Cerita Aku Bangga Menjadi Bangsa Indonesia

28 comments


Cerita Aku Bangga Menjadi Bangsa Indonesia - Banyak alasan utama bangga menjadi bangsa Indonesia, karena saking banyaknya kalau ditanya kita jadi bingung. Ada yang merasa demikian? Padahal alasan sederhana bisa kita kemukakan, misalnya nih dari urusan perut saja. Setiap pagi di daerah saya Kendal banyak dijajakan lauk tradisional seperti kluban/urapan, kalau di tempat mas suami ada megono. Setiap hari, baik pagi maupun petang. Kalau siang ada pecel, yang kesemuanya masih tergolong dari bangsa sayuran dan makanan tradisional. Namun yang paling utama pastinya karena kita lahir dan besar di negeri Indonesia.

 

puisi aku bangga menjadi anak indonesia aku bangga jadi anak indonesia cerita aku bangga menjadi anak indonesia aku bangga menjadi anak indonesia adalah
Cerita Aku Bangga Menjadi Bangsa Indonesia



Agar Indonesia tercinta tetap tegak berdiri, adalah persatuan dan kesatuan bangsa yang harus kita jaga. Apa yang sudah kamu lakukan sebagai bangsa Indonesia? Kalau saya sih, yang paling dekat aja dengan keseharian adalah dengan tetap menyebarkan konten positif di media sosial. Menulis hal-hal yang bersifat positif dan bermanfaat di blog, yang intinya tidak menyebar ujaran kebencian. Hal tersebutlah yang selalu saya jaga. Saya tidak ingin masyarakat Indonesia berpecah belah, apalagi dengan konten hoax yang sangat banyak. Dari data Kemenkominfo menyebutkan ada 800.000 situs di Indonesia terindikasi dengan penyebar informasi palsu. Ada oknum-oknum yang memang memanfaatkan internet untuk menyebar berita negatif. Jadi mulai sekarang harus lebih berhati-hati dalam membaca maupun membagikan setiap konten ya teman-teman.

 

 

5 Tips Menggunakan Media Sosial dengan Bijak

 

 

Hampir semua masyarakat Indonesia menggunakan media sosial untuk bertukar informasi, dan mengakses internet agar kebutuhannya terpenuhi. Bisa itu mengunggah karya, mencari hiburan, bekerja sebagai konten kreator, jual-beli, dan lain sebagainya. Meski banyaknya kemudahan tetap waspada itu perlu ya teman-teman, kita harus bijak bermedia sosial supaya tetap aman. Nah ini dia, tips mengapa dalam bermedia sosial kita harus bijak dan kreatif.

 

Berhati-hati dalam Mengunggah Konten

 

Apapun yang kita unggah atau berkomentar, sebaiknya diteliti kembali jangan sampai menyinggung orang lain dalam setiap kalimatnya. Karena sudah banyak yang dilaporkan ke pihak polisi, gara-gara komentar atau kontennya dinilai menghina dan mempermalukan.

 

Hindari Memberikan Informasi Pribadi

 

Berhati-hati dalam mengelola akun media sosial, wajib dilakukan. Hindari memberikan informasi pribadi, kecuali untuk kepentingan pekerjaan. Misalnya seperti blogger, influencer, atau orang-orang yang bergerak di dunia digital dalam mencantumkan email atau nomor telepon sudah menjadi hal yang lumrah. Mungkin bisa disiasati dengan informasi tersebut bukan yang utama. Email khusus pekerjaan atau nomor telpon khusus untuk kerja. Jadi tidak terganggu misalnya memang ada orang yang iseng.

 

Jauhkan Postingan dari Emosi

 

mencurahkan isi hati memang perlu untuk meringankan pikiran, namun jangan sampai emosi dan amarah ini membuat kita justru mengtikan kata-kata yang akan menjadi bumerang. Tau sendiri kan kalau kita lagi jengkel, pasti nggak berpikir panjang. Hindari untuk mem posting sesuatu saat sedang tidak dalam kondisi baik.

 

Merajut Silaturahmi dengan Baik

 

Media sosial bisa digunakan sebagai ajang komunikasi, di saat kita tidak bisa berhubungan langsung. Baik dengan keluarga, teman, pasangan, tetangga, komunitas dan lain sebagainya. Maanfatkan dengan baik media sosial yang sudah canggih sekarang ini, untuk bersilaturahmi.



puisi aku bangga menjadi anak indonesia aku bangga jadi anak indonesia cerita aku bangga menjadi anak indonesia aku bangga menjadi anak indonesia adalah
aku bangga menjadi anak indonesia


 

Menjaga Etika

 

Indonesia merupakan negara yang mempunyai keanekaragaman dalam aspek budaya, adat, bahasa, agama, suku, kesenian, dan lain sebagainya. Berbagai latar belakang inilah yang membuat kita harus berhati-hati dalam berperilaku, seperti menuliskan kata-kata. Hindari menyinggung SARA, saling menghormati dan jangan merendahkan ya. Pintar-pintar dalam mengendalikan diri pokoknya.

 

 

 

Proud to be Indonesian

 


puisi aku bangga menjadi anak indonesia aku bangga jadi anak indonesia cerita aku bangga menjadi anak indonesia aku bangga menjadi anak indonesia adalah
aku bangga jadi anak indonesia


 

Semarang, 09 Oktober 2021 berlokasi di Ibis Hotel Semarang, beberapa Netizen MPR RI mendapatkan kesempatan berdiskusi santai secara langsung dengan perwakilan MPR RI, Ibu Siti Fauziah (Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Sistem Informasi Sekjen MPR RI) dan Bp. Budi Muliawan (Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Antar Lembaga Sekjen MPR RI). Terimakasih sudah memberikan kami kesempatan untuk mengenal lebih dekat dan menjadi #sahabatkebangsaan MPR RI.

 

Tajuk yang diusung adalah 'Proud to be Indonesian, Bijak Bermedia Sosial dalam Mewujudkan Karakter Bangsa'.

 

Dikusi yang penuh dengan kehangatan dan kerinduan, mengingat ini event pertama saya setelah pandemi yang sekarang sudah menjadi endemi. Bangsa yang besar, menurutku adalah yang mampu dan mau memahami kelompok manusia itu sendiri yang berada di dalamnya. Mau besar atau kecil masalahnya, akan terasa ringan jika dicari solusinya bersama. Karena cara pandang masing-masing orang berbeda, tergantung di mana ia berdiri. Di sinilah saya bangga jadi orang Indonesia, yang selalu mau belajar untuk mengerti dan memahami.


Semua yang hadir diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapat dan pemikiran untuk MPR RI, khususnya untuk akun media sosialnya agar bisa lebih baik lagi ke depannya. Tahu sendiri kan Netizen itu pengamat sejati, hehehe ... apa-apa dikomentarin. Namun tetap pada hal-hal yang positif lho ya.

 

Keseruan hari itu ditutup dengan berfoto bersama dan membuat video tentang keberagaman Indonesia. Kami bekerjasama membuat video yang apik dan harapannya disukai plus pesannya dapat diterima dengan baik. Totalitas teman-teman juga luar biasa, dari seragaman memakai kain batik untuk bawahan dan masker lurik kembaran yang kebetulan saya dan suami jahit sendiri. MasyaAllah senangnya bisa berbagi dan saling menyayangi. 


Kalau dalam kehidupan sehari-hari atau ketika ada acara, sebagai warga negara yang baik dan cinta tanah air dengan keberagaman budayanya. Salah satu cara saya melestarikan budaya, adalah dengan mengenakan batik pada setiap kesempatan. Bukan karena batik sebagai warisan budaya, tetapi sebagai simbol kebanggan Indonesia. Aku bangga jadi anak Indonesia. Salam!


puisi aku bangga menjadi anak indonesia aku bangga jadi anak indonesia cerita aku bangga menjadi anak indonesia aku bangga menjadi anak indonesia adalah
cerita aku bangga menjadi anak indonesia


 

Informasi Akun Resmi MPR RI

 

Instagram : @mprrigoid
Twitter : @mprrigoid
Facebook : @mprrigoid
Youtube : @mprrigoid
Website : www.mpr.go.id
Nyi Penengah
Aku suka membaca buku, apalagi membaca hatimu. Mari bekerjasama dengan penuh cinta. Jika berkenan email di sini: nyipenengah@gmail.com

Related Posts

28 comments

  1. Membanggakan emang ya jadi anak Indonesia ini,
    beragam suku dan unik namun tetap satu. Seandainya ikutan acara terus disuruh nari hihihii... pasti heboooh semua peserta ya mbak

    ReplyDelete
  2. Aku pun bangga jadi warga Indonesia. Banyak banget yang perlu disyukuri dari negeri ini. Jadi saya akan selalu berusaha menjaga citranya. Kalau main sosmed ya, upload yang baik-baik saja. Kalau bisa menginspirasi orang. Kalau tidak, setidaknya tidak memberi contoh buruk :)

    ReplyDelete
  3. Aku juga banggaaaaaaa banget terlahir sebagai Indonesian :D. Liat aja suku di Indonesia ada berapa banyak, belum lagi bahasa, budaya, adat, baju tradisional, makanan daerah dll. Orang asing aja takjub dengan aneka ragam kekayaan Indonesia.

    Aku sering ngeliat konten2 di mana para asing , termasuk negara tetangga kagum melihat keberagaman Indonesia. Kagum Ama bahasa persatuan kita, kagum walopun banyak suku di Indonesia, tapi kita semua bisa satu dengan prinsip bhinneka tunggal Ika. Kadang suka merinding sendiri kalo liat konten2 para WNA yg memuji Indonesia. Krn kita memang sehebat itu. Dan bisa lebih hebat lagi dengan memanfaatkan media sosial supaya negara2 lain bisa respect :). Jangan sampailah dikenal sebagai negara dengan netizen barbar misalnya. Maluuuu.

    ReplyDelete
  4. Kita bebas berekspresi di media sosial, tapi bebas yang terbatas karena di sana ada etika yang harus dijaga.

    Selama kita bisa memanfaatkan media sosial dengan baik dan bijak, hal ini pun bisa menjadi suatu kebanggaan, karena hal-hal membanggakan bukan hanya pada material yang tampak, tapi juga mental :)

    ReplyDelete
  5. Wah bagus acaranya mbak.
    Memang ya kalau unggah konten kudu hati2 jangan sampai kita ikutan nyebar hoax apalagi yang punya risiko mengancam keharmonisan/ kerukunan dalam hidup berbangsa.
    Makanya kalau terima job ngebuzz aku jg cek2 lg gk pengen keblusuk jd pihak yg memperkeruh suasanan gtu

    ReplyDelete
  6. Merawat dan menjaga keberagaman dalam kedamaian sangat penting buat negara yg sangat bhineka spt Indonesia ya mba... paling sering kita kan sekarang berinterkasi via media sosial, jadi ya upaya paling sederhana ya melalui medsos maning2

    ReplyDelete
  7. Always bajunya Nyi bikin terpana yaa..
    Pas dan cocok banget buat Nyi. Rasanya sekali liat, tau kalau Nyi cinta dan bangga menjadi anak Indonesia.
    Semoga dengan gathering begini membuat kita semua semakin sadar pentingnya persatuan dan kesatuan. Jangan mudah terpecah belah oleh hoax.

    ReplyDelete
  8. Nah iya bener mesti bijak menggunakan medsos. Hindari memberi informasi pribadi juga. Ini takutnya disalahgunakan. Pokoknya harus waspada deh. Soalnya udah banyak juga penipuan di dunia digital

    ReplyDelete
  9. Kadang kalau lagi emosi suka ga mikir panjang ya nyi, makanya harus jauhkan postingan de saat emosi daripada nyesel belakangan

    ReplyDelete
  10. Aku pun bangga jadi anak Indonesia.

    Wah keren banget acaranya, netizen bosa berakrab-akrab dengan MPR RI.
    Emang ya, kita harus bijak dalam menggunakan media sosial ini, jangan sampai karena pengen eksis, eh malah mengunggah konten hoax

    ReplyDelete
  11. memang ya mau unggah apapun beneran harus dikontrol kayak sekarang yang lagi viral salah satu youtuber yang akhirnya diunsubs berjamaah udah gitu hujatan dan lain2 duh serem :D

    ReplyDelete
  12. Serius mbak 800rb website hoax? Banyak juga ya. Semoga bisa segera di blokir tuh yang isinya hoax dan menyebarkan kebencian. Sepakat banget kalo bkin konten atau upload sesuatu di media sosial kudu dipikir dulu

    ReplyDelete
  13. iya Nyi, fatal banget ya kalau kita enggak aware sama informasi pribadi, apalagi informasi keluarga ya terutama anak-anak. Bisa jadi target kejahatan. Secara kejahatan digital itu susah susah gampang dilacak ya. kudu mawas diri.

    ReplyDelete
  14. sebagai warna negara yang baik emang perlu banget bijak di media sosial, apalagi sebagai tokoh public, banyak dicontoh orang banyak dan tingkah lakunya jaid panutan

    ReplyDelete
  15. Beneran seru acaranya, dan juga mampu menghempaskan rasa rindu setelah sekian lama tidak berjumpa.
    Bangga ya Nyi bisa ikutan gabung acara keren ini. Semua ikut berkontribusi menyukseskan dengan mengenakan seragam batik. Oiyaa makasih banget udah dibuatkan masker keren. Salam buat Hadi yaa, semoga kalian berdua mendapatkan limpahan kesehatan dan rejeki, berkaaah pokoknya

    ReplyDelete
  16. Wahini acaranya yang ditunggu-tunggu..seu banget ya pada pake pakaian daerah gt nyi.. Meski terkesan agak ribet..yang penting happy ya karena dapet ilmu berharga juga...

    ReplyDelete
  17. Iya miris banget deh karena netizen Indonesia terkenal barbar jadi kita ikut kena imbasnya, kudu ada literasi digital nih buat para netizen biar lebih beretika ya Nyi.. Kompak banget pakai sarung batik, kiyut..

    ReplyDelete
  18. Duh ngomongin netizen +62 mah gak ada kelarnya dibahas krn emang uda 'paling bener' tapi salutnya kompak ya ... kompak menghakimi tapi sisi lain kompak juga dalam dukung kemanusiaan, ini yangdilematis.

    ReplyDelete
  19. iya dong sebagai orang Indonesia kita harus bangga lahir di negeri ini. Meski memang sih kalau soal dunia digital kita masih harus banyak belajar kayak bikin konten yang positif dan juga belajar jadi netizen yang lebih baik dari sebelumnya

    ReplyDelete
  20. Aku juga bangga jadi anak indonesia, lebih bangga lagi sama anak anak jaman sekarang kalau bikim konten tuh bagus bagus, aku yang jaman old cuma bisa melongo doang wkwkwk
    Harusnya tuh bikin konten yang mendidik, boleh lah buat konten tentang becandaan tapo liat liat lagi kontennya pantes engga buat dipublish

    ReplyDelete
  21. Setujuuu ... jika bukan kita yg mencintai Indonesia lalu siapa lagi? ... semangattt

    ReplyDelete
  22. Setuju mba Indonesia itu ragam budaya, bahasa dan perbedaan lainnya yang justru menyatukan Indonesia. Oleh sebab itu, kita memang harus hati-hati dalam menggunakan media sosial saat berbicara isu yang senistif. Takutnya ada yang tersinggung. So, lebih baik berbagi hal positif tentang keberagaaman Indonesia tanpa saling menyinggung dan menghinaa

    ReplyDelete
  23. Seru banget acaranya kak. Setuju, klo kita hrs bangga jd orang Indonesia dan itu ditunjukkan dgn tata krama di medsos

    ReplyDelete
  24. Bangga dong sebagai anak Indonesia yg kaya akan keragaman. Setuju banget kita harus bijak dalam bermedia sosial. Lebih baik mengunggah dan menyebarkan konten positif & jauhi hoax.

    Senangnya bisa gathering blogger lagi ya... Dulu ikutan event MPR RI jauh sebelum pandemi. Kangen deh

    ReplyDelete
  25. Kasus berita hoax ini memang kudu banget disaring sebelum sharing. Jadi kesadaran tumbuh dari dalam diri yaa, Nyi..
    Karena memblokir situs itu pasti gak efektif sama sekali.
    Satu di blokir, muncul lagi yang baru.

    ReplyDelete
  26. seru pisan niiih yang gathering rame - rame mba.. dan memang kita harus selalu bangga menjadi warga Indonesia yang luar biasaaa

    ReplyDelete
  27. Netizen Semarang keren. Bener-bener mencerminkan kebanggaan jadi rakyat Indonesia yang berbhineka tunggal Ika. 😍

    ReplyDelete

Post a Comment