Ini Dia Cara Menghitung Kebutuhan Asi untuk Bayi

Post a Comment


Ini Dia Cara Menghitung Kebutuhan Asi untuk Bayi - Asi adalah singkatan dari air susu ibu, air susu yang diproduksi oleh seorang ibu dan dikonsumsi oleh bayi. Asi menjadi sumber gizi yang paling utama untuk bayi, karena dia belum bisa mengonsumsi makanan padat.



tabel kebutuhan asi bayi tabel kebutuhan asi bayi idai kebutuhan asi bayi baru lahir idai tabel kebutuhan asi bayi sekali minum kebutuhan asi bayi 11 bulan
Ini Dia Cara Menghitung Kebutuhan Asi untuk Bayi




 

Nah jadi ingat ketika nungguin adi ipar lahiran, padahal HPL udah tiba tapi si dedek bayi ini belum mau keluar akhirnya konsultasi lagi ke dokter, harus caesar. Karena melahirkannya tahun lalu masih pandemi, yang boleh jagain cuma dua orang. Saya dan suami tiap hari datang, nungguin di tempat tunggu yang sudah disediakan. Menjaga kalau butuh apa-apa tinggal keluar motoran, dari dot bayi, alas untuk penyedot bayi, pampers, dan sebagainya. Karena adik saya yang laki-laki masih di Korea jadinya saya berharap bisa stanby membantu untuk mendukung. Meski nggak bisa masuk karena kondisi pandemi, terharu pas udah lahir dapet kiriman fotonya. Berasa aku yang lahiran gitu, hehehe prosesnya kan udah lebih sehari dari HPL jadi tegang.

 

Barulah hari keempat adik ipar saya pulang ke rumah, dan asinya masih belum lancar masih tersendat. Mendengar sharingnya pertama kali menyusui, saya merasa terenyuh karena belum pernah mengalami sendiri. Tapi sering kali memang demikian untuk pertama kali menyusui, merasakan nyeri. Ibu saya juga cerita, dulu ketika menyusui saya malah puting susunya mau putus karena saya gigit. Jadilah selama saya bayi nggak pernah minum susu hehehe ...

 

Gegara nungguin adik ipar, saya jadi tahu air asi yang pertama kali diproduksi itu warnanya agak kekuning-kuningan. yang kalau disebut dengan nama kolostrum/jolong. Yang mana dihasilkan dari hormon prolaktin dan oksitosin, mengandung banyak immunoglobulin IgA yang baik untuk kekebalan tubuh dan pertahanan bayi melawan penyakit.

 

 

 

Manfaat ASI untuk Bayi Baru Lahir




tabel kebutuhan asi bayi tabel kebutuhan asi bayi idai kebutuhan asi bayi baru lahir idai tabel kebutuhan asi bayi sekali minum kebutuhan asi bayi 11 bulan
Manfaat ASI untuk Bayi Baru Lahir



 

Menurut asimor.co.id memberikan Asi untuk sikecil yang baru lahir ini, akan memberikan beberapa manfaat :

 

1. ASI memberikan nutrisi terbaik untuk bayi baru lahir. Kandungan vitamin, protein, dan lemaknya dirancang dengan pas untuk membantu si Kecil bertumbuh dengan baik.

2. ASI mengandung antibodi yang akan membantu bayi baru lahir melawan infeksi virus dan bakteri.

3. Bayi yang menyusu ASI biasanya memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami asma atau alergi.

4. Selain itu, bayi mendapatkan ASI eksklusif tanpa tambahan susu formula memiliki risiko rendah untuk mengalami infeksi telinga, masalah pernapasan, dan diare.

5. Pemberian ASI juga sering dihubungkan dengan kecerdasan anak, lho.

6. Kedekatan si Kecil dan Mamsi juga semakin erat saat Mamsi memutuskan untuk menyusui. Ini karena saat menyusui terjadi kontak kulit yang intens antara si Kecil dan Mamsi.

7. Berat badan bayi yang mendapatkan ASI juga biasanya ideal dan jarang ada yang mengalami overweight alias berat badan berlebih.

8. Risiko SIDS atau sindrom kematian mendadak pada bayi, diabetes, atau kanker jenis tertentu juga menurun saat si Kecil mendapatkan ASI.

 

MasyaAllah peran ASI untuk tumbuh kembang anak itu luar biasa sekali ya, semoga nanati pas ada anak saya dapat menyusui dengan baik aamiin ya Allah.

 

Lantas bagaimana menghitung ukuran kebutuhan asi bayi? Dilansir dari l aman zwitsal.co.id untuk memberikan kecukupan ASI kepada sang buah hati, tidak boleh berlebihan dan demikian tahapan pembagiannya:

 

  • Bayi usia 1 hari : 7 ml (1 sendok teh) ASI dalam sekali minum
  • Bayi usia 2 hari : 14 ml (2 sendok teh) ASI dalam sekali minum
  • Bayi usia 3 hari : 25-38 ml (3-4 sendok makan) ASI dalam sekali minum
  • Bayi usia 1 minggu : 45-60 ml ASI dalam sekali minum
  • Bayi usia 1 bulan : 80-150 ml ASI dalam sekali minum
  • Bayi usia 6 bulan : 720 ml ASI per hari
  • Bayi usia 1 tahun : 550 ml ASI per hari

 

Saya belajar banyak nih, dan semoga pembaca blog juga mendapatkan manfaat dari informasi di atas. Selamat menantikan kehadiran buah hati yang belum memiliki, dan yang sudah semangat untuk merawat tumbuh kembang anak. Semoga kita semua diberikan kemudahan, dalam menjadi orang tua yang baik. Aaamiin.

Nyi Penengah
Aku suka membaca buku Apalagi membaca hatimu

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email