Ini Dia 8 Suplemen dan Vitamin untuk Menjaga Imunitas Tubuh

Post a Comment


Ini Dia 8 Suplemen dan Vitamin untuk Menjaga Imunitas Tubuh - Allhamdulillah, kasus Covid-19 yang melanda negeri mulai turun perlahan. Perjuangan masyarakat untuk taat dan patuh pada protokol kesehatan membuahkan hasil. Ditambah dengan PPKM Darurat yang diperketat, level demi level menunjukan hasil yang baik.



suplemen imunitas anak suplemen penambah imunitas


 

Beberapa sekolah di daerah sepanjang pantura, sudah mulai terlihat berangkat. Meski demikian semua masih mematuhi, dan diawasi untuk tetap menjaga kesehatan. Yang paling utamanya adalah menjaga imun tubuh. Jika imunitas tubuh baik, otomatis bisa mencegah penularan penyakit yang silih berganti datang di sekitar kita.

 

Sistem kekebalan tubuh manusia terdiri dari kumpulan sel kompleks, yang  secara konsisten terus-menerus mempertahankan tubuh  dari serangan patogen, seperti bakteri, racun dan virus. Mempertahankan sistem imunitas tubuh adalah salah satu upaya agar kamu dapat terhindar dari berbagai infeksi dan penyakit. Apakah tubuh kita membutuhkan suplemen imunitas?

 

Mempunyai gaya hidup sehat seperti mengonsumsi makanan bergizi dan cukup tidur serta berolahraga adalah cara terpenting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu , pada banyak penelitian dijelaskan jika mengkonsumsi suplemen imunitas tubuh misalnya mineral, vitamin, herbal atau zat lainnya yang berkaitan dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak rentan terhadap penyakit.

 

8 Suplemen dan Vitamin untuk Menjaga Imunitas Tubuh

 

Menjaga kesehatan tubuh, juga harus dibarengi dengan mengonsumsi makanan, minuman, dan suplemen yang baik. Mengkonsumsi suplemen dengan resep atau obat secara bersamaan bisa menimbulkan reaksi negatif pada kondisi tubuh. Oleh sebab itu, kamu perlu berkonsultasi dengan profesional kesehatan (dokter) sebelum mengkonsumsi suplemen apa pun. Karena suplemen daya tahan tubuh untuk setiap orang berbeda. Dengan berkonsultasi segalanya akan

Vitamin D

Vitamin D yaitu nutrisi yang dapat tercampur (larut) dalam lemak dengan fungsinya yang penting bagi  kesehatan dan sistem kekebalan tubuh. Vitamin D dapat memberikan efek dorongan kepada sel darah putih dalam melawan patogen dari monosit dan makrofag untuk mempertahankan kekebalan tubuh hingga mengurangi peradangan.

Meski keberadaannya sangat penting, masih banyak orang kekurangan vitamin D, yang dapat berdampak negatif pada fungsi kekebalan tubuh. Dalam beberapa penelitian mencatat bahwa vitamin D dapat meningkatkan kekebalan sistem kekebalan tubuh (imun), meningkatkan respons terhadap  antivirus pada individu yang terinfeksi penyakit tertentu, misalnya saja penyakit HIV dan penyakit Hepatitis C.

Zinc

Zinc merupakan salah satu suplemen imunitas dengan kandungan mineral dan sering digunakan sebagai tambahan pada suplemen kesehatan tubuh. Kebanyakan penggunaan Zinc sering kali dalam bentuk tablet hisap. Zinc perlu dikonsumsi karena berguna untuk perkembangan sel imun sekaligus  merespon inflamasi. Selain itu, zinc juga secara khusus melindungi dan mencegah masuknya patogen asing ke dalam tubuh.

Apabila tubuh seseorang mengalami kekurangan nutrisi Zinc Maka akan muncul banyak reaksi negatif pada tubuh seperti peningkatan resiko terjangkit penyakit dan infeksi, melemahnya sistem kekebalan tubuh hingga resiko terkena penyakit pneumonia.

Menurut penelitian, 16% dari semua infeksi saluran pernapasan dalam di seluruh dunia telah ditemukan karena kekurangan zinc. Kekurangan zinc telah mempengaruhi 30%(dalam persentase) dari total manusia (sekitar 2 miliar) di dunia dengan potensi lebih banyak terjadi pada orang tua.

Vitamin C

Vitamin C bisa dibilang merupakan suplemen paling banyak digunakan yang dikonsumsi untuk melindungi tubuh dari ancaman virus dan infeksi. Karena perannya yang penting dalam kesehatan kekebalan tubuh, Vitamin C bekerja sangat baik untuk memaksimalkan kinerja sel (kekebalan) untuk menjaga tubuh aman dari virus. Tidak hanya itu, vitamin C juga  membantu  sistem kekebalan tubuh efektif menggantikan sel-sel kekebalan tubuh yang lama dengan sel-sel kekebalan tubuh yang baru.

Mengkonsumsi suplemen daya tahan tubuh seperti vitamin C telah terbukti mengurangi durasi dan keparahan infeksi saluran pernapasan atas, termasuk flu. Dari sekitar 25 lebih penelitian yang dilakukan pada kurang lebih sebelas ribu orang memberikan hasil bahwa mengkonsumsi suplemen vitamin C secara teratur (tanpa jeda) dengan dosis rata-rata satu hingga dia gram per hari akan mengurangi proses sembuh flu sebesar delapan persen untuk kasus orang dewasa dan empat belas persen untuk kasus anak-anak.

Astragalus

Astragalus adalah salah satu ramuan yang lumrah dipakai dalam pengobatan tradisional di wilayah Cina (TCM). Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstraknya dapat secara signifikan meningkatkan respons terkait kekebalan tubuh.

Selenium

Ada yang tahu apa itu Selenium? Selenium merupakan mineral yang bermanfaat bagi kekebalan tubuh manusia. Pernah dilakukan penelitian dengan menyuntikkan selenium pada tubuh hewan, penelitian ini memberikan hasil yaitu suplemen selenium dapat meningkatkan pertahanan antivirus terhadap strain influenza, salah satunya yaitu H1N1

Bawang putih

Bawang putih sering ditemukan pada masakan. Ternyata pada bawang putih terdapat kandungan anti-inflamasi dan antivirus yang kuat. Kandungan anti inflamasi pada bawang putih terbukti efektif meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara kerja merangsang sel darah putih dalam membentuk  benteng perlindungan tubuh.

 

Pelargonium sidoida

Beberapa penelitian pada manusia mendukung penggunaan ekstrak tanaman ini untuk membantu meringankan gejala infeksi saluran pernapasan akut, termasuk pilek dan bronkitis. Namun, hasilnya beragam, sehingga masih diperlukan lebih banyak penelitian.

Vitamin B Kompleks

Vitamin B, diantaranya vitamin B12 dan B6, penting untuk menciptakan sistem imun yang sehat. Meskipun memiliki efek yang penting terhadap kekebalan tubuh manusia, faktanya masih banyak dari kita yang mengalami kekurangan vitamin B sehingga berdampak buruk pada sistem imunitas tubuh.

Menurut hasil dari penelitian ilmiah, suplemen imunitas yang tercantum di atas bisa menawarkan peningkatan kekebalan tubuh. Namun, perlu diingat bahwa banyak dari efek potensial suplemen ini terhadap kesehatan kekebalan tubuh belum diuji secara menyeluruh pada manusia, sehingga pastikan melakukan konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

 

Nah semoga, artikel 8 Suplemen dan Vitamin untuk Menjaga Imunitas Tubuh dapat bermanfaat ya. Semangat membangun dan menjaga daya tahan tubuh dengan baik ya, dengan cara di atas tadi. Salam.

Nyi Penengah
Aku suka membaca buku, apalagi membaca hatimu. Mari bekerjasama dengan penuh cinta. Jika berkenan email di sini: nyipenengah@gmail.com

Related Posts

Post a Comment