Mending Beli Dedicated Server atau Beli VPS?

Mending Beli Dedicated Server atau Beli VPS -  Masih bingung memilih layanan hosting terbaik? Sebenarnya wajar jika kamu bingung dalam menentukan pilihan karena memang ada beragam layanan hosting yang tersedia. Dari sekian banyak layanan jual VPS murah Indonesia, mungkin kamu juga ingin tahu perbedaan antara paket hosting Dedicated Server vs VPS. Karena masing-masing layanan menawarkan beragam fitur dan spesifikasi yang tentunya sangat menarik untuk digunakan.


virtual private server yang membedakan antara dedicated server dengan virtual private server secara
Mending Beli Dedicated Server atau Beli VPS

Meski begitu, dalam memilih layanan hosting, kamu perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan. Jadi jangan sampai salah pilih ya!


Apa Perbedaan Dedicated Server Vs VPS



Mungkin kamu belum begitu memahami perbedaan Dedicated Server dan VPS (Virtual Private Server). Pasalnya keduanya memiliki kesamaan dari segi kehandalan resource yang digunakan, bukan seperti shared hosting yang notabene memiliki spesifikasi terbatas. Untuk lebih jelasnya, yuk langsung simak informasi berikut.


virtual private server yang membedakan antara dedicated server dengan virtual private server secara
Apa Perbedaan Dedicated Server Vs VPS



  • Virtual Private Server (VPS)


Pada dasarnya VPS merupakan teknologi yang menggunakan bantuan software agar memungkinkan sebuah server fisik dibagi menjadi beberapa server virtual. Sementara di dalamnya bisa diinstal software dan sistem operasi seperti pada Dedicated Server yang berjalan mandiri.

Sumber daya khusus pada VPS ini hanya diperuntukkan bagi satu pengguna saja dan tidak dibagi seperti halnya layanan shared hosting. Dengan begitu maka dalam penerapannya tidak ada pengguna yang lain.

Contoh sederhannya begini, kamu menyewa satu kamar kost sehingga bertanggung jawab penuh terhadap pengelolaan semua isi kamar. Termasuk jika ada kerusakan di dalamnya. Namun, dalam hal ini kamu masih tinggal bersama penghuni kost lainnya dalam sebuah rumah.



Keunggulan VPS



Kekurangan VPS


Memungkinkan kamu untuk melakukan perubahan pada pengaturan sesuai kebutuhan karena memiliki akses root.


Downtime bisa berkurang karena kondisi server lebih stabil.


Penginstalan software pada VPS lebih fleksibel dan disesuaikan kebutuhan sehingga tidak terbebani software yang tidak dibutuhkan.


Memiliki IP Public secara khusus.


Resource RAM, Space serta CPU tidak dibagi dengan yang lain dan menjadi milik pribadi.



Layanan hosting ini tidak cocok bagi pemula.


Jika dibandingkan dengan Shared Hosting dan Cloud Hosting biayanya jauh lebih mahal.


Untuk bisa melakukan setting atau pengaturan VPS di awal, kamu harus memahami sistem operasi Windows dan Linux terlebih dahulu.


Sebagai pengguna kamu harus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang baik mengenai server.


Dibutuhkan monitoring kinerja server secara terus menerus untuk menghindari database tidak terkoneksi atau bahkan mati.


Manajemen perangkat pada layanan server cenderung lebih rumit.



  • Dedicated Server


Pada dasarnya Dedicated Server merupakan salah satu jenis layanan hosting yang menyediakan penyewaan server kepada satu pengguna secara penuh. Dengan kata lain, kamu akan memperoleh seluruh server dan menggunakannya secara bebas.

Jika kamu menggunakan layanan hosting VPS maka Dedicated Server ini akan dibagikan kepada beberapa pengguna VPS tersebut. Sederhananya, Dedicated Server merupakan gabungan dari beberapa layanan VPS.

Itulah mengapa jenis layanan ini dianggap sebagai kasta tertinggi dalam dunia penyewaan hosting. Hal ini rupanya juga tidak terlepas dari space-nya yang besar serta spesifikasi hardware-nya yang tinggi.



Keunggulan Dedicated Server



Kekurangan Dedicated Server


Memiliki akses penuh 100% untuk layanan hosting Dedicated Server yang disewa.


Performa dan kinerja server yang ditawarkan lebih tinggi dari VPS.


Memiliki privasi dan keamanan yang baik karena layanan hosting ini memberikan IP unik bagi penggunanya.


Jika terjadi kerusakan pada layanan Dedicated Server hal itu merupakan tanggung jawab penyedia layanan.


Akses penuh milik pribadi dan tidak perlu berbagi dengan pengguna yang lain.



Layanan hosting Dedicated Server tidak cocok bagi pemula.


Spesifikasi yang tinggi membuat biaya sewanya mahal.


Untuk keperluan setting, perawatan serta perbaikan server jauh lebih sulit dan rumit.



Pilih Mana antara Dedicated Server Vs VPS Server?



Sebelumnya telah dibahas mengenai definisi, keunggulan serta kekurangan VPS dan Dedicated Server. Mungkin kamu juga bertanya-tanya, sebaiknya menggunakan layanan hosting yang mana? Mari kita bahas satu per satu mengenai penggunaan kedua layanan hosting tersebut.


Mending Beli Dedicated Server atau Beli VPS?
Pilih Mana antara Dedicated Server Vs VPS Server?



  • Siapa yang Memerlukan VPS


Bagi kamu yang masih pemula dan sedang dalam tahap mempelajari dunia situs web, maka layanan VPS ini kurang cocok. Jenis layanan ini akan lebih cocok jika digunakan untuk kamu yang ingin melakukan upgrade dari layanan Cloud Hosting ataupun Shared Hosting.


  • Siapa yang Memerlukan Dedicated Server


Nah, kalau untuk Dedicated Server yang paling cocok menggunakannya adalah pemilik situs web yang memiliki kebutuhan dan spesifikasi yang tinggi. Seperti misalnya website pemerintahan, website perusahaan, website toko online maupun website bisnis.

Selain itu, layanan hosting Dedicated Server juga bisa menjadi pilihan tepat jika spesifikasi VPS yang kamu gunakan sudah tidak mampu menampung traffic situs web secara maksimal. Kalau sudah begitu, kamu bisa menggunakan layanan email hosting untuk perusahaan.


Berdasarkan ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan layanan hosting Dedicated Server vs VPS perlu disesuaikan dengan kebutuhan. Kalau ingin server dengan spesifikasi tinggi dan space yang besar, pilihan terbaiknya ada pada Dedicated Server. Jadi pastikan sesuai kebutuhanmu ya!

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat