Mengenal Startup Studio Indonesia

Post a Comment


Mengenal Startup Studio Indonesia - Pengguna internet di Indonesia, mencapai penetrasi tinggi dan didominasi oleh anak muda. Demikian juga ekonomi digitalnya, sangat potensial dan berkembang dengan cepat.



pt startup digital indonesia program 1000 startup kominfo startup digital adalah membangun startup digital




 

Hasil studi Google, Temasek, dan Bain&Company bahwa jumlah transaksi ekonomi digital di Indonesia diprediksi akan makin meningkat pesat lebih dari USD 124 miliar atau setara dengan 1.700 triliun di 2021. Itu artinya terbesar di Asia Tenggara, kalau Kominfo memroyeksikan Indonesia akan menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar nomor 9 di dunia pada 2030. Luar biasa ya?

 

Kabar baiknya dengan perkembangan ekonomi digital yang merangkak pesat ini, sebanding dengan pertumubhan startup yang ada di Indonesia. Dilansir dari ranking.com Indonesia meraih peringkat kelima, negara yang memiliki jumlah startup di dunia. Kalau diakumulasikanada 22.29 startup sampai dengan April 021 ini, yang mana menjadi kedua terbesar Asia, sesudah India.

 

Hal inilah yang melatarbelakangi Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk memfasilitasi startup digital yang sudah mencapai tahap product-market fit dan memiliki founder yang potensial. Dilansir dari laman bisnis.com, Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc, sebagai Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, mengatakan, "Tahap early-stage startup merupakan tahapan yang krusial dan menjadi pondasi dalam membangun perusahaan startup yang berdaya saing tinggi. Program inkubasi dan akselerasi menjadi kendaraan bagi early-stage startup untuk dapat mencapai tahapan tersebut.Tujuannya untuk memajukan ekosistem startup Indonesia melalui penyediaan fasilitas akses bagi early-stage startupuntuk mengembangkan potensi bisnisnya. Adapun program ini akan menitikberatkan pada penguatan produk (product-marketfit) dan akses jejaring bisnis.”

 

 

 

Startup Studio Indonesia Itu Apa Sih Sebenarnya?



 

Jadi, buat teman-teman yang belum tahu Startup Studio Indonesia merupakan sebuah program yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk memfasilitasi startup digital yang sudah mencapai tahap product-market fit dan memiliki founder yang potensial. Dengan melakukan pembekalan dalam program inkubasi intensif untuk pada pendiri startup ini, guna memersiapkan mereka menghadapi ketidakpastian pasar dan siap untuk startup #GoTheExtraMiles.

 

Startup Studio Indonesia dihadirkan juga, karena menjawab masalah sulitnya mendapat sumber daya yang berkualitas dan pengembangan bisnis.

 

Visi dari Startup Studio Indonesia, adalah Menciptakan ekosistem digital Indonesia yang kaya akan sumber daya untuk diakses oleh para founder startup dalam berinovasi untuk mendorong transformasi digital Indonesia.

 

Misi dari Startup Studio Indonesia adalah Memfasilitasi akselerasi dari startup berkualitas dengan menyediakan sumber daya dan jejaring untuk mengembangkan skala usahanya. Buat teman-teman yang mau ikutan langsung aja, kepoin ke website Startup Studio Indonesia, ya!

 

Untuk batch 1 sudah berjalan, di tahun 2020 pada bulan September sampai dengan November. Ada 668 peserta tercatat yang mengikuti program inkubasi earl-stage ini. Dari 668 lantas disaring menjadi 20 start up terpilih, yang diberikan coaching dan mentoring oleh mentor yang sudah ahli, yakni pendiri startup aktif dan terkemuka selama tiga (3) bulan. Kalau begini saya jadi ingat drama Korea Star-Up nih, yang dimainkan Suzy dan

 

Buat teman-teman yang mau ikutan Batch 2, jangan sampai ketinggalan ya, akan berlangsung pada Mei sampai Juli 2021 mendatang. Ada sekitar 15 early-stage startup terpilih dan siap-siap aja dimentorin oleh pendiri startup aktif dan terkemuka seperti:  Grady Laksmono (Co-Founder MOKA POS), Melisa Irene (Partner East Ventures), Jonathan Sudharta (Co-founder & CEO Halodoc), John Marco Rasjid(Co-founder &CEO Sociolla), dan Amanda Cole (Co-founder & CEO Sayurbox).

 

Nyi Penengah
Aku suka membaca buku, apalagi membaca hatimu. Mari bekerjasama dengan penuh cinta. Jika berkenan email di sini: nyipenengah@gmail.com

Related Posts

Post a Comment