Pengertian Majas Beserta Manfaatnya

 

Pengertian Majas Beserta Manfaatnya - Apa itu majas? Jujur mengenal majas pertama kali di pelajaran Bahasa Indonesia. Namun, pada dasarnya, majas merupakan suatu kiasan yang dapat mempengaruhi banyak efek. Ya, pengaruh yang dimaksud berupa pengaruh yang dapat dilakukan dengan cara membandingkan ataupun mengenalkan secara umum. 



macam-macam majas apa itu majas personifikasi majas dan contoh kalimatnya

 

Dengan kata lain, umumnya majas dibuat dengan kalimat yang pendek. Kendati demikian, majas juga memiliki nilai serta rasa yang mampu menciptakan konotasi tertentu. Sehingga tak heran jika majas kerap disebut dengan istilah imajinatif. 

 

Lantas, apa fungsi dari majas untuk kehidupan? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai manfaat majas, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

 
Macam-macam Majas dengan Manfaatnya

 

1. Dapat Menciptakan Kesenangan

 

Manfaat pertama dari majas untuk kehidupan, yakni dapat menciptakan sebuah kesenangan. Ketika seseorang meggunakan majas, maka kata-kata yang umumnya biasa saja akan tampak lebih indah dan berkesan. 

Jadi, di dalam majas terdapat nilai yang sentimental untuk setiap kalimatnya. Jika sebuah kata, kalimat, maupun karangan ditujukkan untuk orang lain secara khusus atau bisa jadi ditujukan pada pembaca, maka majas bisa menciptakan sensasi kesenangan tersendiri ketimbang menggunakan kalimat-kalimat yang biasa saja. 

 

2. Dapat Menciptakan Sebuah Imajinasi

 

Tak hanya menciptakan sensasi kesenangan, ternyata kalimat yang menggunakan majas juga bisa menciptakan sebuah imajinasi lho. Mengapa bisa demikian? Pasalnya, penggunaan kalimat yang bermajas dapat mendorong seseorang untuk melahirkan imajinasi. 


Dengan adanya majas di dalam sebuah karya tulis, maka ia akan menghasilkan arti berbeda dari satu orang dengan orang lainnya. Pada intinya, makna majas bisa berbeda-beda karena tergantung dari cara berpikir, wawasan, serta pengetahuan orang tersebut. 


Tentu saja hal ini akan mempengaruhi terhadap kualitas imajinasi maupun pembentukan perspektif si pembaca atau penikmatnya. 

 

3. Mendekatkan Hubungan Pembaca Dengan Penulis

 

Lebih dari itu, majas juga mempunyai manfaat untuk mendekatkan antara pembaca dengan si penulisnya. Hal ini bukan tanpa alasan, karena majas itu sendiri terdiri dari beragam jenis yang berbeda-beda. Semakin banyak majas yang diberikan, maka akan semakin banyak juga nilai esensial yang didapatkannya. 



contoh kalimat majas macam-macam majas apa itu majas personifikasi


 

4. Menciptakan Esensial

 

Sebagaimana yang sudah disebutkan pada poin diatas tadi bahwa majas dapat memberikan nilai esensial. Seperti contoh, ketika ada sebuah kalimat yang ditulis menggunakan dua teknik yang berbeda.

 

Satu kalimat ditulis dengan kata-kata biasa dan apa adanya, sedangkan satu kalimatnya lagi dibuat dengan menggunakan majas. Alhasil, kalimat yang menggunakan majas tersebut tetunya akan lebih menarik dan berkesan di mata para pembaca. 

 

5. Dapat Meningkatkan Daya Tarik Pembaca Terhadap Karya Sastra

 

Jika diamati lebih teliti lagi, maka penggunaan majas yang sebenarnya bertujuan untuk meningkatkan daya tarik para pembaca terhadap karya sastra. Ya, hal ini dikarenakan penggunaan majas sudah terbukti efektif dalam meningkatkan nilai yang ada didalam sebuah karya. 

 

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, penggunaan majas juga mampu membuat karya tersebut tampak lebih hidup. Sehingga tak heran jika majas dapat meningkatkan daya tarik pembaca terhadap suatu karya sastra. 

 

6. Dapat Menciptakan Sugestif

 

Manfaat berikutnya dari majas yang harus diketahui, yakni dapat menciptakan sugestif dari si penulis untuk pembaca. Tak hanya itu, majas juga bisa menciptakan efek informasi yang lebih padat, kaya, menarik, serta efektif bagi para penikmatnya. Alhasil, para pembaca pun akan merasa enjoy dan terhibur ketika mendapatkan sebuah informasi dari karya sastra yang menggunakan majas tersebut. 


Demikian postingan 'Pengertian Majas Beserta Manfaatnya', yang semoga bermanfaat. Salam.

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat