Sering Dianggap Remeh, 6 Hal Berikut Wajib Kamu Patuhi Saat Berada di Dalam Pesawat!

Post a Comment

Sering Dianggap Remeh, 6 Hal Berikut Wajib Kamu Patuhi Saat Berada di Dalam Pesawat- Dalam beberapa pekan terakhir, penanganan kasus COVID-19 menunjukkan hasil yang memuaskan. Beberapa wilayah berhasil mengalami penurunan kasus harian hingga berpengaruh ke penurunan level PPKM di berbagai daerah.


apakah boleh main hp saat naik pesawat apa saja larangan saat naik pesawat daftar barang yang dilarang di pesawat sebutkan beberapa pembatalan tiket



Kondisi tersebut mendorong pemerintah untuk melonggarkan beberapa aktivitas masyarakat. Salah satunya berkaitan dengan syarat naik pesawat new normal terbaru. Meskipun tingkat penularan pandemi dapat dikendalikan, bukan berarti kamu mengabaikan syarat ketika melakukan perjalanan, bukan?

Selain memenuhi syarat perjalanan berbagai moda transportasi selama era new normal, terdapat hal yang harus kamu perhatikan ketika menggunakan berbagai macam transportasi. Di antaranya hal-hal yang harus diperhatikan ketika berada di dalam pesawat.

Sayangnya, sebagian orang masih menganggap sepele beberapa hal yang seharusnya perlu diperhatikan ketika berada dalam pesawat. Jika kondisi ini terus dibiarkan, maka tidak hanya berpotensi membahayakan diri sendiri, tetapi juga seluruh penumpang di dalam pesawat.

Melalui Undang-Undang No. 1/209 tentang Penerbangan, pemerintah telah menghimbau para penumpang pesawat untuk mendukung peningkatan keselamatan dan keamanan selama penerbangan.

Lalu apa saja sih, hal-hal yang harus diperhatikan ketika berada dalam pesawat? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!


Mematuhi Awak Kabin


Dalam Undang-Undang No. 1/209 tentang Penerbangan, poin pertama yang harus diperhatikan oleh para penumpang adalah mematuhi petunjuk yang diberikan oleh awak kabin.

Namun pada kondisi tertentu, masih saja ditemukan beberapa penumpang yang mengabaikan instruksi dari awak kabin. Beberapa di antara mereka lebih memilih untuk tidur sembari mendengarkan musik.

Kondisi ini tentu jangan sampai kamu tiru, ya. Mendengarkan dengan seksama dan mematuhi arahan dari awak kabin nggak ada ruginya, kok. Justru menambah wawasan kamu terkait prosedur keamanan dan keselamatan selama penerbangan berlangsung.

Menurut beberapa riset, sekitar 80 persen kecelakaan pesawat terjadi di saat take off dan landing. Oleh karena itu, dengan memerhatikan instruksi dari awak kabin dengan seksama, dapat meminimalisir kemungkinan terburuk ketika penerbangan berlangsung.

 

Jangan Menggunakan Smartphone di Dalam Pesawat


apakah boleh main hp saat naik pesawat apa saja larangan saat naik pesawat daftar barang yang dilarang di pesawat sebutkan beberapa pembatalan tiket


Hal yang satu ini terkadang masih dianggap remeh oleh beberapa penumpang pesawat. Sesaat setelah pesawat mendarat, banyak dari mereka yang menghidupkan kembali gawai masing-masing.

Perlu kamu garis bawahi jika larangan menghidupkan gawai tidak hanya berlaku saat pesawat take off, loh. Larangan menghidupkan gawai masih berlaku meskipun pesawat sudah mendarat di tempat tujuan.

Hal ini dikarenakan pilot tidak ingin mengalami hambatan terkait navigasi penerbangan baik dalam kondisi take off maupun ketika landing. Jadi, pastikan untuk tidak menghidupkan dan mengoperasikan handphone, meskipun pesawat yang kamu tumpangi sudah mendarat, ya!


Tidak Bercanda Soal Bom


Wacana dan hoaks terkait peledakan bom di pesawat tidak bisa dianggap remeh. Selain dapat memicu kericuhan, hoaks dan candaan terkait bom di pesawat dapat memunculkan kekhawatiran bagi seluruh penumpang dan awak kabin.

Tidak jarang pula, banyak maskapai yang melakukan pembatalan dan penutupan akses bandara untuk melakukan penyelidikan. Oleh karena itu, candaan terkait bom di pesawat bukanlah hal yang bisa dianggap sepele.

Bagi siapa pun yang terdeteksi melakukan candaan konyol ini, maka siap-siap saja terkena sanksi berupa denda hingga hukuman penjara.


Tidak Membuka Pintu Darurat Tanpa Instruksi Awak Kabin


Pintu darurat hanya difungsikan ketika dalam kondisi darurat saja. Artinya, pintu darurat tidak bisa dibuka kapan pun tanpa adanya instruksi dari para awak kabin.

Beberapa waktu lalu sempat heboh seorang anak yang membuka tuas pintu darurat ketika pesawat sedang mengudara. Akibatnya, pesawat tersebut terpaksa melakukan pendaratan darurat.

Kondisi tersebut tentu menyadarkan seluruh penumpang dan awak kabin untuk tidak lalai dalam mengawasi penumpang di bawah umur. Terlebih bagi orang tua agar lebih mengawasi anak-anaknya ketika berada di dalam pesawat.

Hal ini penting untuk dipahami agar tidak menimbulkan berbagai kerugian, baik bagi diri sendiri maupun penumpang yang lainnya.

Selain menumbuhkan kesadaran untuk saling mengawasi satu sama lain, kondisi ini berkaitan dengan bagaimana kita menerapkan apa yang telah diinstruksikan oleh awak kabin.

 

Membaca Petunjuk Keselamatan yang Tersedia



apakah boleh main hp saat naik pesawat apa saja larangan saat naik pesawat daftar barang yang dilarang di pesawat sebutkan beberapa pembatalan tiket

Selain memperhatikan instruksi dari para awak kabin, kamu juga bisa membaca petunjuk keselamatan yang telah disediakan. Membaca petunjuk keselamatan dapat mempermudah kamu untuk memahami dan menerapkan segala prosedur yang berlaku ketika penerbangan berlangsung.

Jangan ragu untuk bertanya pada awak kabin, jika kamu menemui kendala terkait pemahaman prosedur keselamatan penerbangan.


Perhatikan Hal-hal yang Dilarang Selama di Pesawat


Untuk memaksimalkan keamanan dan kenyamanan, terdapat hal-hal yang dilarang ketika kamu berada di pesawat. Selain larangan menghidupkan handphone, terdapat beberapa hal lain yang dilarang.

Misalnya, membawa hewan tanpa surat keterangan dari badan tertentu, membawa benda tajam, dan memiliki aroma menyengat, membawa powerbank dengan daya di atas 10.000 mAh, serta larangan lainnya yang wajib kamu patuhi.

Dengan mematuhi berbagai prosedur keamanan dan kenyamanan selama penerbangan, maka perjalanan udaramu akan lancar tanpa kendala apa pun. Pengalaman terbang di udara akan semakin mudah dan menyenangkan dengan reservasi tiket pesawat di Traveloka Lifestyle SuperApp.

Melalui berbagai kemudahan dan keunggulan yang ditawarkan, kamu bisa pesan tiket suka-suka tanpa beban. Tunggu apalagi? Cek harganya dan reservasi sekarang!

Nyi Penengah
Aku suka membaca buku, apalagi membaca hatimu. Mari bekerjasama dengan penuh cinta. Jika berkenan email di sini: nyipenengah@gmail.com

Related Posts

Post a Comment