banyak.

 

Jangan takut intinya kalau mau membersihkan karang gigi, karena ketika dibersihkan otomatis kita akan mengeluarkan darah, namun nggak sakit ya. Hanya gesekan scalernya kadang mengenai gusi deh kayaknya, atau gusi kita yang sensitif jadi menimbulkan darah keluar. Dan pastikan gigimu nggak sakit ya?  

 

 

Cara Merontokan Karang Gigi dengan Sederhana

 


cara merontokan karang gigi karang-gigi-lepas-sendiri penyebab karang gigi
cara merontokan karang gigi


Karang gigi lepas sendiri pernah saya rasakan, ada yang ganjel aja gitu terus saya tarik kan eh ... langsung lepas sendiri. Kadang lagi minum apa gitu antara panas dan dingin, ada percikan jatuh dan keras di mulut. Ternyata karang gigi yang lepas, enak banget kalau lepas gitu kayak beban berat di gigi terangkat.

 

Untuk membersihkan karang gigi dengan sederhana coba cara berikut:

 

1. Rajin menyikat gigi

Karena sudah rutin sejak kecil gosok gigi, otomatis menggunakan sikat gigi ini tanpa perlu komando ya? Seperti kita makan 3x sehari kalau bisa.

 

Pilih sikat gigi yang lemut dan bisa menjangkau bagian gigi belakang, dan pakai pasta gigi yang memiliki kandungan siwak, karena bisa merawat kesehatan gigi dengan baik.

 
2. Melakukan flossing pada gigi

 

Flossing adalah membersihkan gigi dengan benang, ini bisa dilakukan setelah selesai menyikat gigimu ya. Fungsi dari benang ini untuk membersihkan bagian sela-sela yang tidak terjangkau oleh bulu sikat gigi, kalau rutin hasilnya bagus lho.

 

Semoga dengan mempraktikan hal-hal yang saya tulis di atas karang gigi terbesar bisa rontok ya!


Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat