Daftar Obat Radang Tenggorokan pada Anak yang dijual Bebas

Daftar Obat Radang Tenggorokan pada Anak yang dijual Bebas - Radang tenggorokan adalah salah satu penyakit yang sering terjadi pada anak-anak. Kondisinya ditandai dengan rasa nyeri di tenggorokan, nyeri bertambah saat menelan atau bicara, dan bagian belakang mulut tampak merah. Bahkan adakalanya gejala disertai demam, pembengkakan di daerah leher dengan nyeri.

 

Daftar Obat Radang Tenggorokan pada Anak yang dijual Bebas
Daftar Obat Radang Tenggorokan pada Anak yang dijual Bebas



Bagaimana caa mengobati radang tenggorokan dengan cepat, sehingga tidak menimbulkan nyeri kepala, hidung mampet, hidung berair, dan nyeri otot. Apalagi untuk anak bayi sulit menyampaikan keluhannya, namun Anda bisa waspada jika anak tampak kesakitan atau menangis saat menelan.

 

Penyebab radang tenggorokan banyaknya disebabkan oleh infeksi, bisa berupa infeksi virus ataupun bakteri. Namun, penyebab terbesarnya adalah virus, yaitu sekitar 50%-80% kasus. Bahkan radang tenggorokan juga bisa disebabkan oleh keduanya, yaitu ketika infeksi bakteri terjadi setelah infeksi virus terlebih dahulu dialami.

 

Bakteri dan virus tersebut merusak mukosa di tenggorokan, sehingga menyebabkan radang. Terdapat juga kondisi lain saat tenggorokan menjadi iritasi karena ingus yang turun dari hidung ke tenggorokan, sehingga menimbulkan nyeri.

 

Nah biasanya sakit radang tenggorokan akan membaik dalam 5-7 hari, baik yang disebabkan oleh bakteri ataupun virus. Namun, sebagai pertolongan pertama, berikut ini adalah obat radang tenggorokan pada anak yang dijual bebas dan dapat Anda berikan.

 

Ini Dia Obat Radang Tenggorokan Paling Ampuh

 

 

1. Obat Penurun Panas dan Pereda Nyeri

 

Anda dapat memberikan anak obat paracetamol atau ibuprofen yang merupakan obat penurun panas sekaligus pereda nyeri. Kedua obat tersebut efektif untuk menurunkan demam dan meredakan nyeri, karena radang tenggorokan sering disertai nyeri.

 

Paracetamol jugas sering diresepkan dokter lho, pas anak saya masuk IGD karena demam tinggi, penanganan pertama juga diinfus dengan dimasukan paracetamol di dalamnya. Saya sendiri juga mendapatkan resep tersebut ketika hamil dan sedang menyusui.

 
2. Obat Semprot Hidung atau Tetes Hidung

 

Anda juga bisa mendapatkan semprot hidung atau tetes hidung berisi cairan saline atau air laut di apotek sebagai obat radang tenggorokan pada anak. Di mana cairan saline atau air laut ini dapat meredakan radang, mengencerkan lendir hidung di hidung maupun tenggorokan, dan meredakan hidung tersumbat.

 

Semprot hidung atau tetes hidung tersebut dapat digunakan sejak anak masih usia bayi. Namun Anda harus pastikan membeli produk yang sesuai usia dan bacalah label produk dengan teliti sebelum membeli dan memberikannya kepada anak. Ingat ya.

 

3. Madu

 

Selanjutnya ada madu, yang memang bukan obat medis, tetapi penelitian membuktikan bahwa madu dapat meringankan keluhan radang tenggorokan terutama batuk.

 

Pada saat kondisi batuk tidak berdahak, madu berpotensi mengurangi batuk. Sementara pada kondisi batuk berdahak, madu dapat membantu saluran pernapasan untuk mengeluarkan lendir sehingga dahak mudah dikeluarkan. Penelitian juga menunjukkan bahwa madu dapat menambah kualitas tidur anak pada saat sakit karena keluhan batuk berkurang.

 

Di samping itu, madu memiliki efek anti mikroba atau mematikan bakteri dan virus. Kondisi ini dapat membantu membersihkan kuman yang menyebabkan radang tenggorokan.

 

 

Tetapi perlu diperhatikan bahwa madu tidak boleh diberikan kepada anak berusia di bawah 1 tahun, karena adanya bahaya toksin botulinum penyebab botulisme (otot kaku). Untuk anak berusia 1 tahun ke atas, madu bisa diberikan secara langsung maupun diencerkan dengan air.

 

4. Obat Oles Dada

 

Daftar Obat Radang Tenggorokan pada Anak yang dijual Bebas
obat oles dada



Selanjutnya Anda bisa memberikan obat oles di dada pada anak yang dijual di pasaran. Ada yang berupa vaporub (berisi mentol, camphor, dan minyak atsiri), ada pula yang berisi jeli petrolatum.

 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pengolesan vaporub dan petrolatum dapat membantu mengurangi keluhan batuk dan hidung tersumbat di malam hari. Kandungan vaporub memiliki efek yang lebih kuat daripada petrolatum. Tetapi, efek sampingnya lebih besar, yaitu berupa iritasi kulit dan iritasi saluran pernapasan. Kondisi ini terutama terjadi pada anak yang berusia kurang dari 2 tahun.

 

Oleh sebab itu, obat oles dada tidak dianjurkan untuk anak berusia 2 tahun ke bawah. Pastikan Anda selalu membaca label produk sebelum memberikannya kepada anak.

 

5. Obat Flu dan Batuk

 

Alternatif selanjutnya Anda bisa memberikan obat flu dan batuk di ada pasaran. Obat flu dan batuk tersebut terdiri dari beberapa kombinasi zat obat, umumnya mengandung obat penurun panas dan pereda nyeri.

 

Jadi itu dia di atas obat radang tenggorokan, yang bisa dicoba untuk keluarga jika sikecil sedang mengalami masalah tersebut. Terapkan hidup sehat selalu, agar keluarga 

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat