Tata Cara dalam Berwudhu, dan Doa Sebelum Wudhu

Post a Comment


 Tata Cara dalam Berwudhu, dan Doa Sebelum Wudhu - Wudhu merupakan salah satu cara yang dilakukan orang yang beragama Islam, dengan menyucikan anggota tubuh menggunakan air. Sebagai seorang muslim, maka Anda diwajibkan untuk melakukan sholat lima waktu. Sebelum Anda melakukan sholat, Anda juga diwajibkan untuk berwudhu terlebih dahulu. Wudhu di sini merupakan salah satu cara dalam membersihkan beberapa anggota tubuh Anda. Tujuannya adalah agar Anda bisa beribadah dalam keadaan yang suci, bersih, dan bebas dari najis.


tata cara wudhu dari awal sampai akhir tata cara wudhu yang benar sesuai sunnah gambar tata cara wudhu
tata cara wudhu dari awal sampai akhir



Hal ini tentunya bukan hanya sekedar membersihkan saja, melainkan wudhu juga memiliki urutan yang harus Anda patuhi. Berikut ini akan dijelaskan tata cara berwudhu dari awal sampai akhir, dengan cara yang benar dan lengkap dengan niat serta doa sebelum maupun doa sesudah wudhu


  1. Membaca Niat Berwudhu


Hal pertama yang harus dilakukan sebelum berwudhu adalah membaca niatnya terllebih dahulu. Niat disini diartikan sebagai sebuah kesungguhan untuk menjalankan wudhu. Hal ini dilakukan karena perintah Allah SWT semata. Membaca niat berwudhu juga merupakan ajaran dari Rasulullah SAW. Niatnya berbunyi nawaitul wudhuu-a liraf’ll hadatsil ashghari fardhal lilaahi ta’aalaa. 


  1. Cuci Kedua Telapak Tangan


Gerakan pertama adalah mencuci kedua telapak tangan. Bersihkan tangan hingga ke bagian sela-sela jari, dimulai dari tangan kanan kemudian tangan kiri sebanyak 3 kali. Beberapa oarng bahkan mengucapkan basmallah sembari membasuh tangannya. Namun, Anda tidak perlu khawatir apabila lupa, karena wudhu Anda tetap dianggap sah. 


  1. Berkumur


Gerakan berikutnya adalah berkumur. Tadahkanlah tangan Anda dan ambillah air, kemudian masukkan kembali air kedalam mulut. Berkumurlah hingga sisa kotoran di gigi Anda tersebut hilang. Lakukan kumur-kumur ini sebanyak 3 kali. Buang air kumurannya ke sebelah kiri. 


  1. Membasuh Hidung


Basuhlah hidung Anda secara menyeluruh hingga ke bagian dalam hidung. Tujuannya adalah untuk menghilangkan kotorean yang ada di dalam hidung Anda. Sebagian orang lebih memilih untuk mengusap bagian dalam hidungnya dengan jari. Sementara lainnya menghirup air kemudian mengelurkannya dengan cara memencet hidung. Lakukanlah sebanyak 3 kali. 


  1. Membasuh Wajah


Ambil air dari keran dengan mengatupkan kedua tangan Anda sebagai wadah air. Kemudian, bilaslah semua air tersebut ke seleuruh wajah Anda. Basuhlah wajah Anda dengan gerakan yang memutar dari tengah ke bagian ujung kepala, dimana bagian tersebut ditumbuhi oleh rambut. 


Lalu, basuhlah mengarah ke luar seperti ke arah pipi, dan terakhir ke bagian bawah dagu. Lakukan gerakan ini sebanyak tiga kali juga.


  1. Basuh Tangan Sampai ke Siku


Basuhlah tangan Anda mulai dari sela jari hingga siku Anda sebanyak 3 kali, masing-masing bagian kanan dan kiri. 


  1. Membasuh Kepala


Gerakan berikut ini adalah membasuh kepala. Basuhlah kepala Anda dengan menggunakan sedikit air, mulai dari dahi, ujung dahi, hingga membasahi sebagian dari kepala Anda. Usahakan untuk mengenai kulit kepala Anda. 


tata cara wudhu dari awal sampai akhir tata cara wudhu yang benar sesuai sunnah gambar tata cara wudhu
tata cara wudhu yang benar sesuai sunnah



  1. Basuh Kedua Telinga


Cara membasuh kedua telinga ini adalah dengan memasukkn jari telunjuk ke dalam telinga. Sementara ibu jari membasuh daun telinganya. Ketika membersihkannya, lakukan dengan gerakan memutar yang dimulai dari dalam hingga ke luar telinga. 


  1. Membasuh Kedua Kaki


Gerakan terakhir dalam berwudhu adalah dengan membasuh kaki. Caranya, basahi kaki Anda mulai dari telapak kaki hingga sampai ke mata kaki. 


  1. Tertib


Hal terakhir yang perlu Anda lakukan adalah tertib ketika sedang melakukan wudhu tanpa ada yang tertinggal. 


Demikianlah tata cara wudhu yang benar sesuai sunnah, niat, serta doa sebelum wudhu dan sesudahnya. Coba cek lagi wudhu anda dan anggota keluarga, apakah sudah benar atau belum. Semoga penjelasan ini bermanfaat ya, sekaligus bisa Anda ajarkan kepada anak di rumah atau siapa pun yang ingin belajar tata cara berwudhu dari awal sampai akhir. Salam.


Referensi pendukung:

Gambar by Canva, edited by me
Nyi Penengah
Aku suka membaca buku, apalagi membaca hatimu. Mari bekerjasama dengan penuh cinta. Jika berkenan email di sini: nyipenengah@gmail.com

Related Posts

Post a Comment