Tips Mendampingi Anak Belajar di Rumah

9 comments


Tips Mendampingi Anak Belajar di Rumah - Kegiatan belajar-mengajar saat ini memang belum sepenuhnya dilakukan di sekolah, oleh sebab itu berbagai tantangan kerap menjadi kendala ketika belajar di lakukan di rumah. 


tips mendampingi anak paud belajar di rumah tips mendampingi anak belajar di masa pandemi mendampingi anak belajar di rumah pdf



Misalnya nih, anak jadi lekas bosan dikarenakan tidak ada interaksi antar sesama teman seperti ketika di sekolah. Demikian juga mengenai konsentrasi anak ketika belajar, dan kemampuan dalam memnyerap pelajaran melalui daring jadi berkurang. 


Jadi, bagaimana menyikapi hal ini agar anak-anak di rumah bisa belajar dengan optimal dan efektif dalam mendampingi buah hati belajar? Yuk intip tips mendampingi anak belajar. 


8 Tips Mendampingi Anak belajar di Rumah


Sebelum masa pandemi terjadi, anak-anak ogah setiap di suruh berangkat ke sekolah karena harus bangun pagi-pagi dan mengerjakan PR. Mereka tidak bisa bersantai seperti pada waktu hari libur. Di masa pandemi justru mereka dipaksa untuk tidak sekolah dan belajar melalui daring hal ini akan merubah segala tatanan jadwal keseharian bagi anak dan orangtua. merupakan tantangan tersendiri dan harus pintar-pintar dalam membagi waktu. Berikut tips yang bisa diterapkan agar semuanya berjalan dengan keseimbangan. 


Memahami karakteristik anak-anak

Setiap anak memiliki karakteristiknya sendiri, mereka juga memiliki cara belajar efektif yang berbeda. Maka sebagai orangtua kita harus tahu dan memahami apa yang mereka inginkan, dengarkan pendapat dan ide mereka lantas ambil jalan keluar yang disetujui bersama.


Membuat jadwal harian yang harus dipatuhi

Managemen ketika anak harus ke sekolah dan belajar dari rumah saja pasti berbeda. Akan ada bentrok kegiatan dari orangtua, maka membuat jadwal adalah pilihan yang bijak. Tulis daftar apa saja yang setiap hari dilakukan. Kapan jadwal anak bangun, belajar, makan, dan istirahat.Demikian juga dengan bunda, kapan anak harus belajar dengan jadwal yang diberikan oleh pihak sekolah jangan sampai bentrok dengan jadwal bunda di rumah. Dengan mendampingi anak dalam belajar, bunda jadi lebih tahu memaksimalkan anak mendapatkan pelajaran yang efektif. Misalnya anak kurang memahami dalam bahasa Inggris atau matematika, bisa nih ditambahkan belajar bimbel selain mendapatkan ilmu dari sekolah. Agar bisa mengejar ketinggalan dan jadi lebih memahami pelajaran.


Memberikan rasa aman dan nyaman

Tidak dipungkiri dalam belajar, tempat dan kondisi yang nyaman akan membuat anak mudah dalam menyerap pelajaran. berbeda dengan keadaan yang berantakan, atau tertekan. Maka sebagai orangtua memiliki kewajiban memberikan rasa aman dan nyaman. Aman dengan tempat yang disediakan, nyaman dengan perlindungan yang diberikan agar anak bisa fokus belajar.


Memberikan solusi belajar dengan cara yang menyenangkan


tips mendampingi anak paud belajar di rumah tips mendampingi anak belajar di masa pandemi mendampingi anak belajar di rumah pdf


Belajar dengan dibentak-bentak akan berbeda hasilnya dengan yang lemah lembut. Sudah tidak jamannya menggunakan metode keras dalam memberikan pelajaran, maka gunakan cara kreatif yang lain. Belajar dengan bersenang-senang justru membuat anak lebih bahagia dan pelajaran dapat masuk ke otak dengan baik


Memberikan waktu untuk anak melakukan hal yang disenanginya

Tidak hanya orang dewasa saja yang mudah penat dan bosan, demikian halnya anak kecil ketika belajar. Setelah belajar berikan waktu istirahat dan bermain sesuai dengan keinginannya. Hal tersebut akan membuat anak bisa bertumbuh dengan baik, atau berikan waktu bermain dengan teman sebayanya di lingkungan sekitar yang dekat dengan rumah.


Belajar bersabar baik orangtua dan anak

Masa pandemi memang menjadi tantangan dan hentakan keras dalam kehidupan sehari-hari kita. Tidak orang dewasa saja, tetapi juga anak-anak. Maka ketika mendampingi aktivitas anak dalam belajar, orangtua harus belajar sabar dalam mendampingi. Karena jujur saya mendapatkan curhatan dari sana-sini mengenai adaptasi baru belajar di rumah ini yang membuat orangtua engap-engapan dalam mendampingi. Konflik yang bercampur ini kadang membuat perasaan jadi campur aduk, maka sabar adalah kunci dari segala hal.


Belajar mensyukuri waktu

Tidak ada gunanya marah-marah dan menyalahkan. Kita justru harus bersyukur diberikan waktu untuk beristirahat dari segala rutinitas panjang yang tiada hentinya. Manfaatkan waktu bersama dengan anak-anak, dalam hal mendampingi ketika belajar yang biasanya kita sibuk tidak sempat bahkan hanya bertemu anak ketika dia tidur. Maka waktu pandemi inilah, gunakan untuk saling mendekatkan diri dengan orang yang ada di rumah.


Menumbuhkan suasana produktif

Menyesuaikan belajar atau bekerja dari rumah di masa pandemi, memang membutuhkan waktu dan adaptasi. Jadi PR orangtua untuk menumbuhkan suasana yang produktif, yang kurang lebihnya sama seperti saat mereka bersekolah. Ada saatnya belajar, ada saatnya bermain jadi ketika belajar hindari menyalakan TV atau hal lain yang membuat anak kedistrak dalam belajar. 


Memang tidak mudah mendampingi anak dalam belajar ketika di rumah, apalagi jika anaknya banyak ya kan? Tapi hal tersebut membuat orangtua jadi belajar sekaligus tertantang. Semoga artikel 'Tips Mendampingi Anak Belajar di Rumah', dapat bermanfaat ya. salam.


Nyi Penengah
Aku suka membaca buku, apalagi membaca hatimu. Mari bekerjasama dengan penuh cinta. Jika berkenan email di sini: nyipenengah@gmail.com

Related Posts

9 comments

  1. Saat ini adalah saat2 yg tepat untuk membangun bonding antar orangtua dan anak. Di rumah saja membuat waktu bersama anak semakin banyak

    ReplyDelete
  2. Bener banget, saat WFH seharusnya dijadikan waktu yang tepat untuk membangun kebersamaan bersama buah hati. Ini aku agak nyesel karena udah WFO padahal aku merasa masih banyak salah dalam pengasuhan anak apalagi pas mendampingi belajar, lebih sering keluar tanduk hiks.

    ReplyDelete
  3. Dari PJJ ini saya jadi banyak belajar dari anak, kunci utamanya memang di keterlibatan orang tua. Jadi, saat ada tugas, orang tua ikut mengerjakan, pura-pura tidak bisa lalu memecahkan masalah bersama. Bukan sekedar menunggui tetapi betul-betul hadir dan mendampingi. Tapi, tantangan besar juga bagi orang tua yang WFH, kesannya enak tapi bagi waktunya sungguh luar biasa repotnya :D

    ReplyDelete
  4. Menemani belajar anak saat kita bisa berkomunikasi sembari bercerita dengan anak tentang kesulitan dan memberi jalan keluar, ikatan bonding semakin kuat ya

    ReplyDelete
  5. Trims tipsnya bermanfaat. Terutama soal jadual harian ya. Tiap malam skrg suka saling cek dengan anak2

    ReplyDelete
  6. Mbak anak keduaku bosan sekolah online 😢😭mumet aku tuh. Kasian dia jadi bingung ga ada kegiatan. Kuajak main ini itu belum tentu mau pula. Tak praktik in tips nya ya

    ReplyDelete
  7. Tak terasa pas pandemi gini aku jg ambil posisi jadi guru anak2 haha
    Emang kdng suka gemes pas anaknya diajarin gk bisa2 wkwk :P
    Tp bener kudu bikin kegiatan belajar senyaman mungkin buat anak supaya si anak jg gak bete dan msh mau belajar ma ortunya :D

    ReplyDelete
  8. Sejak punya anak sekolah meskipun masih paud tapi saya belajar gimana menemani dia belajar, tapi kalau sudah nggak mood ya sudah dibiarkan saja.

    ReplyDelete
  9. Saya punya PR besar yaitu mendisiplinkan anak dan membuatnya taat pada jadwal. Padahal pengen banget ia bisa mandiri bahkan menentukan jadwal sendiri. Baca ini jadi makin terpantik untuk dampingi anak belajar.

    ReplyDelete

Post a Comment