Logo Pilihan Lebih Sehat Adalah Pilihan Bijak

6 comments

 

Logo Pilihan Lebih Sehat Adalah Pilihan Bijak - BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanna) sudah merilis logo 'pilihan lebih sehat', untuk beberapa kemasan panganan olahan. Allhamdulillah hal ini agar konsumen lebih bijak ketika membeli minuman dan makanan.







 

Label pilihan sehat sangat mudah dikenali, karena ada bentuk centang atau cheklist hijau pada kemasan dan tulisan 'Pilihan Lebih Sehat' dan 'Dibandingkan Produk Sejenis Bila Dikonsumsi dalam Jumlah Wajar'.

 

Sebelum tahu ada logo BPOM halal begini, saya belinya sembarangan tapi setelah tahu ada logo BPOM terbaru dan lebih sehat jadilah mulai hati-hati dalam membeli produk kemasan. Baik makanan ataupun minuman. Jadi nggak lagi-lagi beli yang dimau, tapi juga memerhatikan kapan tanggal kadaluarsa, nilai gizinya, logo halal, dan lain sebagainya.

 

Ditambah lagi saya berkesempatan mengikuti webinar dengan tajuk, "Konsumsi Berkesadaran untuk Pilihan Asupan yang Lebih Sehat dan Lebih Baik, Investasi Kesehatan Masa Depan", dengan narasumber yang sudah mumpuni dibidanngya, adalah:

 

1. Dra. Rita Endang., Apt., M.Kes, Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM

2. Seala Septiani, S. Gz, M. Gizi, Nutrisionis

3. Andrew F. Saputro, Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia

 

Nah apa saja yang disampaikan? Ada sedikit rangkuman acaranya berikut ini, semoga bermanfaat ya!

 

 




 

Belajar Mengenal Mindful Eating

 

 

 

Kesadaran akan kesehatan di masyarakat sangat lemah, sampai akhirnya pandemi datang dan membuat seluruh masyarakat dunia mulai menjaga pola hidup bersih dan menjaga kesehatan akan makanan. Bukan sekadar makan, tapi apakah makanan yang kita konsumsi berdampak ke depannya, untuk generasi akan datang, lingkungan dan lain sebagainya.

 

Sampai pada akhirnya saya belajar mengenal mindful eating, konsep eating behaviour atau kebiasaan makan yang menekankan pada proces oriented (rasanya enak, mengenyangkan, nikmat, cukup). Perlu digarisbawahi juga asupan yang kita konsumsi setiap hari ini, harus lebih sehat dan kita juga cermat dalam memilihnya.

 

Nah bagaimana cara memulai mindful eating? Ini dia langkahnya:

 

  • Wajib mengetahui kebutuhan gizi seimbang itu seperti apa. Karena tidak dipungkiri jenis makanan itu ada banyak sekali, maka bisa divariasikan saja.
  • Mulai cermat memelajari produk yang dibeli maupun akan dibeli, seperti informasinya dalam kemasan itu, reputasi produk, bahannya, dan lain sebagainya.

 

 

Belajar Memilih Olahan Pangan dengan Label Pilihan Lebih Sehat

 



 





Hayo sampai saat ini, siapa yang kalau beli produk kemasan baik makanan atau minuman karena tergoda iklan? Hehehe ... saya juga masih menjadi salah satu bagiannya, meski begitu yuk mulai perbaiki di mulai dari sekarang untuk lebih bijak dalam memilih olahan pangan.

 

Saat membeli ingat untuk mengetahui informasi tentang produknya, dari kandungan gizinya, non gizinya yang biasanya ditandai dengan tabel. Apakah ada juga logo pilihan sehat di depan label kemasannya? Mengapa kita harus memerhatikan hal tersebut? Karena apa yang kita konsumsi, akan berimbas ke tubuh kita dan masa depan. Contoh gampangnya saja, saya memiliki mertua yang ketika sudah sepuh begini kena diabetes militus yang bikin beliau struk, sementara bapak mertua asam urat, jadi lebih baik mengonsumsi makanan sehat sejak dini bukan? Jadi ketika tua nanti tidak terkena imbas, dari apa yang kita konsumsi dahulunya. Saatnya mengenali apa manfaat pencantuman informasi nilai gizi pada kemasan.

 

  • Informasi nilai gizi yang ada dalam kemasan, memberikan pengetahuan kepada  masyarakat akan panganan olahan yang dibeli sudah sesuai kebutuhan gizi 
  • Logo pilihan lebih sehat, sangat memudahkan masyarakat untuk memilih pangan yang aman sesuai logo BPOM terbaru
  • Pengetahuan sebelum membeli sangat penting, lihat izin edarnya dari kapan dan sampai kapan masa kadaluarsanya, cek kemasan, dan baca label.
  • Informasi nilai gizi pada label utama biasanya terdiri dari energi kandungannya, lemak total, lemak jenuh, garam, dan gula. Ada berapa persen juga angka kecukupan gizinya, jumlah zat gizi dan lain-lain.

 

 

Sudah Ada Logo Pilihan Lebih Sehat pada Susu Frisian Flag





Andrew F. Saputro, Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia



Frisian Flag, dikenal dengan susu sehat untuk keluarga Indonesia yang sudah memiliki logo pilihan sehatnya. Frisian flag mengandung sangat banyak sumber protein, yang akan mendukung tumbuh kembang dan menjaga kesehatan keluarga. Ada kalsium dan fosfor juga di dalamnya. Hal ini sesuai yang ungkapkan oleh Andrew F. Saputro, Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia, "Ini sejalan dengan visi perusahaan, bagaimana kita bisa memberikan produk susu yang bergizi, berkualitas dan terjangkau".

 

 

Manfaat Susu Bagi Tubuh

 

 

Ada yang eneg mengonsumsi susu, ada yang suka banget mengonsumsi susu, saya termasuk yang sedang-sedang dalam mengonsumsi susu. Tergantung kebutuhan dan susu apa yang dikonsumsi. Mengapa seseorang harus mengonsumsi susu sih? Apa manfaat sebenarnya? Berikut ini ada beberapa manfaat susu:

 

Melancarkan pencernaan

Sebagai sumber kalsium dan protein

Sebagai sumber nutrisi

Sebagai daya tahan tubu

Menguatkan tulang dan gigi

Dapat mengurangi stress dan depresi

Memberikan engergi pada tubuh

Membuat tubuh terhindar dehidrasi

 

Merngapa frisian flag harus dikonsumsi? Udah tahu kan karena banyak sekali manfaatnya dan inovasi yang diberikan frisian flag itu jempolan. Sedotan yang digunakannya sudah ramah lingkungan, yakni menggunakan sedotan kertas dengan logo FSC di belakangnya.

 

Jadi mulai sekarang, yuk perhatikan asupan gizi dan nutrisi pada tubuh salah satunya dengan cara mengonsumsi susu!


Nyi Penengah
Aku suka membaca buku, apalagi membaca hatimu. Mari bekerjasama dengan penuh cinta. Jika berkenan email di sini: nyipenengah@gmail.com

Related Posts

6 comments

  1. Mindful eating ini, seharusnya kita kenal sejak kecil ya Mbak. Mungkin aku yang abai, sepertinya disekolah tidak diterapkan. Masih banyak kantin sekolah yang menjual makanan yang bersifat racun bagi anak-anak dalam jangka panjang. Saya berharap, konsep mindful eating akan masuk ke dalam sekolah. Jadi begitu anak-anak sudah besar kebiasan itu sudah mendarah daging

    ReplyDelete
  2. Nyi,
    Aku termasuk nih dalam jajaran warga yang tercerhkan dengan tulisan ini.
    Jadi tahu bahwa BPOM menggelar kempen kemasan dengan "Logo Pilihan Lebih Sehat"

    Juga aku baru tahu juga istilah mindful eating.
    Terima kasih ya, Nyi!

    ReplyDelete
  3. Logonya nih bikin kita gak ragu lagi untuk minum susu cair.
    Tapi emang merk Frisian Flag udah terkenal berkualitas sejak dulu sih.
    Saya masih ingat waktu kecil dulu minumnya Susu Bendera alias Frisian Flag tapi dalam bentuk bubuk.

    ReplyDelete
  4. Ada logo pilihan lebih sehat ini bisa jadi acuan dan panduan untuk para konsumen untuk memilih produk yang lebih sehat ya bagi keluarga.. Nggak asal comot barang di supermarket

    ReplyDelete
  5. Logonya bikin makin mantap untuk membeli produk berkualitas, ya. Walaupun merek susu ini adalah merek susu favorit yang selalu dikonsumsi keluarga kami..

    ReplyDelete
  6. sekarang kalau belanja tinggal pilih yang ada logonya ya, biar jajanan kita jadi lebih sehat.

    ReplyDelete

Post a Comment