7 Contoh Modal Usaha Bukan dari Hutang

14 comments


7 Contoh Modal Usaha Bukan dari Hutang - Dulu saat masih belum tahu memulai usaha, bolak-balik mikir gimana caranya dapet pinjaman untuk modal usaha. Padahal ternyata sumber modal usaha tuh banyak banget, nggak cuma dari hutang.



modal usaha gratis dari pemerintah contoh modal usaha modal usaha dari pemerintah butuh modal usaha pinjaman untuk modal usaha pinjaman modal usaha dari pemerintah
7 Contoh Modal Usaha Bukan dari Hutang




 

Karena kan di masyarakat pasti mikirnya harus hutang nih, kalau mau membuka sebuah usaha nyatanya tidak. Semuanya masih bisa disiasatin, buat pelaku UMKM. Butuh modal usaha? Bisa jadi salah satu solusi di bawah ini tepat buat kamu yang ingin berwirausaha.

 

Menggunakan Modal Milik Pribadi

 

Modal pribadi ini yang paling bikin tentrem hati loh, karena kita nggak mikir bagaimana cara mengembalikan duit yang bukan milik kita. Namun, modal pribadi membuat anda harus menguras isi tabungan, yang sudah berusaha ditabung bertahun-tahun lamanya. Lantas kalau nggak punya tabungan gimana dong? Ya harus ada aset yang dijual nih teman-teman. Misalnya motor atau mobil, dan lain sebgainya.

 

 

Meminjam Modal Kepada Keluarga/Teman

 

Punya keluarga atau saudara kandung ini, merupakan cara yang paling aman untuk mendapatkan pinjaman untuk modal usaha awal. Karena masih dalam kalangan keluarga, kan nggak mungkin saudara sendiri nggak membantu kalau punya dan kalau ada. Mereka justru kadang mendukung, namun meski meminjam kepada keluarga ngebalikinnya tetep on time ya.

 

 

Mendapatkan Piutang dari Supplier

 

Model piutang dari Supplier nih, saya pernah. Dikasih dahulu barang atau produk yang mau dijadikan usaha. Bayarnya setelah barang dagangan laku terjual. Sistem ini biasanya diperuntukan buat yang udah saling percaya, dan tahu latar belakang masing-masing.

 

 

Investasi Bagi Hasil atas Keputusan Bersama

 

Sistem bagi hasil ini, biasanya terjadi atas kesepakatan bersama. Misalnya nih seorang pengusaha yang kamu kenal, memberikan modal untuk memulai usaha. Dia hanya minta sistem bagi hasil saja, pemodal meminta 40%, dan pengusaha yang menjalankan mendapatkan 60-%. Pembagian persen ini tergantung keputusan bersama. Enaknya sistem ini itu, kalau untung ya untung bareng, rugi ya rugi bersama.

 

 

Hadiah dari Lomba

 

Coba tanya diri anda, apa yang paling dikuasai. Misalnya saya nih, suka menulis. Maka saya biasanya mengikuti lomba menulis. Dengan demikian, kalau menang lomba dan mendapatkan hadiah uang. Saya bisa menggunakan uang tersebut untuk mendukung usaha saya. Sejauh ini sih demikian, uang hadiah lomba selain dibuat keperluan sehari-hari juga digunakan untuk membeli kain untuk membuat souvenir.

 

Dana Bantuan Pemerintah seperti BPUM





modal usaha gratis dari pemerintah contoh modal usaha modal usaha dari pemerintah butuh modal usaha pinjaman untuk modal usaha pinjaman modal usaha dari pemerintah


 

Pandemi yang melanda Indonesia hampir dua tahun ini, membuat pemerintah mengupayakan kesejahteraan masyarakatnya. Ada bantuan untuk masyarakat tidak mampu, pun ada bantuan produktif usaha mikro yang disingkat BPUM. Kita bisa memanfaatkan dana bantuan pemerintah ini untuk menyokong usaha, yang sempat terhenti karena pandemi.

 

Persyaratan dan Cara Daftar UMKM Secara Online Tahun 2021, sangat mudah dilakukan. Saya sudah menuliskan ulasannya di postingan sebelumnya. Boleh mampir ya teman-teman, siapa tahu bermanfaat ya!

 

 

Dari Dana CSR

 

Dana CSR bisa didapatkan dari berbagai perusahaan, misalnya dari BUMN atau Sebuah Bank yang memiliki sistem CSR. Namun hal ini bisa didapatkan, apabila kita sebagai pemilik usaha aktif memperkenalkan ke masyarakat dan pihak pemilik CSR. Tanpa sebuah networking yang apik, dan jalinan silaturahmi usaha yang baik akan susah mendapatkan model permodalan seperti ini.

 

Tetapi biasanya pibak mereka yang membuka peluang CSR untuk pelaku UMKM terang-terangan membuka kerjasama. Coba cari tahu perusahaan apa di sekitarmu yang membuka peluang CSR, lalu manfaatkan.

 

Nyi Penengah
Aku suka membaca buku Apalagi membaca hatimu

Related Posts

14 comments

  1. ternyata untuk mendapat modal usaha tak harus cari pinjaman apalgi kewat pinjol yg bahayaaaa itu ya.. thx infonya Nyi

    ReplyDelete
  2. Banyak solusi aman dibandingkan hutang ternyata ya

    ReplyDelete
  3. Akupun, tetep lebih suka pakai dana atk aset pribadi kalo mau memulai usaha mba. Ga pernah tenang kalo berhutang. Papa dulu memulai bisnis bakerynya di awal, itu pake uang pensiun dari oil company tempat papa kerja. Dari uang tu dibeli ruko 2 lantai, bahan2 kue, peralatan bakery, plus hire chef, asisten chef, dan staff utk front liner. Baru kemudian setelah 1 ruko berkembang kuat, papa ambil pinjaman modal dr bank utk memperluas usaha. JD tetep awalnya pake uang pribadi dulu. Itu yg selalu aku tiru. Amit2 jgn sampe kalo bisnisny mandeg, setidaknya ga pusing bayar hutangan.

    ReplyDelete
  4. Iya bener. Sebenarnya modal usaha nggak harus meminjam pada bank atau badan pinjaman lainnya. Mungkin kadang prosesnya mudah. Tapi saat pengembalian bisa jadi mencekik banget tuh...

    ReplyDelete
  5. Banyak cara ya mbak buat cari modal usaha, tapi jangan sampai hutang sana-sini apalagi sampe utang pinjol yang ilegal. Ngeri sama bunga-bunganya yg nggak jelas

    Yang paling membantu itu dana bantuan dari Pemerintah. Bantuan Prakerja jg membantu bangettt

    ReplyDelete
  6. Nah paling seneng kalau modal usaha hadiah dari lomba berasa kaya rezeki nomplok aja ya kak :)

    ReplyDelete
  7. Untuk berusaha, terkadang kita memang terkendala modal. Nah pandai-pandai kita aja ya Mbak gimana caranya berusaha tanpa modal. Tentunya perbaiki track record kita agar orang percaya meminjamkan atau mengambil barang tanpa membayar terlebih dahulu. Menjaga kepercayaan itu penting banget dalam bisnis. Sekali cacat seumur hidup orang gak percaya

    ReplyDelete
  8. sebenarnya emang banyak cara untuk mendapatkan modal usaha, asal kita telaten pasti ada jalan

    ReplyDelete
  9. wah baca ini saya baru tahu juga ternyata sumber dana usaha banyak juga tanpa harus berhutang ya mba, makin semangat buat buka usaha

    ReplyDelete
  10. Banyak jalan menuju Roma ya untuk mendapatkan modal usaha banyak bantuan CSR dan dari pemerintah asal kita mau telaten cari informasi

    ReplyDelete
  11. Asyiknya ya kalau bisa dapat dana dari CSR .. kira2 gak berat ya syaratnya.

    ReplyDelete
  12. Kebetulan banget aku lagi butuh informasi sumber dana dari mana saja baut modal, dan ternyata nemu infonya lengkap, makasih

    ReplyDelete
  13. Wah ternyata kalau mau buka usaha itu nggak melulu modal utang ya tapi ada banyak jalan yang bisa kita tempuh tanpa perlu berutang. Nomor 1 memang paling nyaman karena pake modal sendiri

    ReplyDelete
  14. Banyak cara untuk mendapatkan dana dan mempersiapkan diri untuk modal usaha, sal ada kemauan dan usaha pasti ada jalan

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email