Penting Jaga Kesehatan Sebelum Vaksin

Post a Comment

 

Penting Jaga Kesehatan Sebelum Vaksin - Cek kesehatan sebelum vaksin, sudahkah kamu lakukan? Saya mau bikin pengakuan jujur nih, hehehe ... saya termasuk dari sekian banyaknya orang yang takut divaksin. Apalagi hoax yang beredar makin bikin stres, ada yang meninggal lah, ada yang bisa bikin janin keguguran, bikin anak jadi kejang, dan lain sebagainya.


kesehatan sebelum vaksin cek kesehatan sebelum vaksin syarat kesehatan sebelum vaksin tes kesehatan sebelum vaksin covid
Penting Jaga Kesehatan Sebelum Vaksin


 

Tapi saya bersyukur, dunia saya nggak sesempit itu. Saya masih suka membaca, dan mencari kebenaran dari sebuah argumen atau berita dari sumber aslinya.

 

Jadi seseorang yang sebelum vaksin itu, akan dicek dahulu syarat kesehatan sebelum vaksin. Nggak main ambil jarum suntik aja, namun ada tahap screening kesehatan sebelum vaksin. Saya pun mencari informasi dari beberapa teman dan kerabat yang sudah vaksin dan efeknya. Biar siap mental pas mau vaksin.

 

 

Maju Mundur Vaksin?

 

 

Pada tanggal 30 September 2021 lalu, di Kelurahan Muncang diadakan vaksinasi untuk orang dewasa dan saya lupa jadwal tersebut. Udah aja rendem pakaian seember, terus tetangga-tetangga udah pada heboh mau vaksin. Terus ada yang pulang juga, yang ternyata dosis kedua harus sama dengan vaksin jenis yang pertama. Kuota yang ada 150 orang saja, dan sudah ludes.

 

Jadilah saya dan mas suami yang mau vaksin tidak jadi, ditambah mas suami udah jiper duluan mengingat jarum suntik hahaha ... duh saya jadi pengen ketawa kalau ingat. Pria tangguh yang saya sayangi ternyata takut juga sama jarum suntik.

           

Yang terjadi setelah vaksinasi di daerah suami usai, dia merasa agak menyesal begitu. Kita mencari tahu nih melalui akun publik sebuah media lokal yang akurat, dan ternyata ada jadwal vaksin juga tapi letaknya jauh-jauh. Saya riskan ninggal mertua yang sudah sepuh, dan harus dipapah untuk ke kamar mandi. Akhirnya dengan memantapkan hati saya dan suami akan ke puskesmas. Keesokan harinya. Meski sempat maju mundur, allhamdulillah kami memberanikan dan berikhtiar untuk berpartisipasi sebagai jalan ninja melindungi diri, orang sekitar, dan tentunya masyarakat yang kesemuanya ingin Indonesia bebas merdeka dari sebuah virus yang yang sudah banyak menelan korban jiwa.

 

Setelah menuju puskesmas, kami disarankan untuk pergi ke desa Karangbrei, di sana ada quota 500 orang bisa vaksin. Awalnya nggak yakin nih orang tetangga desa sebelah bisa nimbrung, setelah mas suami maju ke bagian registrasi bisa. Kami menyerahkan fotokopi KTP sebagai data dan mendapatkan nomor antrian. Allhamdulilah, dilancarkan tes kesehatan sebelum vaksin covid dan aman. Suntiknya cepet banget kelar. Ada yang melega di dada saya, seolah berjalan seringan kapas.


kesehatan sebelum vaksin cek kesehatan sebelum vaksin syarat kesehatan sebelum vaksin tes kesehatan sebelum vaksin covid
syarat kesehatan sebelum vaksin


 

Jadi buat teman-teman yang belum vaksinasi, tetap semangat dan harus meyakinkan diri. Vaksinasi merupakan upaya terefektif yang bisa kita lakukan sekarang ini, untuk mengendalikan virus corona tidak menyebar lebih luas lagi dan tubuh kita juga mendapatkan herd immunity atau kekebalan kelompok.


 Persiapan Diri Sebelum Vaksin dari Dokter Reisa Broto Asmoro

 

 

Saya sengaja mencari tahu segala hal terkait sebelum vaksin dan setelah vaksin, agar siap sedia jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi menyangkut dengan kesehatan ya kan? Sungguh kesehatan adalah harta yang paling berharga, yang harus kita jaga.

 

Jadi ini dia tiga persiapan sebelum suntik vaksin Covid-19 yang harus dilakukan:

 

Menjaga kesehatan dan kondisi fit sebelum divaksinasi

 

Kondisi badan yang tahu ya hanya kita sendiri. Pastikan kondisi badanmu sehat walafiat, tidak sedang sakit. Baik sakit berat ataupun ringan, kalau sakit gigi kayak saya kemarin tidak masalah kata pak dokter.

 

Waktu screening kesehatan sebelum vaksin, saya juga sehat dan dinyatakan tekanan darah dibawah 200, pun suhu tubuh normal. Allhamdulillah.

 

Persiapan kesehatan yang lain, adalah tidur yang cukup ya, gaya hidup sehat jaga, baik makan dengan makanan yang bergizi, dan minum air mineral yang tercukupi. Hindari merokok, berolahraga ringan setiap hari.

 

Melakukan Pendaftaran dan Memastikan Namamu Terdaftar

 

Saya kemarin mendaftar dapat nomor 238, dari pagi jam 8-an dan dapatnya menjelang dhuhur. Lumayan lama banget, tapi allhamdulillah perjuangan menunggu bikin lega sih udah vaksin ini.

 

Jadi yang pertlu dipastikan adalah kamu telah terdaftar dan mendapatkan nomor antrian di pos vaksinasi. Baik pendaftaran online maupun di lokasi langsung.

 

Kemarin saya melalui 4 tahap meja:

 

  • Meja 1 untuk registrasi
  • Meja 2 untuk cek tensi dan suhu
  • Meja 3 untuk screening dengan dokter
  • Meja 4 untuk suntik vaksinasi.

 

kesehatan sebelum vaksin cek kesehatan sebelum vaksin syarat kesehatan sebelum vaksin
cek kesehatan sebelum vaksin



Semua tahap saya lalui dengan sabar, dan deg-degan juga hehehe ... jarum suntik gitu lho. Kena luka pisau diki aja sembuhnya lama ya kan? Oh ya, ingat juga untuk memakai baju yang berlengan pendek, untuk memudahkan petugas menyuntikan vaksin. Yang berhijab, diakalin aja memakai pakaian yang memudahkan. Kalau saya sendiri memakai jaket, daleman baju pendek, dan hijab lebar untuk menutupi pas vaksinnya. Namun biaanya ada ruang tertutup khusus kok, untuk yang berhijab.

 

Sampai di sini, semoga pengalaman saya sebelum vaksin, dapat bermanfaat ya! Sehat selalu kita semua, dan semoga Indonesia lekas pulih dari virus Covid-19. Aamiin.

 

Nyi Penengah
Aku suka membaca buku, apalagi membaca hatimu. Mari bekerjasama dengan penuh cinta. Jika berkenan email di sini: nyipenengah@gmail.com

Related Posts

Post a Comment