Inilah 8 Jenis Strategi Pemasaran Online Paling Efektif dan Mudah

6 comments


Inilah 8 Jenis Strategi Pemasaran Online Paling Efektif dan Mudah - Jenis strategi pemasaran online banyak sekali, yang bisa diterapkan dalam berbisnis. Bisnis sendiri adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu maupun organisasi yang memiliki tujuan untuk menghasilkan keuntungan.


jenis strategi pemasaran 4 strategi pemasaran strategi pemasaran pdf strategi pemasaran menurut para ahli
Inilah 8 Jenis Strategi Pemasaran Online Paling Efektif


 

Keuntungan yang dihasilkan ini bersumber dari produk atau jasa yang diberikan tergantung dengan kualitas dan kebutuhan konsumen.

 

Meskipun demikian kualitas dari barang dan jasa yang diberikan oleh sebuah bisnis sudah yang terbaik, hal itu akan kurang dengan tidak memahami bagaimana strategi pemasaran yang baik.

 

Strategi dalam memasarkan produk merupakan hal yang sangat penting untuk pengembangan bisnis kedepannya.

 

Namun menurut data yang dilansir dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) hanya 8% pelaku UMKM dari 59.2 juta yang melakukan strategi pemasaran digital.

 

Padahal menurut hasil survey berjualan dengan melakukan strategi pemasaran secara online dapat memberikan pendapatan 80% lebih tinggi dibandingkan offline.

 

Maka dari itu penting bagi setiap bisnis untuk mengaplikasikan strategi pemasaran pada produk atau jasanya.

 

Tips Strategi Pemasaran Produk Secara Online 

 


jenis strategi pemasaran 4 strategi pemasaran strategi pemasaran pdf strategi pemasaran menurut para ahli
Tips strategi pemasaran


 

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat strategi pemasaran bisnismu menjadi efektif.

 

1. Kelola media sosial 

media sosial  dalam penerapan strategi pemasaran online adalah hal yang yang sangat penting mengingat penggunaannya yang begitu masif.

 

Maka dari itu penggunaan media sosial merupakan hal yang wajib dilakukan oleh sebuah bisnis dalam usaha melakukan strategi pemasaran.

 

Beberapa media sosial  yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan strategi pemasaran contohnya adalah Instagram, Twitter hingga Facebook.

 

Pada media sosial  tersebut sebuah bisnis dapat mengunggah konten-konten menarik yang berkaitan dengan jenis usaha yang dijalankan.

 

Selain itu media sosial  juga dapat dimanfaatkan untuk beriklan karena saat ini hampir semua media sosial  memiliki fitur iklan yang dapat digunakan oleh sebuah bisnis untuk memperkenalkan produknya ke masyarakat lebih luas.

 

2. Pelajari search engine optimization (SEO) 

SEO adalah metode yang lahir di era digital saat penggunaan internet telah menjadi umum.

 

Saat ini strategi marketing yang memanfaatkan SEO masih menjadi salah satu strategi yang paling efektif tidak hanya untuk bisnis besar tapi juga untuk bisnis sekelas UMKM.

 

Namun untuk memanfaatkan strategi ini kamu membutuhkan website yang digunakan untuk menjalankan bisnis.

 

Selain memiliki website hal yang perlu dilakukan juga oleh suatu perusahaan untuk mengelola SEO marketing adalah menghasilkan konten artikel yang berkaitan dengan bisnismu.

 

3. Gunakan search engine management (SEM)

Hampir mirip dengan SEO, SEM juga berfungsi untuk memberikan traffic terhadap website bisnis atau perusahaan.

 

Namun yang membedakannya dari SEO adalah SEM merupakan sistem berbayar yang disediakan oleh mesin pencarian.

 

Kelebihannya adalah ketika kamu menggunakan SEM maka otomatis semua produk dan jasa yang kamu tawarkan akan muncul di halaman pertama mesin pencarian.

 

4. Kembangkan pasar lewat e-commerce 

Internet seakan menjadi portal bagi segala peluang-peluang yang hadir saat ini, dan salah satu bukti peluang tersebut adalah lahirnya platform e-commerce.

 

Hadirnya e-commerce di tengah masyarakat telah banyak membantu perusahaan satu UMKM untuk memasarkan produk atau jasanya ke pasar yang lebih luas.

 

Maka dari itu rasanya sangat disayangkan jika sebuah brand atau perusahaan tidak memanfaatkan peluang ini untuk memasarkan produknya.

 

Salah satu platform e-commerce yang bisa dimanfaatkan untuk memasarkan produk dan jasa adalah LaDaRa.

 

5. Jalin kerjasama dengan reseller 

Reseller adalah sistem jual yang tidak menggunakan modal dan tidak perlu memproduksi dan menyimpan stok barang.

 

Jenis bisnis ini sangat cocok untuk bisnis atau perusahaan yang memproduksi barang sendiri karena tentunya dengan kerjasama ini akan meningkatkan nilai penjualan produk.

 

Maka dari itu penting untuk sebuah bisnis atau perusahaan menjalin kerjasama dengan reseller untuk membantu penjualan.

 

6. Amati kompetitor 

Strategi ini umum digunakan pada setiap model bisnis, namun menjadi semakin penting dalam format pemasaran secara digital.

 

Hal ini disebabkan karena faktor-faktor persaingan pasar digital begitu kompetitif maka penting untuk sebuah bisnis atau perusahaan menampilkan yang lebih baik dari kompetitornya.

 

7. Email marketing 

Strategi ini adalah strategi yang menggunakan email sebagai platform utama untuk menyebarkan informasi terkait produk atau jasa.

 

Salah satu tools yang bisa digunakan untuk melakukan email marketing adalah mailchimp yang bisa mengirim 200 email selama satu bulan.

 

Demikian di atas beberapa tips dan jenis strategi pemasaran yang bisa dilakukan secara online untuk pengembangan bisnis semakin besar.

 

Nah semoga 7 strategi pemsaran bermanfaat untuk strategi bisnis anda di masa depan.

Nyi Penengah
Aku suka membaca buku, apalagi membaca hatimu. Mari bekerjasama dengan penuh cinta. Jika berkenan email di sini: nyipenengah@gmail.com

Related Posts

6 comments

  1. Tips strateginya keren, Mbak. Gak bisa dipungkiri, di era serba online sekarang ini, media sosial memang sangat memegang peranan.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih tips-nya, Mbak.
    Pemasaran online memang saat ini lebih menjanjikan, saya sendiri meskipun tak hanya sekali kurang puas dengan barang yang datang saat belanja online tapi tidak kapok juga, malah terbantu banget dg yg serba onlen. Jadi yang punya bisnis memang penting banget meningkatkan pemasaran online-nya

    ReplyDelete
  3. Kuncinya emang harus update ilmu tetus ya nyi. Mrngikuti perkembangan supqya ga ketinggalan

    ReplyDelete
  4. Wah aku baru tahu tentang SEM, ternyata mirip ya cara kerjanya dengan SEO. Cuma bedanya jadi lebih mudah tampil di halaman muka mesin pencari Google

    ReplyDelete
  5. Berbisnis memang ada strategi selain punya tim yg suport ya mba...

    ReplyDelete
  6. Aku baru tahu soal Ladara ini.. bermanfaat nih buat pelaku2 bisnis biar makin moncer.

    ReplyDelete

Post a Comment