Bahan dan Ukuran Road Bike yang Perlu Anda Ketahui


Bahan dan Ukuran Road Bike yang Perlu Anda Ketahui - Ukuran size sepeda road bike ada banyak sekali. Sebenarnya Road bike itu sepeda yang bagaimana sih? Adalah sepeda yang diperuntukkan untuk atlet atau pembalap sepeda. Seiring berjalannya waktu, banyak orang yang menggunakan sepeda ini hanya untuk berolahraga khususnya di kota-kota besar. Road bike dirancang untuk dikendarai di jalanan beraspal halus. Sepeda jenis ini mampu melaju dalam kecepatan di atas rata-rata melebihi sepeda pada umumnya. Road bike bisa dikendarai dalam kecepatan rata-rata sekitar 60 km/jam oleh seorang atlet. 



ukuran roadbike polygon ukuran size sepeda road bike merk sepeda road bike terbaik di dunia
Bahan dan Ukuran Road Bike yang Perlu Anda Ketahui



Salah satu ciri yang paling menonjol dari road bike adalah model setangnya. Setang dari road bike didesain khusus menurun ke bawah atau drop down. Ciri yang lainnya adalah ukuran dari road bike yang kecil, tipis dan juga halus.

Harga dari road bike bisa sangat mahal karena dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah bahan frame yang digunakan memiliki grade yang tinggi serta dilengkapi aksesoris tambahan yang tidak murah. Selain itu, groupset dari road bike yang terdiri dari sprocket, crankset, shifter dan lainnya pada sepeda ini tergolong mahal. 

Sementara berat sepeda road bike dipengaruhi oleh bahan frame dan komponen lainnya. Road bike dengan frame yang terbuat dari carbon, umumnya memiliki berat di bawah 10 kg. sedangkan frame berbahan alumunium berbobot mulai dari 10 kg hingga 14 kg. Semakin ringan bobot sepeda maka makin mahal harganya.

Frame pada road bike umumnya berbahan alumunium, chromoly (steel) dan karbon. Tetapi karbon merupakan bahan yang jarang ditemui pada road bike murah. Berikut adalah kelebihan dari tiap bahan tersebut.



Ini Dia Kelebihan Bahan Road Bike 


ukuran roadbike polygon ukuran size sepeda road bike merk sepeda road bike terbaik di dunia
ukuran sepeda roadbike element




Alumunium

Frame road bike berbahan alumunium memiliki bobot yang ringan dan anti karat. Perawatan sepeda lebih mudah. Frame alumunium memiliki grade yang beragam. Tetapi terdapat kekurangannya yaitu  mudah penyok dan tergores.

Chromoly (steel)

Frame road bike berbahan chromoly lebih nyaman dikendarai serta dapat diperbaiki dengan mudah. Bahan ini juga tahan terhadap karat dan memiliki bentuk yang lebih bervariasi.

Hi-ten steel

Frame dari road bike ini memiliki kekuatan yang mumpuni dan harganya pun tergolong murah. 


Ukuran Road Bike yang Perlu diketahui


ukuran roadbike polygon ukuran size sepeda road bike merk sepeda road bike terbaik di dunia
ukuran size sepeda road bike


Road bike memiliki ukuran yang berbeda-beda. Sebelum Anda membelinya, perlu diketahui ukuran-ukuran dari road bike sehingga sesuai dengan kebutuhan Anda. Sepeda yang pas dengan tinggi badan tentunya lebih nyaman digunakan. Road bike yang tersedia di pasaran adalah mulai dari ukuran XS hingga XXL. Perbedaan ukuran ini mengacu pada ukuran frame sepeda. Anda bisa gunakan panduan di bawah ini saat menentukan ukuran road bike yang pas untuk Anda. 

  • Tinggi badan 150–160 cm, pilih road bike ukuran XS
  • Tinggi badan 160–170 cm, pilih road bike ukuran S
  • Tinggi badan 165–175 cm, pilih road bike ukuran M
  • Tinggi badan 170–180 cm, pilih road bike ukuran L
  • Tinggi badan 175–185 cm, pilih road bike ukuran XL
  • Tinggi badan 180–190 cm, pilih road bike ukuran XXL

Bobot sebuah road bike dipengaruhi oleh bahan frame sepeda serta ukuran rodanya. Ketersediaan fitur-fitur tambahan juga mempengaruhi bobot sepeda. Bobot road bike yang tergolong ringan adalah kurang dari 10 kg. karenanya, selalu baca keterangan mengenai bobot sepeda sebelum membelinya. Umumnya road bike dengan bobot sangat ringan dijual dengan harga yang mahal.

Terdapat banyak roadbike murah dan bagus dengan spesifikasi yang tidak kalah kualitasnya dengan yang mahal. Bersepeda bukan hanya mengikuti trend saja, melainkan juga untuk menjadikan hidup lebih sehat. Anda bisa menggunakan road bike untuk pergi ke kantor, berpetualang menyusuri daerah kota di akhir pekan dan dalam kegiatan lainnya.

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat