Bagaimana Cara Menggabungkan File PDF

10 comments


Bagaimana Cara Menggabungkan File PDF - PDF (Portable Document Format) merupakan format file standar industri untuk berbagi dokumen. Pertama kali saya kenal format PDF ini waktu berkecimpung di dunia tulis. Awalnya hanya mengenal format Ms. Word, tetapi belakangan selain dalam mengirimkan naskah tulisan berbentuk word penerbit juga meminta format PDF, jadilah saya belajar bagaimana cara menggabungkan file PDF dengan mudah melalui sebuah website.



gabung pdf gabungkan pdf combine pdf pdf combine merge pdf merger pdf	 pdf merge
gabungkan pdf


 

 

File PDF Adalah



Format PDF sering digunakan untuk berbagi dokumen, baik untuk tugas ataupun juga untuk pekerjaan. PDF (Portable Document Format) merupakan file standasrt industri yang memudahkan, dalam membuat pelaporan.

 

PDF sendiri dikembangkan oleh Adobe Systems di tahun 1993. PDF juga tepat sekali digunakan sebagai fle untuk menggandakan dokumen, baik yang isinya tulisan, foto, desain, dan lain sebagainya. Dalam dunia digital sekarang ini, convert word to PDF adalah skill yang harus dimiliki.

 

 

Keunggulan Konversi Word ke PDF

 

 

 

Tidak dipungkiri kebutuhan mengubah word ke PDF menjadi kebutuhan yang tidak bisa dilewatkan begitu saja, di dalam dunia pekerjaan. Terlebih sekarang pandemi, di mana semua kegiatan beralih ke vrtual. Lantas apa keunggulannya sih, mengubah file format doc ke PDF ini?

 

 

File PDF Sangat Kompatibel dengan berbagai OS

 

Pernah nggak sih kalian mengalami masalah dokumen dalam format (.doc), yang dikirimkan terus pas dibuka format penulisannya berubah? Saya sering, ini karena versi yang saya gunakan lebih rendah, dari versi yang dikirimkan. Jadinya kerja dua kali deh, dan bikin waktu jadi tambah lama.

 

Berbeda dengan menggunakan file PDF, kejadian tersebut dapat diminimalisir karena format PDF sangat kompatibel dengan berbagai macam sistem operasi komputer maupun ponsel seperti windows, linux, Mas-OS dan lain sebagainya. Sementara kalau format doc, hanya bisa dibka oleh komputer yang sudah terinstal dengan software Microsft Office, demikian juga di ponsel.

 

 

Format PDF Memberikan Fiture Keamanan (Secure)

 

Ini yang keren sih untuk file PDF ada sistem fitur kunci, sehingga file PDF kita hanya bisa dibuka oleh orang-orang yang memiliki password. Biasanya dokumen yang rentan kena salinan, tanpa bisa dipertanggungjawabkan itu dokumen akademik.

 

Mudah untuk Diedit

 

Format PDF tidak seperti Microsoft Word, yang gampang langsung diedit. Tetapi bukan berarti file PDF tidak bisa diedit, bisa kok tenang aja tapi harus memiliki sofware atau aplikasi PDF reader.

Dengan file PDF ini akan memudahkan siapapun, dalam bekerja dan tidak takut layout tiba-tiba berubah atau urutan pagenya menjadi aneh. Jadi sangat bermanfaat sekali terlebih untuk pekerja.



gabung pdf gabungkan pdf combine pdf pdf combine merge pdf merger pdf	 pdf merge
Keunggulan Konversi Word ke PDF


 

 

PDF Ukurannya Lebih Kecil


File dengan format PDF ini ukurannya cenderung lebih kecil ya teman-teman, jadi mudah diaplikasikan misalnya ingin dicetak, pengirimannya sangat mudah dengan email, atau fitur aplikasi chat. Jadi pas bertukar dokumen tidak ribet, langsung bisa.

 

PDF sangat Bersahabat untuk Pengguna Difabel


PDF memiliki fitur membaca dengan suara, jadi tinggal di klik view aja dan lanjutkan dengan klik read. Ada suara yang otomatis akan muncul, sesuai dengan teks yang ada di sana.

 

            Keunggulan konversi word ke PDF ini pasti sangat membantu dan memudahkan, dalam membuat laporan kerja, tugas, maupun untuk hal-hal tertentu seperti mengirimkan naskah ke penrerbit yang pernah saya lakukan.


 

Website Rujukan Convert Word ke PDF


 

Zaman sudah canggih, dan memudahkan. Ada banyak website yang bisa memudahkan kita Convert Word ke PDF. Apa saja sih website tersebut?

 

iLovePDF.com

Smallpdf.com

Freepdfconvert.com

Pdfconverter.com


Dan masih banyak yang lainnya. Semoga bermanfaat ya! Cara Menggabungkan File PDF, ternyata mudah bukan?

Nyi Penengah
Aku suka membaca buku, apalagi membaca hatimu. Mari bekerjasama dengan penuh cinta. Jika berkenan email di sini: nyipenengah@gmail.com

Related Posts

10 comments

  1. ternyata file pdf itu jauh lebih aman ya. aku pikir sama aja sama ms word biasa aja gitu. sekarang kalau bikin file aku simpennya di pdf aja ah hehe makasih ya kak infonya.

    ReplyDelete
  2. Wah baru tau fitur suara pada pdf. Jadi bener ramah buat difabel ya mba Nyi. emang bener deh kalo buka word sering berantakan, makanya lebih suka ngumpulin dokumen pake pdf.

    ReplyDelete
  3. aku suka banget nih pake situs ilovepdf untuk convert pdf to words, ngebantu banget emang. oh iya soal fitur baru pdf aku juga baru tau lho setelah klik ikon volume, ternyata itu untuk difabel ya. keren ih

    ReplyDelete
  4. beneran aku baru tahu informasi ini mbak. Sangat membantu. di kntorku biasanya penawaran pakai format pdf agar tidak di edit oleh calon client

    ReplyDelete
  5. Jenis file favorit aku nih, pdf, apalagi klo buat di share materi ke berbagai grup.
    Web yang paling sering aku pake tu pdfconverter

    ReplyDelete
  6. Bener. Skrg pdf semakin dipakai tuk kirim dokumen tanpa pecah. Ukuran kecil dan lagi mudah di edit
    Dan aku baru tau klo tnyata pdf juga aman dipakai difabel.

    ReplyDelete
  7. Wah bisa pake situs ya skrg, jadi dari hp pun mau convert bisa yah. Sip. Nice info kak

    ReplyDelete
  8. Wah aku baru tahu jika pdf sekeren itu. Bisa klik buat dibaca sendiri. Wah boleh dicoba. Sip sip informatif mbak.

    Makin canggih makin bermanfaat ya aamiin

    ReplyDelete
  9. Aku sering banget menggunakan website buat memindahkan file pdf ke word. Dan hasilnya tidak mengubah layout PDFnya. Soalnya penyimpanan PDF di ms word sudah ada hehe.

    ReplyDelete
  10. Skarang tinggal serba mudah, di hp semua bisa kita lakukan, tulisan bisa langsung dikonver dari world ke pdf

    ReplyDelete

Post a Comment