Manfaat dan Tujuan Dana Darurat

Post a Comment


Manfaat dan Tujuan Dana Darurat - Apa yang dimaksud dana darurat? Dana darurat adalah salah satu jenis simpanan, yang digunakan pada saat mendesak atau darurat. Jumlah dana darurat setiap orang berbeda-beda, tergantung tingkat kebutuhannya. Tetapi sebaiknya dana darurat yang dipersiapkan, semakin besar semakin baik.


apa yang dimaksud dana darurat apa itu dana darurat tujuan dana darurat rumus dana darurat



 

Contoh dana darurat sebuah kasus begini, Bu Lendy dan kedua putrinya sedang menunggu kedatangan sang suami. Biasanya jam 5 sore ayah sudah pulan, namun sampai jam 6 sore belum kelihatan. Cemas tentu saja, teapi bu Lendy berharap suami baik-baik saja. Ia pun, bersama kedua putrinya melanjutkan aktifitas di dalam rumah.

 

Pukul 8 malam, suara sepeda motor berhenti di depan rumah, Bu Lendy pelan-pelan mengintip dari balik jendela. Ternyata yang turun dari ojek online suaminya tercinta, ia langsung membukakan pintu dan menyambut kedatangan suami. Bu Lendy ingin bertanya mobilnya ke mana, namun ditahan sebentar. Ia memersilakan sang suami beberes badan, dan menyiapkan baju yang bersih. Tidak lupa pula secangkir teh manis hangat, mengepul uap di atasnya. Setelah meneguk teh hangat buatan istri, ayah mulai bercerita. Jika mobilnya mogok dan ditinggal di kampus tempat ayah mengajar.

 

Bu Lendy langsung putar otak, kalau mobil tidak ada bagaimana anak-anak sekolah nanti. Kalau menggunakan kendaraan umum pasti repot sekali, eh tapi ojek online sudah banyak mengapa bingung? Tapi masak iya ojek online setiap hari? Mending beli bensin sendiri, lebih hemat kan? Namun, memperbaiki mobil juga butuh dana yang tidak sedikit ya kan? Tapi tenang, ... Bu Lendy punya dana darurat, memperbaiki mobil bisa lah menggunakan dana darurat tersebut. Bukan kah tujuan dana darurat untuk hal-hal yang tidak terduga begini? Apalagi jadwal ayah gajian masih lama.

 

 

Manfaat Memiliki Dana Darurat

 

 

Aman dari Hutang


Keadaan darurat, musibah, dan kondisi tidak terduga lain pasti datang silih berganti dalam hidup. Misalnya nih, tiba-tiba corona menjadi pandemi, banyak yang di PHK di sana-sini, belum lagi bencana alam, atau keluarga meninggal, dan kondangan di 7 tempat karena musim kawin. Keadaan tersebut tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit ya kan? Jika memiliki dana darurat, kita bisa berlega hati tapi jika tidak ada? Pasti mencari pinjaman di sana-sini, iya kalau ada yang dipinjami kalau enggak? Nah tujuan dana darurat ini, memersiapkan kebutuhan-kebutuhan tidak terduga tersebut.

 

Keadaan Finansial Lebih Terjaga


Memiliki dana darurat, membuat kita dapat lebih tenang dalam menjalani kehidupan. Setidaknya finansial ke depannya lebih terjamin, daripada tidak ada dana darurat sama sekali. Tetapi dana darurat ini bukan tabungan lho ya, dana darurat tidak bisa diutak-atik kecuali hal mendesak.

 

Membuat Kegiatan Lebih Produktif


Hidup itu untuk beribadah, bekerja termasuk beribadah, karena untuk mencukupi kebutuhan hidup. Di mana setiap hari kebutuhan semakin hari, semakin mahal. Apalagi untuk ibu rumah tangga seperti saya, yang sudah tidak bekerja tapi saya bersyukurnya memiliki hobi menulis. Dari menulis inilah saya bisa mendapatkan pundi-pundi penghasilan, untuk kebutuhan sehari-hari. Mengingat orderan jahitan tidak setiap hari datang, maka menulislah yang saya telateni.

 

Mempunyai dana darurat akan membuat kita dalam menjalani kegiatan sehari-hari, lebih tenang dan lebih produktif. Kerena kita tidak cemas lagi, jika ada kebutuhan mendadak.

 

Demikianlah Manfaat dan Tujuan Dana Darurat, nah yuk mulai memersiapkannya. Tidak apa kalau baru sedikit, pelan-pelan tapi pasti. Semoga bermanfaat.

Nyi Penengah
Aku suka membaca buku, apalagi membaca hatimu. Mari bekerjasama dengan penuh cinta. Jika berkenan email di sini: nyipenengah@gmail.com

Related Posts

Post a Comment