Jadilah Sang Penyelamat Bumi

16 komentar


Jadilah Sang Penyelamat Bumi - Secara geografis Indonesia menempati posisi yang luar biasa strategis, di mana terletak di antara dua benua (Australia dan Asia) dan dua benua (Hindia dan Pasifik).


adopsi pohon riau program adopsi sungai hutan itu indonesia


 

Tetapi dari geologisnya, Indonesia berada pada pertemuan tiga lempeng teknonik, ialah lempeng Indo-Australia, lempeng Psifik, dan lempeng Eurasia dan ketiga wilayah ini termasuk wilayah yang rawan bencana (gempa, tsunami, dan gunung berapi).

 

Belum lagi Indonesia yang letaknya di garis khatulistiwa dengan intensitas penyinaran matahari dan curah hujan yang tinggi, proses pelapukan jadi lebih intentsif yang menyebabkan mudah terkena banjir dan longsor.

 

Meski demikian Indonesia juga menjadi salah satu negara yang terkenal akan kekayaan alamnya, pesonanya yang indah, dan kaya akan keberagaman.

 

 

Bencana yang Terjadi di Indonesia

 

 

Coba sebutkan bencana apa saja yang sudah terjadi di Indonesia terkait alam?

 

Ada gempa bumi, letusan gunung berapi, banjir, tanah longsor, kekeringan, gelombang panas, angin topan, epidemmi, hama, penyakit, dan lain sebagainya.

 

Belum lagi bencana yang disebabkan oleh tangan-tangan manusia, seperti apa? Kerusakan lingkungan, pencemaran air, udara, kebakaran, kecelakan transportasi, kegagalan teknologi dan lain sebagainya.

 

Indonesia sendiri jumlah penduduknya semakin hari semakin mengalami peningkatan, dari sini sudah terlihat kebutuhan akan lahan jadi bertambah luas untuk ditinggali. Akibat yang terjadi, desakan terhadap lahan jadi beralih fungsi.

 

Tidak perlu melihat jauh-jauh, di daerah tempat tinggal saya banyak sawah yang sekarang sudah menjadi perumahan. Banyak perkebunan yang sudah dibabat habis jadi rumah, manusia seakan berfikir pemanfaatan lahan ini hanya mendapatkan keuntungan secara ekonomi tanpa bisa memanfaatkan untuk lestari. Hal ini terjadi bertahun-tahun.

 

Maka jadilah penyelamat bumi sejak dini, bagaimana upaya penanggulangan bencara harus dilakukan dan digaungkan terus menerus. Tentu saja harus terkordinasi, terpadu, dan melibatkan seluruh lapisan masyarakat. Baik swasta maupun pemerintah. Walaupun sudah ada Badan Koordinasi nasional Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi (Bakornas PBP).

 

Hal positif yang bisa diambil dari melakukan penyelamatan untuk bumi dalam mengatasi bencana, akan memperkecil ancaman risiko bencana yang terjadi.

 

 

Tanggap dengan Perubahan Iklim

 

 

Penyebab perubahan iklim dipengaruhi oleh sangat banyak hal, seperti penggunaan listrik, emisi gas buang karbon dari transportasi, industri, pabrik, hutan dan lain-lain.

 

Di Indonesia sendiri perubahan iklim bisa dilihat dari musim kekeringan yang realtif jatuh lebih panjang dan lama, sementara wilayah Indonesia bagian timur curah hujan sangat tinggi yang mengakibatkan banyak tanah longsor dan banjir terjadi. Itu yang terlihat dalam dampak lingkungan.

 

Sementara dampak dalam sosial ekonomi, terjadinya gagal panen di sejumlah wilayah karena kemarau berkepanjangan. Yang akhirnya mengancam produksi pangan nasional.

 

IPCC (Intergoverment Panel on Climate Change) memberikan data, bahwa sebagian besar peningkatan rata-rata suhu global sejak abad pertengahan kedua puluh sangat mungkin disebabkan oleh peningkatan gas rumah kaca antropogenik (buatan manusia)

 

Berbeda dengan NASA (National Aeronautics and Space Administration) dan NOAA (National Oceanic and Atmospheric Administration) mencatatat 2016 merupakan tahun terpanas sepanjang sejarah pencatatan suhu permukaan bui sejak tahun 1880.

 

Dampak dari kenaikan suhu ini yakni kepunahan spesies-spesies tertentu, keamanan pangan global dan regional terancam, dan aktivitas manusia lainnya terganggu.

 

Inilah tugas kita melakukan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim, dengan bersama kita pasti bisa. Di mulai dari mana? Bisa dari lingkungan sekitar kita.

 

  • Terus penasaran, kenali, dan dukung aksi pelindungan lingkungan di sekitarmu
  • Gunakan dan tuntut penyediaan barang-barang ramah lingkungan
  • Tolak kebijakan yang berbahaya untuk lingkungan
  • Turut berkolaborasi dan beraksi melawan krisis iklim sesuai keahlian masing-masing
  • Pilih pemimpin yang bisa buat kebijakan perlindungan lingkungan
  • dan lain sebagainya.

 

adopsi pohon riau program adopsi sungai hutan itu indonesia


 

Selamatkan Hutan Selagi Kita Mampu


 

Apa definisi hutan menurutmu?

Pasti akan banyak jawaban yang meluncur dan beragam, tergantung dari bagaimana kita merasakannya. Tapi yang pasti hutan adalah sumber kehidupan dan tempat hidup banyak pohon serta satwa-fauna di dalamnya.

 

Data dari @hutanituid ada beberapa definisi hutan, beberapa di antaranya demikian :


 

adopsi pohon riau program adopsi sungai hutan itu indonesia

1. Hutan adalah supermarket

Hutan menyediakan bahan pangan yang kita konsumsi hari ini, dari buah-buahan, kacang-kacangan sampai rempah-rempah

 

2. Hutan adalah asuransi jiwa

Bagi masyarakat yang tinggal di dalam atau di sekitar hutan, hutan ajadi bagian penting yang menjamin sumber pangan dan ekonomi mereka.

 

3. Hutan sebagai sumber air

Sumber air minum dari 1 kota besar di dunia seperti New York dan mumbai, sumber airnya berasal dari hutan. Di mana pohon bertindak sebagai filter dan memberi kita air bersih yang sangat penting bagi kehidupan.

 

4. Hutan itu superman

Ibarat karakter Clark Kent di film Superman, hutan adalah pahlwan kita dalam melawan perubahan iklim, pepohonan yang ada mendinginkan udara dengan alami dan menghilangkan polutan, serta hutan menyediakan tempat bagi kita untuk beristirawah dan bersantai

 

5. Penyimpanan karbon

Hutan menyerap sekitar 2 miliar ton karbon dioksida setiap tahunnya, saat terjadi deforestasi ia akan melepaskan karbon dioksida ke udara.

 

6. Hutan menjadi penyembuh mental

Hutan selalu membuat individu yang mengunjunginya merasakan ketenangan, beberapa studi juga menyebutkan pentignya ruang hijau dan tutupan pohon di perkotaan bisa mengurangi tingkat obesitas dan kejahatan.

 

adopsi pohon riau program adopsi sungai hutan itu indonesia



Nah, penting banget kan dalam menjaga hutan? Karena hutan berperan penting dalam solusi krisis iklim, termasuk dalam pencegahan (mitigasi) dampak buruknya.

 

Mulai tanam pohon deh mulai sekarang, pohon bisa apa aja atau tanaman apa saja. Rawat dengan baik agar bertumbuh dengan besar, memang tidak instan paling tidak kita sudah bergerak dan ikutan aktivitas adopsi hutan juga sangat diperbolehkan.

 

 

Mengenal Adopsi Hutan itu Apa

 

 

Adopsi hutan adalah kegiatan mengasuh pohon yang ada di dalam hutan, selain itu kita juga bisa aktiv memberikan dana untuk didonasikan dalam merawat pohon. Tidak hanya pohon sih, ada juga flora dan fauna yang tinggal di dalamnya.

 

Tujuan diadakannya adopsi hutan ini yakni menjaga kelestarian pohon yang telah ditanam, agar tetap bisa tumbuh dengan subur, kuat, dan tidak boleh ditebang untuk keperluan manusia yang tiada pernah ada habisnya.

 

Barokallah dengan ikutan #EcoBloggerSquad kemarin, makin disadarkan banget akan pentingnya menyelamatkan bumi dari segala ancaman.

 

Terimakasih hutanituid, oleh kak Tian yang sudah memberikan wawasan banyak hal. Ohya banyak sekali campaign yang sedang dijalankan lho, seperti yang dilakukan oleh Ibu Sumini bersama Lembaga Pelindung Hutan Kampung Mpu Uteun. Para ranger penjaga hutan ini aktif berpatroli 251 hektar hutan Desa Damaran Baru, Kabupaten Bener Meriah, bagian dari 1 juta hektar kawasan Leuser. MasyaAllah.

 

Kalau kita belum bisa seperti para ranger tangguh penjaga hutan ini, tidak ada salahnya kita melakukan aksi melalui dana atau untuk blogger dan penggiat sosial media bisa menyuarakan aksi melalui tulisan dalam memberikan pesan positif mengenai hutan dan lingkungan lho.

 

InsyaAllah bersama #EcoBloggerSquad saya akan menyuarakan aksi sederhana, yang dimulai dari diri sendiri agar bumi terus bisa hidup dan bersemi.


adopsi pohon riau program adopsi sungai hutan itu indonesia


 

Teman-teman jika penasaran dengan aksi dan campaingnya bisa langsung dipantau media sosial berikut ya! Salam.

 

@madani berkelanjutan.id

@hutanituid

@ecobloggersquad

 

Nyi Penengah
Aku suka membaca buku, apalagi membaca hatimu. Mari bekerjasama dengan penuh cinta. Jika berkenan email di sini: nyipenengah@gmail.com

Related Posts

16 komentar

  1. Hal menarik yang bisa dilakukan dengan memulai dari diri kita. Hemat energi, menikmati pangan lokal dan menghabiskan makanan yang dimasak atau dibeli. Menanam pohon dan merawatnya serta mengurangi penggunaan plastik. Ini sudah kulakukan bertahap sih kak

    BalasHapus
  2. ngeri yaa kalo lihat dampak climate change
    bencana alam terjadi di berbagai penjuru bumi.
    semoga kita bisa kontribusi agar planet Bumi kian lestari.
    nurul https://bukanbocahbiasa(dot)com/

    BalasHapus
  3. Manfaat hutan yang luar biasa bagi bumi. Sudah kewajiban kita semua untuk menjaga kelestarian alam dengan apa saja yang kita bisa. Sebagai blogger, tugasnya jadi bertambah yakni menuliskan mengenai langkah kecil yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan bumi.

    Semangat berjuang teruntuk kita semua yang ada di bumi.
    Demi kelangsungan hidup anak cucu kita, kelak.

    BalasHapus
  4. Seandainya semua orang menyadarai jika bumi perlu dijaga bersama-sama, tidak akan terjadi kerusakan ya Kak. Hayuklah ajak orang sebanyak-banyaknya.

    BalasHapus
  5. Sekecil apapun langkah yang kita ambil semoga kita semua bisa ikut serta berperan dan berpartisipasi untuk mendukung program melestarikan lingkungan dan bumi kita ya.

    BalasHapus
  6. bener juga ya mba hutan tuh supermarket, asuransi jiwa, sumber air, dan lainnya yang bermanfaat bagi manusia. Jadi harus dijaga dan dilestarikan

    BalasHapus
  7. Aku tertarik banget sama usaha penyelamatan bumi ini. Langsung follow akun2 di atas biar bisa gabung dengan komunitas yang sama2 peduli dengan lingkungan.

    BalasHapus
  8. Hutan adalah supermarket ini kalau skrng kyknya mungkin gak banyak yang bisa masuk hutan sendiri, seringnya beli produk hasil hutan nonkayu aja di supermarket kyk madu, obat herbal, dll hehe
    Hutan di dunia, khususnya Indonesia emang makin dikit ya, sedih deh. Soalnya berdampak banget sama krisis iklim. Yg bisa kita lakukan emang pilih pemimpin yang pro sama keberadaan hutan dan lingkungan hidup ya.

    BalasHapus
  9. Ih bener banget deh, fungsi hutan saat ini memang irreplaceable ya kak, kayanya apa yg kita butuh itu utk kehidupan yg nyaman itu asalnya dari hutan

    BalasHapus
  10. Peduli terhadap bumi mengajarka kita banyak hal ya mba.
    Karena kalau terjadi apa-apa dengan bumi, kita juga yang rugi dan kena imbasnya.
    Memulai dari hal kecil seperti buang sampah pada tempatnya ya.

    BalasHapus
  11. Menjaga hutan itu penting banget, sebagai masyarakat biasa untuk ikut andil menyelamatkan bumi tentu yang hanya bisa dijangkau, seperti hemat penggunaan listrik , membuang sampah pada tempatnya. tapi jika secara luas harus ada campur tangan pemerintah yang disiplin untuk menindak para perusak hutan. tapi kadang yang berkepentingan ikut..merusak hutan karena mereka memiliki industri..

    BalasHapus
  12. Bener banget. Enggak cuma depok jabar yg panas. Jogja aja skrg jadi panas hiks. Dan aku sepakat kalau kita semua hrs tanggap dengan isu perubahan iklim

    BalasHapus
  13. Unik namanya adopsi hutan, jd kita tetep bisa kontribusi merawat hutan walau tak bs bersentuhan langsung ya. Senang ada yg menginisasi atau menyalurkan dg media ini. Nyatanya perubahan iklim ini benar2 sedang mengkhawatirkan kalau terus2an diabaikan

    BalasHapus
  14. Isu perubahan iklim bener2 memengaruhi banyak hal sekaligus banyak menimbulkan masalah dalam hidup, sayangnya tindakan manusia yang tidak bertanggungjawab seringkali jadi penyebab utamanya. hiks..

    BalasHapus
  15. Ahh iya bener banget harusnya generasi kita bisa memutus mata rantai kerusakan bumi, kasian anak cucu kita yg kena batunya lagi.
    Hutan harus kita jaga, agar kerusakan alam tidak berlanjut lagi.
    ~ mudrikaah ~

    BalasHapus
  16. Wah keren nih lengkap banget mbak infonya, akupun tertarik untuk ikut serta.. Dan semuanya harus di mulai dari hal2 sederhana ya

    BalasHapus

Posting Komentar