Selama Gap Year Ikut Persiapan UTBK Aja di Brain Academy

23 comments


Selama Gap Year Ikut Persiapan UTBK Aja di Brain Academy - Beberapa bulan belakangan Gap Year di Indonesia, menjadi topik yang hangat untuk dibicarakan. Dimana istilah ini menjadi kekinian disematkan untuk siswa SMA yang mengambil jeda atau waktu kosong, sebelum memutuskan masuk ke perguruan tinggi.



gap year sma gap year berapa tahun gap year di indonesia gap year kuliah cara daftar kuliah gap year
Gap Year Ikutan Persiapan UTBK Aja di Brain Academy Online


 

Bisa dikatakan kalau gap year SMA adalah waktu menunda kesempatan untuk melajutkan pembelajaran, ke jenjang lebih tinggi. Bisa ke pendidikan kuliah, ke SMA, ke SMP atau juga SD. Namun, mereka akan mengambil kesempatan di tahun berikutnya, sampai memiliki kesempatan untuk bisa masuk sekolah lagi.

 

 

Mengapa Memilih Gap Year? Apakah Gap Year Buruk?


 

Keputusan untuk memilih gap year berapa tahun, memang tidak mudah. Ada banyak alasan yang memengaruhi, tetapi biasanya siswa yang mengambil gap year memiliki alasan berikut:

 

Finansial belum stabil

Kalau menilik saya dahulu, demikianlah adanya. Finansial keluarga belum stabil, akhirnya memilih untuk bekerja dan berharap dengan uang yang dikumpulkan bisa untuk melanjutkan pendidikan.

 

Bingung dengan kampus dan jurusan impian

Sebagian dari kita ada yang ragu akan memilih kampus mana dan jurusan apa, maka pilihan terbaik adalah untuk gap year. Namun tidak lantas berdiam diri, persiapan UTBK, persiapan fisik, mental, materi UTBK dan lain sebagainya disiapkan dengan matang.

 

Memutuskan kulia ke luar negeri

Bersekolah di luar negeri itu harus dipersiapkan jauh-jauh hari, karena berbeda negara akan berbega pula bahasanya. Tidak bisa asal masuk lantas selesai, nah biasanya banyak yang memilih masa gap year sebelumnya untuk belajar bahasa negara yang dituju untuk melanjutkan pendidikan sebelum masuk ke pendaftaran.

 

Meredam pikiran dari rutinitas dunia pendidikan

Apakah gap year buruk? Tidak selalu meski sering di pandang sebelah mata. Tetapi dunia kampus adalah masa pertaruhan, harus serius dalam mengikuti perkuliahan jika ingin menjadi orang yang kaya ilmu, kaya wawasan, dan kaya segalanya.

 

 

Memilih Jeda Gap Year dengan Mengikuti  Paket UTBK di Brain Academy Online


 

UTBK adalah kepanjangan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer, di mana hasilnya nanti akan digunakan untuk mengikuti SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

 

Tujuan UTBK biasanya memprediksi calon mahasiswa yang bisa menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan lebih baik dan tepat waktu. Hal ini memberikan kesempatan untuk calon mahasiswa mengikuti tes dengan fleksibel, memilih lokasi dan waktu tesnya.

 

Menariknya Paket UTBK Brain Academy ini melayani bukan hanya siswa SMA, namun juga siswa-siswi dari SD sampai dengan SMA. Yang kebutuhannya akan disesuaikan dengan siswa yang bersangkutan. Harga yang ditawarkan pun bervasiasi, sesuai dengan value yang akan diperoleh nantinya. Ada 3 pilihan kategori Paket UTBK di Brain Academy, adalah: Paket Reguler, Paket Premium, dan Paket Elite. Terbagi seperti berikuti ini:


gap year sma gap year berapa tahun gap year di indonesia gap year kuliah cara daftar kuliah gap year
Persiapan UTBK Aja di Brain Academy Online


 

  • Paket Reguler

Paket ini tersedia untuk siswa-siswi SD, SMP, SMA, dan SMA+SBMPTN. Paket reguler ini cocok untuk siswa-siswi yang butuh belajar dengan terjadwal.

 

  • Paket Premium

Paket ini tersedia untuk siswa-siswi yang butuh bantuan dalam mengerjakan PR (Klinik PR) dan belajarnya lebih fleksibel dalam artian ada pilihan jadwalnya.

 

  • Paket Elite

Paket ini tersedia untuk siswa-siswi yang membutuhkan belajar lebih eksklusif dan privat, plus dengan fasilitas yang super lengkap.

 

Kesemuanya paket ini bisa dilihat harganya langsung pada aplikasi Ruangguru, tinggal disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Harganya dikatakan lebih terjangkau dari belajar ofline sendiri, pun seringnya ada diskon pembayaran 50% saja lho. Hal ini menjadi kesempatan siswa-siswi dalam belajar di tengah masa pandemi, yang mana sekolah tatap muka belum bisa dilakukan dengan normal.

 

 

Nah mari kita kenali fitur yang ada di Brain Academy Online dan Brain Academy

 

 

Ada Modul Belajar

Modul belajar di Brain Academy Online berisikan materi dalam setahun pembelajaran. Modulnya dicetak dan dikirim ke rumah masing-masing siswa yang terdaftar.

 

Tetapi kalau Brain Academy modulnya berbentuk video belajar beranimasi, ada latihan soal dan tryout interaktif.

 

Ada Klinik PR Intensif

Brain Academy Online ada fitur Klinik PR secara individu untuk siswa, jadi siswa-siswi bisa berkonsultasi sekali dalam seminggu. Model kliniknya daring, bisa dengan video confrence call, untuk membahas pekerjaan rumah bersama Star master Teachersnya.

 

Tetapi kalau di Brain Academy tidak ada fitur Klinik PR. Namun tenang, bisa juga kok memeroleh kesempatan mengikuti Klinik PR tapi jika guru tidak ada jadwal mengajar.



gap year sma gap year berapa tahun gap year di indonesia gap year kuliah cara daftar kuliah gap year
Brain Academy Online


 

Ada Konsultasi Belajar

Brain Academy Online kita bebas menjadwalkan sesi konsultasi setiap saat, dengan model diskusi secara daring. Apa saja yang dibahas? Bisa terkait strategi dalam belajar, cara memilih jurusan, dan topik yang mendukung untuk pembelajaran dengan Master Teachers, Guru Wali, serta konselor pendidik di Brain Academy.

 

Meski tidak bisa face to face bersama tutor Master Class seperti di Brain Academy, namun siswa-siswi Brain Academy Online tetap bisa mendapatkan fasilitas konsultasi belajar privat online. Manis kan?

 

Ada Kelas Pengembangan Diri

Di kedua kelas yang dimiliki Brain Academy memiliki kelas pengembangan diri, yang dilatih serupa, adalah 21th century skills soal problem solving, critical thingking, teamwork, leadership, technology, literacy, communications, dan lain sebagainya.

 

Tetapi jika di Brain Academy Online tersedia kelas soft skills selama 2jam/pekan dengan beberapa sesi aktivitas, di Brain Academy ada webinar selama 120 menit dengan materi yang berkaitan dengan softskillnya. Ada metode live teaching dengan aplikasi zoom, sementara peserta didk akan mendapatkan pendampingan fasilitator.

 

Bisa Bergabung dengan Komunitas Pelajar Se-Indonesia

Siswa-siswi Brain Academy Online bisa mengakses grup yang isinya peserta didik seluruh Indonesia, di dalam grup inilah mereka bisa berdiskusi. Baik saling melempar pertanyaan, bertanya hobi, minat, bakat, dan aktivitas menarik lain dalam memperluas pengetahuan umum.

 

Ada Kelas Live Teaching Interaktif plus Klinik UTBK

Yang paling luar biasa dari Brain Academy Online, siswa-siswi bisa mengikuti webinar online oleh Star Master Teacher yang akan membahas materi ujian seleksi masuk keperguruan tinggi negeri nih. Materinya dari beberapa buku mata pelajaran di sekolah, dari Matematika, Fisika, Bahasa Inggris, Kimia, dan lain sebagainya. Akan ada sebanyak 3-16 kali seminggu, dengan durasi 30 menit.

 

Jadi, Selama Gap Year Ikutan Persiapan UTBK Aja di Brain Academy, maka maksimalkan ya dalam belajarnya ya! Sukses dan semangat untk semuanya.

 

Nyi Penengah
Aku suka membaca buku, apalagi membaca hatimu. Mari bekerjasama dengan penuh cinta. Jika berkenan email di sini: nyipenengah@gmail.com

Related Posts

23 comments

  1. Brian Academy memang rekomedn ya, Nyi, karena dia kan salah satu produk ruangguru yang sudah terpercaya dalam bidangnya. Anakku juga pakai salah satu produk ruangguru

    ReplyDelete
  2. Paket Elite kayaknya cocok nih buat anakku. Lengkap ya urusan belajar di Brain Academy ini. Ada klinik PR, kalau bingung sama mata pelajarannya bisa bertanya langsung kepada master2nya. Fiturnya juga oke, sehingga anak lebih memahami materi. Ada video dll. Keren banget!

    ReplyDelete
  3. Menarik ini, saat gap year bisa ikut persiapan UTBK Brain Academy. Ada modul-nya lagi untuk Brain Academy Online
    Materi dalam setahun pembelajaran, modulnya dicetak dan dikirim ke rumah masing-masing siswa yang terdaftar tentu akan memudahkan mereka berlatih soal ujian

    ReplyDelete
  4. Jadi penasaran deh, UTBK di brain academy ini bisa untuk yang mau kuliah keluar negeri ga ya? secara ujian di luar itu beda dengan ujian di tanah air. Dan seleksinya juga ketat.

    ReplyDelete
  5. Waktu yang kita lewati tidak akan pernah kembali. Jadi jangan sampai membuang waktu percuma, tanpa mengisinya dengan hal baik.
    Swyuju kalau belum masuk sekolah atau kuliah, mending ikut belajar di Brain Academy

    ReplyDelete
  6. Ponakanku juga gap year 2 tahun sejak lulus SMA. Orang2 liatnya mengira ponakanku nganggur dan gak punya duit buat kuliah padahal persiapan mau mau lanjut studi di Jerman. Syarat kuliah di sana kan lulus pendidikan 13 tahun, jadi kudu nambah 1 tahun setelah SMA. Biasanya 1 tahun nya itu di Jerman, tapi ini bisa di Indonesia. Nah sekolahnya ada di BSD, sekolah Jerman. Jadi selama belum berangkat itu kursus bahasa Jerman dulu 1 tahun, dan sekolah lagi 1 tahun di sekolah Jerman. Baru deh berangkat dan mulai kuliah di Jerman.

    Kalau gap year karena alasan lain, bagus juga diisi dengan ambil paket UTBK Brain Academy. Jadi nggak "kosong" selama belum lanjut kuliah lagi ya.

    ReplyDelete
  7. ada beberapa kenalanku yg putranya gap year juga.
    bisa banget ku rekomen utk ikutan brain academy ya
    supaya siaappp utk tahun depan.

    ReplyDelete
  8. aaaaah aku lega bacanya!

    Ini bang Dio minta gap year ya karena dia merasa belum mantab dalam menentukan jurusan bidang studi kuliah, dan dia merasa lebih baik melanjutkan ke luar negeri untuk bahasa dulu

    doain ya semoga abis ikutan brain academy ada basic yang lebih kuat untuk pijakannya kelak

    ReplyDelete
  9. Wah iya nih khususnya yang gap year utk masuk perguruan ikutan kegiatan yang bermanfaat ya, belajar keteramilan baru atau les utk persiapan UTBK.
    Wah Brain Academy kyknya lengkap nih mulai dr ada space utk pengembangan diri hingga nanya2 kalau ada soal yang susah. Bisa nyari networking pula ya.

    ReplyDelete
  10. Ini yang sedang saya pertimbangakan. Sebetulnya anak saya udah belajar di BA sejak kelas 10. Harapannya bisa diterima di univ yang diinginkan. Tetapi, bila gak sesuai rencana lagi mikir mendingan cuti atau cari kampus lain. Kalau cuti, mending lanjut belajar di BA atau enggak. Lagi dipertimbangkan banget

    ReplyDelete
  11. Jadi ingat mantan, Nyi..
    Doi dulu mengambil gap year gini ((istilah yang aku baru tahu, hehhee...dulu aku bilangnya kelas persiapan)).
    Dan gak sia-sia, setelah tahun berikutnya ia ikut SBMPTN, bisa diterima di kampus teknik negeri ternama di Surabaya.

    Sekarang,
    Bisa diakali dengan belajar di Brain Academy dengan sngguh-sungguh.

    ReplyDelete
  12. Memilih jeda boleh-boleh aja, tapi kalau bisa juga produktif ya, apalagi kalau mau melanjutkan kuliah. Di Brain Academy ternyata ada paket UTBK juga ya

    ReplyDelete
  13. Brain Academy ini memang bisa diandalkan ya mbak
    keunggulannya menggunakan sistem blended learning, gabungin belajar online dan offline

    ReplyDelete
  14. Ide bagus ini ya Nyi. Gap year bukan sesuatu hal yang buruk. Justru ini membuat anak jadi lebih kuat dan bisa berstrategi untuk memilih perguruan tinggi yang diminati. Ikutan brain academy juga salah satu yang bisa dilakukan agar ada bekal dalam memilih fakultas yang dituju.

    ReplyDelete
  15. nah, aku pernah nawari ini ke anak aku, eh dia gak mau, gak enak katanya gak sekolah, hahaha. tapi kalo kursus, maulah dia

    ReplyDelete
  16. jadi tetep bisa bikin banyak kesempatan ya mak buat menambah ilmu selama gap year
    tapi semoga anakku aman sampai lulus kuliah ga ada jedaa. asyik juga brain academy gini bisa bikin pengetahuan anak tetep jalan walau lagi gap year

    ReplyDelete
  17. Bagus ini, dengqn mengikuti kegiatan di Brian Academy. Masa Gap Year bisa lebih bermanfaat

    ReplyDelete
  18. Gap year ternyata nggak selalu buruk ya,kadang anak emang butuh waktu jeda sebelum melanjutkan ke jenjang berikutnya. Bisa untuk mempersiapkan diri dan memantapkan pilihan juga.

    ReplyDelete
  19. Tahun lalu dan tahun ini adalah masa yang tepat jika ambil gap year menurutku soalnya pembelajaran nggak efektif jadi bisa digunakan untuk mengekspor hobby dulu.

    ReplyDelete
  20. Wah bener juga nih kalau ada gap year mending persiapan di Brain Academy aja ya daripada bingung atau bengong

    ReplyDelete
  21. Penasaran juga nih dengan program
    brain academy bikin anak semakin pintar dan tentunya di masa Pendem ini ini kita harus bisa mensiasati pembelajaran dari rumah

    ReplyDelete
  22. Benaran.. solusi banget nih ikut brain academy selama gap year.. secara gak bisa kemana-mana juga.. sementara biaya brain academy juga terjangkau banget...

    ReplyDelete
  23. Iya banyak alasan untuk gap year ya, kalau rencana mau kuliah tahun berikutnya bisa untuk persiapan ya ikut bimbel Ruang Guru ini biar lebih siap ikut tes masuk kuliah..

    ReplyDelete

Post a Comment