Kenali Seputar Bangun Datar Trapesium Dari Jenis Sampai Rumus Mencari Luas dan Kelilingnya


Kenali Seputar Bangun Datar Trapesium Dari Jenis Sampai Rumus Mencari Luas Dan Kelilingnya - Dalam berbagai bentuk bangun datar, ada yang namanya bangun datar trapesium. Nah pelajaran matematika ada salah satu bab yang membahas tentang bangun datar dan cara mengetahui keliling dan juga luas dari bangun datar tersebut. 



rumus trapesium sama kaki rumus luas trapesium sama kaki rumus keliling trapesium siku-siku
Rumus Mencari Luas dan Keliling Trapesium



Pelajaran mengenai bangun datar ini sangat bermanfaat karena bisa diaplikasikan pada kehidupan nyata. Salah satu contohnya jika kita sedang mengukur berapa luas suatu ruangan maupun lahan yang mungkin akan kita gunakan.


Bangun datar sendiri memiliki beberapa bentuk dan juga rumus untuk mencari keliling maupun luas yang berbeda – beda tentunya. Salah satu bentuk bangun datar yang dipelajari adalah trapesium yang merupakan bangun datar yang terbentuk dari gabungan bentuk segitiga dan juga persegi. Untuk mengetahui berapa luas dan juga keliling dari bangun trapesium ini, berikut rumus yang bisa digunakan.



Rumus Trapesium Keliling



  1. Rumus Luas Trapesium

L = ½ x jumlah sisi sejajar x tinggi trapesium

  1. Rumus Keliling Trapesium

K = AB + BC + CD + DA


rumus trapesium sama kaki rumus luas trapesium sama kaki rumus keliling trapesium siku-siku
Rumus Trapesium Keliling



Untuk lebih jelasnya berikut ini terdapat contoh soal pengerjaan untuk mencari keliling dan juga luas dari trapesium.


“Sebuah trapesium memiliki panjang sisi sejajar 12 cm dan juga 8 cm serta tinggi 5 cm. Hitung berapa luas dari trapesium tersebut.”

Luas = ½ x (a1 + a2) x t

         = ½ x (12 + 8) x 5 cm = 50 cm2


“Terdapat sebuah trapesium HIJK, dengan ukuran HI = 2 cm, IJ = 7 cm, JK = 9 cm, dan KH = 8 cm. Coba hitung berapa keliling dari trapesium tersebut.”

Keliling = AB + BC + CD + DA

              = HI + IJ + JK + KH

  = 2 + 7 + 9 + 8 cm = 26 cm


Itulah sedikit contoh soal dari cara mencari dan menghitung luas dan keliling trapesium. Biasanya setelah menguasai dua rumsu tersebut anda baru bisa melanjutkan ke bagaimana cara mencari volume atau bahkan menghitung sudut dari bangu trapesium tersebut. Tapi sebelum itu anda juga harus mengetahui apa saja jenis trapesium dan juga sifatnya berikut ini.


Jenis – jenis trapesium sendiri terbagi menjadi 3 jenis yakni trapesium siku – siku, trapesium, sama kaki, dan trapesium sembarang. Untuk lebih jelasnya berikut sedikit penjelasan mengenai jenis – jenis trapesium tersebut.


  1. Trapesium siku – siku

Trapesium ini dinamakan siku – siku karena pada salah satu sudutnya terdapat sudut yang memiliki ukuran 90° atau membentu sudut siku – siku.

  1. Trapesium sama kaki

Trapesium ini dinamakan trapesium sama kaki karena memiliki sepasang sisi yang berukuran sama panjang. Sehingga kedua sisinya memiliki ukuran yang sejajar.

  1. Trapesium sembarang

Trapesium ini dinamakan trapesium sembarang karena di keempat sisinya tidak ada yang memiliki ukuran yang sama panjang.


Dari penjelasan mengenai jenis – jenis trapesium diatas maka dapat diketahui bahwa bangun trapesium memiliki sifat – sifat sebagai berikut:


  • Trapesium ada yang memiliki sepasang sisi sejajar
  • Pada trapesium sama kaki memiliki ukuran diagonal yang sama, ukuran sudut alas yang sama, dan juga bisa menempati dua bingkai yang sama
  • Bangun trapesium memiliki empat buah sudut dan jumlah dua sudut yang berdekatan adalah 180°.
  • Pada trapesium siku – siku memiliki dua sudut siku – siku
  • Pada trapesium sembarang memiliki ukuran panjang kaki yang tidak seragam, besar empat sudut yang berbeda, serta tidak memiliki kaki yang tegak lurus pada sisi sejajarnya.


Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat