Cara Mencari Tahu Popularitas Website

29 comments


Cara Mencari Tahu Popularitas Website - Sore ini saya iseng mencari tahu seberapa populer website saya di Alexa. Apa itu Alexa rangking? Buat teman-teman yang masih asing tentang Alexa, Alexa ini merupakan tools marketing kepunyaaan Amazon, yang menyediakan data dengan lengkap.



apa itu alexa ranking cara cek ranking alexa indonesia cara menggunakan alexa rank cara cek ranking website cek ranking website di alexa alexa ranking media fungsi alexa




 

Fungsi Alexa mencari tahu popularitas sebuah website. Biasanya sebuah perusahaan yang akan beriklan di sebuah web, akan mencari tahu seberapa populer website tersebut. Atau misalnya kita akan menjadi penulis tamu di sebuah web, kita kepo dong dengan website tersebut? Boleh banget pake Alexa ini.

 

 

Cara Menggunakan Alexa Rank

 

 

  • Hal pertama yang harus dilakukan untuk cek ranngking website di Alexa, adalah dengan mengunjungi situsnya. Buka : www.Alexa.com/siteinfo

  • Jika sudah, muncul sebuah kotak kosong yang bisa diisikan alamat URL Website yang akan dicari tahu popularitasnya. Saya memilih website sendiri, karena penasaran. Maka saya ketik blog, www.nyipenengah.com. 

  • Tidak berselang lama, Alexa menunjukkan hasil data dari website saya. Banyak sekali data yang terlihat, sebagai tolak ukur popularitas web, seperti: global rank, rank Indonesia, daily pageviews per visitor, daily time on seite, bounce rate, data kompetitor, dan lain sebagainya.

  • Pada Keyword Opportunies, kita akan melihat kalimat yang banyak dicari dalam website. Ada beberapa jenis keyword yang terbagi, ada Keyword Gaps, Easy-to-Rank Keywords, Buyer Keyword, dan Optimization Oppurtunities.


apa itu alexa ranking cara cek ranking alexa indonesia cara menggunakan alexa rank cara cek ranking website cek ranking website di alexa alexa ranking media fungsi alexa



  • Pada Traffic Source, kita bisa melihat data analisis dari kompetitor di bidang yang sama. Contoh yang saya gunakan website milik sendiri, maka kompetitor yang saya miliki muncul ada blog milik Mbak Amma, Mbak Nurul, Uni Lendy, dan Sosiago. Detail pencarian juga dipaparkan, mulai media social, referral, direct. Hanya saja saya tidak log in di Alexa atau menggunakan free trial, jadi tidak terlihat hasilnya.


apa itu alexa ranking cara cek ranking alexa indonesia cara menggunakan alexa rank cara cek ranking website cek ranking website di alexa alexa ranking media fungsi alexa





  • Di bagian Audience Overlap, kita bisa melihat informasi dari pesona user yang mengunjungi website milik kita. Blognya siapa, alexa ranknya berapa.

 

 

Alexa Rangking Media Blog Nyipenengah.com


 

Global Rank dan Rank in Indonesia

 

Setelah mengamati hasil Alexa rank milik blog saya, Global Rank nyipenengah.com adalah #936,341 dan Rank in Indonesia 9,965. Lantas siapa pmeilik peringkat tertinggi #1? Adalah Google.com.

 

Dilansir dari makassartoday, baik Global Rank maupun Rank in Indoensia memiliki angka semakin kecil, itu artinya website kita mengalami kesuksesan.



apa itu alexa ranking cara cek ranking alexa indonesia cara menggunakan alexa rank cara cek ranking website cek ranking website di alexa alexa ranking media fungsi alexa


 

 

Bounce Rate


 

Untuk bounce rate ini semakin rendah nilai persennya, justru semakin baik. Dilansir dari Inc.com tingkat bouncing di atas 80% itu bisa dikatakan buruk, jika 50% bisa disebut iasa saja, dan di bawah 30% berarti sangat baik. Sementara nyipenengah.com meraih bounce rate 82,4%, lha dalah berarti buruk nih.

 

Bounce rate ini merupakan hasil dari pengunjung yang datang setiap hari. Siapa yang nggak seneng blognya ramai pengunjung, kan? Tetapi yang menjadi masalah kalau pengunjung yang mampir ke blog, hanya berkunjung dan membuka satu halaman saja. Ia tidak tertarik untuk menelusuri halaman yang lain, yang ada di website/blog. Hal inilah yang menyebabkan bounce rate tinggi. Bisa jadi penyebabnya karena konten kita tidak sesuai yang diinginkan pengunjung, sehingga ia langsung menutup website. Sementara Bounce Rate yang bagus bagaimana? Inilah yang masih menjadi PR saya.

 

Daily Pageviews Per Visitor

 

Hasil dari Daily Pageviews Per Visitor nyipenengah.cpm adalah 1.2. Ini adalah jumlah rata-rata berapa banyak orang yang berkunjung stiap harinya. Semakin tinggi, berarti website dianggap memberikan informasi menarik. Apabila sebaliknya berarti pengunjung tidak menunjungi satu halaman pun, lantas pergi.

 

Daily Time On Site

 

Merupakan jumlah menit rata-rata, yang dihabiskan pengunjung mampir di website kita. Semakin tinggi angka, semakin baik. Milik nyipenengah.com sejumlah 2:08. Jadi rata-rata pengunjung saya, berada di blog membaca halaman dengan waktu dua menitan lebih 8 detik.

 

Total Sites Linking In

 

Nyipenengah.com mendapat 102, sites linking in. Berarti ada 102 link website saya tertanam di website lain. Jika lebih dari 50 saja, berarti situs website kita sudah bisa dikatakan bagus. Oleh sebab itu, penting untuk membangun hubungan yang relevan dengan situs yang kita miliki.

 

            Sampai di sini, ternyata menjadi seorang blogger nggak hanya modal bikin tulisan ya? Namun juga perlu untuk mencari tahu di mana letak kesalahan-kesalahan yang perlu diperbaiki dari dalam blog itu sendiri. Tetap semangat ngeblog ya? Justru saya makin semangat untuk bisa nih, nurunin bounce rate yang jelek tadi dan nambah isi konten di dalam blog. Ciayo!

Nyi Penengah
Aku suka membaca buku, apalagi membaca hatimu. Mari bekerjasama dengan penuh cinta. Jika berkenan email di sini: nyipenengah@gmail.com

Related Posts

29 comments

  1. Wah alexa rank ini juga menjadi peer saya nih mba gimana biar angkanya semakin mengecil

    ReplyDelete
  2. Oh ternyata begitu cara menemukan nilai alexa kita. Bounce rate dari amazon sama bounce rate yang ditunjukkan google analitic biasanya beda nggak sih Kak?

    Saya belum pernah cek amazon soalnya.

    ReplyDelete
  3. Saya sudah lama banget gak ngecek alexa blog sendiri, sampe lupa cara ngeceknya gimana hehe. Gara2 baca artikel ini saya diingatkan kembali.

    ReplyDelete
  4. Wiwin | pratiwanggini.netMonday, July 05, 2021 6:53:00 pm

    Blogku masih belum sepopuler blog Nyi. Punyaku yang global masih 1 jutaan dan yang Indo masih 23ribuan.

    ReplyDelete
  5. banyak yang harus dilakukan ama blog ku mbak. ngga cuman diet buat ngurusin badan juga harus ngurusin bounce rate dan alexa hehehe

    ReplyDelete
  6. Wah aku masih PR banget ini buat nurunin bounce rate
    Memang harus perbaiki konten dan tampilan blog sepertinya biar bounce ratenya gak terlalu tinggi. Kasi tipsnya dong kakak
    Aku belum pernah cek ranking blog. Gara-gara baca ini jadi penasaran sama ranking blogku deh

    ReplyDelete
  7. alexa-ku masih jauhhhhh, PR juga buat aku, tapi ya kudu bersaing dengan jutaan blog

    ReplyDelete
  8. Wah alexa ini sangat membantu ya dalam mengetahui darimana source blog kita berasal. Terima kasih tutorialnya mba!

    ReplyDelete
  9. Wah alexa ini sangat membantu ya dalam mengetahui darimana source blog kita berasal. Terima kasih tutorialnya mba!

    ReplyDelete
  10. Mantap mbaak. Aku juga udah pasang chrome extension alexa rank. Hhehe. Tapi banyak juga yah job yang nggapake alexarank gini, padahal lengkap yak siteauditnya

    ReplyDelete
  11. Daku juga pe er banget itu si bounce rate. Kadang kalau lagi bagus persentase nya, ya bagus. Tapi pernah juga merah haha. Ya dinikmati aja dah

    ReplyDelete
  12. Aku belum cek laig Alexa Rank blog aku nih Nyi. Jadi penasaran juga mau ngecek lagi supaya bisa menjalin hubungan yang baik untuk blog juga ke depannya ya

    ReplyDelete
  13. Aku jadi inget belum pasang alexa di chrome laptop nih. Masih sejutaan peringkat ku ni internasional mbak. Blm cek malah kalau peringkat Indonesia mh

    ReplyDelete
  14. Aku langsung buka www.Alexa.com/siteinfo dan cek gimana Alexa Rank blogku, hehe. Makasih ya Nyi, jadi ingat lagi buat boost alexa rank, biar makin ramping di Indonesia. Kali aja dapat job dan trafik makin deras. Ternyata ada tawaran keyword yang bisa kita garap ya. Keren!

    ReplyDelete
  15. sangat bermanfaat banget ya, saya sering melakukan untuk mencari tahu suatu website apakah popularitas atau gak

    ReplyDelete
  16. Lengkap sekali data di alexa ini ya Mbak. Aku malu kalo lihat rank alexa blogku. Tapi cukup memotivasi untuk lebih baik lagi. Ditambah ada analisis lain yang mendukung perbaikan.

    ReplyDelete
  17. Ah iya, Alexa Ranking ini juga penting banget buat sebuah blog ya mbak
    jadi blogger emang g cuma nulis, tapi juga perlu optimasi blog

    ReplyDelete
  18. Huwaaa keren banget blgmu Nyi, angka indonesia ranks-hya udah menuju langsing. Kereeeennnn.

    ReplyDelete
  19. Kapan2 pengen cek ah performa blog d hadapan mbak Alexa. Pasti banyak kekurangannya hahaha, makasih kak Nyi, jadi nambah informasi deh

    ReplyDelete
  20. Wah pinter banget sih nyi.. ajarin dong. Blogger biar pintar memang nggak boleh malas belajar ya

    ReplyDelete
  21. wah ilmu baru niy, saya auto klik klik situsnya pengen tahu juga kualitas blog saya hehehehe, biar tahu performa blog kita dna bisa diperbaiki

    ReplyDelete
  22. Wiiih, udah dibawah satu juta mbak. Keren.

    Ku masih harus terus berusaha nih biar ramping 😁

    ReplyDelete
  23. Aku jarang mencari tahu bagaimana popularitas websiteku. Pertama karena memang nggak tahu bagaimana cara memeriksanya. Kedua, selama ini, aku mengikuti job dan jarang bertanya mengenai popularitas web. Tapi harusnya memang kita periksa secara berkala. Mengetahui seberapa menariknya blog kita itu penting sih.

    ReplyDelete
  24. Waah...info baru buatku Nyi..
    Aku dulu masih ngalamin ngelamar job dari hasil alexa rank, tapi gak paham itu apa maksudnya. Dan kini berganti era menjadi DA PA.
    Ya si Alexa ini terlupakan..

    Nuhun yaa, Nyi.

    ReplyDelete
  25. Macem2 yak tools buat blog itu. Tinggal mau mempelajari yg mana. Mau digunakan buat apa datanya. Aku baru sebatas mudeng bounce rate sih. Sama nih masih ketinggian 😅

    ReplyDelete
  26. Sudah belasan purnama tidak mengintip urutan rangking di alexa.
    Jadilah membaca ulasannya saja dulu, ngintip rangking blog sendiri, ntar sok ntar sok

    ReplyDelete
  27. Aku sudah lama nggak mengecek Alexa Rank karena jarang ada brand yang minta ya sekarang.. Bounce rate ku nih bermasalah huhu.. Bingung gimana perbaiki nya tinggi banget.. Kudu lebih menarik lagi tulisannya..

    ReplyDelete
  28. Mantep nih mbak Nyi, blognya keren. Terus semangat nulis ya mbak.

    ReplyDelete
  29. hebat nih mbak. aku belum pernah cek di alexa, soalnya masih bayi juga web ku, hihi..

    ReplyDelete

Post a Comment