Rumah Zakat Salurkan Superqurban dengan Prokes Ketat

24 comments

 

Rumah Zakat Salurkan Superqurban dengan Prokes Ketat - Allhamdulillah program rumah zakat, meski di tengah keterbatasan karena pandemi dan melonjaknya angka Covid-19 di Indonesia tetap berjalan. Dengan menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat, pengelolaan Superqurban menjadi salah satu solusinya.



cara mendapatkan bantuan dari rumah zakat program rumah zakat struktur organisasi rumah zakat bantuan rumah zakat rumah zakat fitrah
Superqurban dan desaku berqurban



 

Superqurban merupakan program optimalisasi dan solusi qurban dari Rumah Zakat, dengan mengolah dan mengemas daging qurban menjadi cadangan pangan dari protein hewani dalam bentuk kornet ataupun rendang. Bahkan di tahun 2019, Superqurban mendapat penghargaan sebagai Pengolahan dan Pengemasan Daging Qurban Pertama di Indonesia dari MURI.

 

“InsyaAllah Superqurban ini sesuai Syariah karena menurut Fatwa MUI Nomor 37 Tahun 2019 Tentang Pengawetan dan Pendistribusian Daging Kurban Dalam Bentuk Olahan, bahwa daging qurban ini boleh diolah dalam kemasan sehingga manfaatnya dapat dirasakan lebih lama,” ungkap Nur Efendi CEO Rumah Zakat.

 

Beliau juga menambahkan, “Semua proses pengelolaan qurban mulai dari penyembelihan, boning, deboning, hingga pengemasan menjadi kornet atau rendang dilakukan sesuai dengan standar Prokes pada hari raya Idul Adha dan Hari Tasyrik. Seluruh sumber daya manusia yang terlibat sudah dipastikan kesehatannya, dan tidak ada kerumunan dalam prosesnya,”

 

Kelebihan dari Superqurban ini, kebermanfaatannya jadi lebih luas karena mempunyai daya tahan dan lebih lama sebagai ketahanan pangan untuk masyarakat Indonesia. Pendistribusiannya bisa dilaksanakan sepanjang tahun, apalagi di tengah masa pandemi yang serba sulit, dan akses yang terbatas untuk bepergian.

 

Pemenuhan ketahanan pangannya tidak hanya masyarakat yang terdampak pandemi saja, ttapi juga yang terkena bencana, daerah tertinggal yang minim mendapatkan daging qurban, pun yang mengalami bencana perang, kelaparan di empat negara, seperi Palestina, Suriah, Myanmar, dan Bangladesh seperti tahun-tahun sebelumnya. Disalurkan untuk ribuan pengungsi. Superqurban ini benar-benar layak diandalkan sebagai solusi dalam bantuan ketahanan pangan baik Indonesia maupun dunia.

 

 

Mengenal Rumah Zakat



Rumah Zakat adalah lembaga filantropi yang mengelola zakat, infak, sedekah, qurban, ramadhan, bencana, kemanusiaan, beasiswa juara, serta dana sosial lainnya melalui program-program pemberdayaan masyarakat.

 

Rumah Zakat menghadirkan Desa Berdaya sebagai proses pemberdayaan wilayah binaan berdasarkan pemetaan potensi lokal. Program pemberdayaan di Desa Berdaya direalisasikan melalui empat rumpun utama yaitu:

 

Senyum Juara (pendidikan)

Senyum Sehat (kesehatan)

Senyum Mandiri (ekonomi)

Senyum Lestari (lingkungan)

 

Rumah Zakat berkantor pusat di Jl.Turangga No.33 Bandung. Untuk Call Center: 0804-100-1000 dan WA/SMS di Nomor 0815-7300-1555.

 Rumah Zakat mempunya Visi, menjadi lembaga filantropi Internasional berbasis pemberdayaan yang profesional. Sementara misinya adalah :

  • Berperan aktif dalam membangun jaringan filantropi Internasional
  • Memfasilitasi kemandirian masyarakat
  • Mengoptimalkan seluruh aspek sumber daya melalui keunggulan insani

 

Launching Campaign Desaku Berkurban untuk Desa Minim Pequrban




cara mendapatkan bantuan dari rumah zakat program rumah zakat struktur organisasi rumah zakat bantuan rumah zakat rumah zakat fitrah
Rumah Zakat Salurkan Superqurban dengan Prokes Ketat



 

Barokallah selain Superqurban, Rumah Zakat juga mempunyai program Desaku Berqurban, adalah penyaluran hewan qurban ke desa-desa minim pequrban. Hal ini bertujuan agar masyarakat desa yang jarang merasakan daging, dapat menikmati hidangan istimewa di hari raya, sekaligus memberdayakan para peternak di desa.

 

Di tahun sebelumnya sebanyak 3.066 pequrban menitipkan hewan qurban dalam program Desaku Berqurban, untuk dibagikan kepada 23.027 penerima manfaat yang ada di desa.  Sementara tahun 2021 ini, sudah ada para peternak di 100 titik Desa Berdaya Agrobisnis binaan Rumah Zakat yang menyediakan hewan qurban untuk program Desaku Berqurban. Allhamdulillah

 

Nur Efendi CEO Rumah Zakat, mengungkapkan, “Tahun ini kami menargetkan 20.000 pequrban berpartisipasi dalam program Superqurban dan Desaku Berqurban. Tujuannya agar semakin banyak masyarakat yang dapat terbantu dengan lebih maksimal dari program ibadah qurban”.


Sharing Session dari Adhin Abdul Hakim Relawan Rumah Zakat


 

Adhin Abdul Hakim, aktor, influencer, dan juga relawan dari Rumah Zakat dalam press confrence Superqurban dan Desaku Berqurban bercerita ketika menjadi relawan yang mengantarkan Superqurban ke pelosok negeri.

 

Adhin bercerita perjalanannya memberikan Superqurban ke Dusun Patiro, Sulawesi Selatan. Di mana beliau dan tim melakukan perjalanan tersebut, harus menyeberang sungai dengan ke dalaman sedada. Tidak ada lampu, tidak ada sekolahan, akses air bersih tidak ada, dan mereka tidak pernah makan yang namanya daging.

 

"Pas dibawakan Superqurban, ya mereka senang. Dimana Superqurban ini packagingnya memudahkan, dibuka langsung bisa dimakan kalau dicampur dengan nasi. Bisa jadi nasi goreng rendang, nasi goreng kornet, dan saya sudah mencobanya hahaha ..." kelakar Adhin menceritakan.

 

 

Cara Berqurban Superqurban dengan Rumah Zakat

 


cara mendapatkan bantuan dari rumah zakat program rumah zakat struktur organisasi rumah zakat bantuan rumah zakat rumah zakat fitrah
Superqurban


 

  • Masuk ke website rumahzakat.org
  • Pilih kategori 'Superqurban', klik
  • Pilih Superqurban sesuai dengan budget kemampuan, ada 6 pilihan yang bisa dipilih. Seperti : Qurban Kambing Kornet, Qurban 1/7 Sapi Kornet, Qurban Kambing Rendang, Qurban 1/7 Sapi Rendang, Qurban Sapi Kornet, Qurban Sapi Rendang.
  • Contohlah pilih satu, klik 'Qurban Kambing Kornet'. Nanti akan tertera nominal donasi, Rp2.700.000,-. Ketik namamu, lantas bisa melakukan pembayaran, 'Bayar Sekarang'.
  • Sebelum membayar, donatur harus melengkapi data, seperti nama lengkap, email, no handphone, notifikasi melalui email atau SMS.
  • Untuk metode pembayarannya, sangat memudahkan. Bisa virtual account, credit card, ewallet, convenience store alfamart, atau bank transfer.
  • Akan ada konfirmasi hasil transfernya


3 Fakta Superqurban dari Rumah Zakat


 

  • Kurban akan didistribusikan dalam bentuk Kornet dan Rendang, agar awet dan menjadi ketahanan pangan untuk masyarakat yang kurang beruntung
  • Donasi onlinenya dengan metode pembayaran yang komplit. Bisa virtual account, credit card, ewallet, convenience store alfamart, atau bank transfer.
  • Superqurban mendapat penghargaan sebagai Pengolahan dan Pengemasan Daging Qurban Pertama di Indonesia dari MURI di tahun 2019

 

            Nah, buat teman-teman menjelang Idul Adha ini masih bingung buat berqurban, langsung saja join dengan Rumah Zakat saja. Solusi berkurban di tengah pandemi banget pokoknya nih, sesuai dengan harapan di mana superqurban hadir menjadi bagian dari solusi atas keterbatasan, dibatasinya aktivitas kerumunan di saat idul adha. Semoga informasinya membantu ya.


Nyi Penengah
Aku suka membaca buku, apalagi membaca hatimu. Mari bekerjasama dengan penuh cinta. Jika berkenan email di sini: nyipenengah@gmail.com

Related Posts

24 comments

  1. senang sekali membacanya, dan baru pertama kali tahu mengenai daging kurban yang diolah dan dalam kemasan agar lebih awet. ide yang bagus dan tentu saja tak mengurangi manfaat dan berkahnya ya, apalagi karena utk didistribusikan bagi yg kurang beruntung, jadi lebih awet dan tahan lama juga :)

    ReplyDelete
  2. Aaakk, senangnyaaa
    metode SUPERQURBAN ini bener2 solutif, karena kebermanfaatannya kian meluas, dan tahan lama.

    ngga harus buru2 dimasak kan daging qurbannya.
    inovasi yg keren bin mantab jiwa!

    ReplyDelete
  3. Bagus nih program superqurban dari rumah zakat, terus dibagikannya ada bentuk kornet dan rendang, brilliant!

    ReplyDelete
  4. ah kece banget inovasi dari Rumah Zakat ini
    dengan super qurban, qurban bisa meluas jauh manfaatnya ya mbak

    ReplyDelete
  5. Rumah Zakat punya inovasi yang bagus ya, ga cuma dibagikan dalam bentuk daging, bisa juga olahn, dan uang yang ditransfer untuk kurban juga ajek. ga ada daging urban yang berisiko busuk karena pembagian yang tidak sebanding dengan banyaknya,

    ReplyDelete
  6. iya sebentar lagi udh hari raya kurban nih yaa, tentu kalau ikutan berkurban via rumah zakat bisa sekaligus menghindari penularan Covid-19 juga yaa, amal ibadah nya jalan, jaga keselamatan dan kesehatan masyarakat juga berjalan

    ReplyDelete
  7. Superqurban ini sudah jadi pelopor penyalur qurban yang masuk ke pelosok. Senang sekali rasanya saudara kita di pedalaman bisa merasakan daging qurban. Karena ternyata banyak desa yang tidak terjangkau dan tidak ada orang berqurban karena keterbatasan.

    ReplyDelete
  8. Senangnya tetap bisa berkurban di masa pandemi ini dibantu rumah zakat, ya

    ReplyDelete
  9. Jadi lebih simple ya mbak Nyi dengan superqurban. Para penerimanya juga lebih mudah, karena sudah dalam keadaan apik. Inovasi Rumah Zakat ini sangat memperhatikan apa yang dibutuhkan ya

    ReplyDelete
  10. Bener2 inovasi baru dalam pendistribusian hasil berkurban ya kak, apalagi pas pandemi gini kan diharapkan gak berkerumum jadi inovasi ini solutif banget menurut aq

    ReplyDelete
  11. Kami lebih senang berqurban ke daerah-daerah melalui Rumah Zakat. Agar pendistribusiannya lebih merata ke daerah terpencil.
    Cara ini lebih mudah dalam berqurban

    ReplyDelete
  12. Bagus juga konsep dari Rumah Zakat ini, daging qurban diolah menjadi bentuk penganan kornet maupun rendang, sehingga praktis banget, bisa langsung dimakan. Keren ya perjalanan Superqurban dalam menerobos desa terpencil. Semangat terus dalam menebar berkah dan kebaikan....

    ReplyDelete
  13. Wah bagus sekali program seperti ini. Membantu orang yang mau berkurban tapi bingung tempatnya dimana. Jadi benar2 bisa disalurkan ke yang membutuhkan.

    ReplyDelete
  14. Nah, praktis nih bisa berqurban lewat Rumah Zakat. Kita nggak perlu repot, sedekah qurban sudah bisa tersalurkan dengan baik. Amanah dan terpercaya.

    ReplyDelete
  15. Oalaahh berarti superqurban ini langsung mengolah daging kurban yang siap dikonsumsi dalam bentuk kornet atau rendang. Terdengar lebih praktis dan mudah untuk didistribusikan.

    ReplyDelete
  16. Rumah Zakat emang sudah dekat dengan rakyat, aku pun punya kaosnya dan pernah menulis tentang program Desa Berdaya. Programnya banyak, termasuk superqurban yang menurutku sangat bermanfaat. Bisa menjangkau penerima yang lebih luas dan tak terbatas waktu, toh sudah dibolehkan secara syariat. Alhamdulillah semoga RZ makin eksis dalam melayani umat, memajukan bangsa.

    ReplyDelete
  17. Dulu sebelum pandemi, di kantor suamiku juga bisa kurban nya dibuat kornet. Nah sekarang semua orang juga bisa ikutan jadi kornet atau rendang ya hasil kurbannya, ga harus dari kantor aja. Sip mbak

    ReplyDelete
  18. MasyaAllah bener juga yaa, sekarang karena pandemi juga baiknya ngga kumpul2 gitu kan yaa untuk sembelihan. Kalau dititipin RZ jadi meminimalisir kerumunan juga

    ReplyDelete
  19. Rasanya ingin banget bisa bekurban tahun ini dan seterusnya, semoga terwujud aamiin

    ReplyDelete
  20. Superqurban ini inovatif dan solutif ya kak. Jadinya bisa lebih tahan lama dan bisa jadi stok, trs meminimalkan kontak dengan orang lain juga saat memberi daging yg sdh jadi kornet dan rendangnya

    ReplyDelete
  21. keren nih rumah zakat. memang sebaiknya tetap menjalankan prokes ketat ya kaak dalam mendistribusikan daging qurban. btw sedih juga sih yaa.. lebaran qurban kudu sepi2an lagi huhu

    ReplyDelete
  22. Kebermanfaatan Superqurban dari Rumah Zakat ini sangat luas yaa..
    Aku juga pernah datang ke launching nya di Bandung dan mashaAllah~ setuju banget kalau bisa dikemas bagus dan diawetkan sehingga bisa dimanfaatkan hingga ke pelosok daerah yang bahkan tidak terjangkau atau untuk penyaluran ke daerah bencana.

    MashaAllah,
    Tabarakallahu.

    ReplyDelete
  23. Masya Allah, inovasi benar-benar ngebantu banget yaaa.. jadi bisa menjangkau wilayah yang sebelumnya tak terjangkau juga. Superqurban hadir jadi solusi agar semua wilayah bisa merasakan hari raya qurban secara merata dalam pendistribusian daging hewan qurban

    ReplyDelete
  24. MasyaAllah, ini jelas keren banget ya...Dengan begini, daging qurban bisa lebih awet dan bisa didistribusikan ke tempat tempat yang memang benar benar membutuhkan. Keren banget ini mba.

    ReplyDelete

Post a Comment